Kalimat Langsung dan Kalimat Tak Langsung

Kalimat Langsung dan Kalimat Tidak Langsung – Saat kita membaca sebuah wacana dalam sebuah teks. Kita pasti menjumpai kalimat dalam sebuah teks wacana. Kalimat menjadi bagian terpenting yang membuat wacana itu mampu dipahami.

Tapi tahukah kalian bahwa kalimat itu tidaklah singular. Kalimat ada banyak macam jenisnya. Secara semantis, ada kalimat kompleks dan kalimat simpleks.

Sedangkan secara morfologis, ada kalimat langsung dan kalimat tidak langsung. Lalu apa sih pengertian kalimat langsung dan kalimat tidak langsung itu? Lewat artikel ini kami akan membahasnya untuk Anda.

kalimat langsung dan kalimat tak langsung

Perbedaan Kalimat Langsung dan Kalimat Tak Langsung

Pengertian Kalimat Langsung

Kalimat langsung merupakan salah satu kalimat yang berisi kutipan langsung dari ungkapan, ujaran, dialog, maupun monolog yang ditulis ke dalam tulisan tanpa perantara. Kalimat langsung ditulis apa adanya sesuai dengan ucapan seseorang yang dikutip tanpa ditambah-tambahi satu katapun. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kalimat langsung, kalian bisa melihat contoh di bawah ini.

“Agilia Nur Muftiah akan dagangan siomay nanti sore”. Kata Agil.

Agilia Nur Muftiah berkata, “Besok aku akan berangkat mudik ke Yogyakarta.”

Ciri-Ciri Kalimat Langsung

Agar kalian bisa mengetahui sebuah kalimat yang ada dalam sebuah buku itu jenis kalimat langsung atau bukan, cobalah perhatikan penjelasan berikut.

Pertama, kalimat langsung terdapat tanda baca petik sejumlah dua buah (‘’…’’). Tanda petik ini mengapit satu kalimat dari kata awal hingga kata akhir. Jadi bukanlah termasuk kalimat langsung jika jumlah tanda petiknya hanya satu buah saja.

Artikel terkait: Kalimat simpleks dan kalimat kompleks

Kedua, ciri kedua. Pada kalimat langsung terdapat kalimat pengiring. Apa itu kalimat pengiring? Kalimat pengiring merupakan kalimat yang menyertai kalimat indukan yang menunjukan subyek siapa yang berbicara. Kalimat pengiring bisa terletak di depan kalimat, dapat juga terletak di belakang kalimat. Contoh kalimat pengiring yaitu: Ungkap bapak, ungkap paman, bibi berkata, adik berbicara, dll.

Ketiga, ciri yang ketiga. Kalimat langsung cenderung mengutip perkataan seseorang secara apa adanya. Tidak ada kata yang diubah satupun.

Pengertian Kalimat Tidak Langsung

Kalimat tidak langsung merupakan sebuah kalimat yang isinya menceritakan kembali isi pokok dan ucapan seseorang tanpa mengutip seluruh transkip pembicaraanya. Ucapan seseorang dituliskan kembali ke bentuk tulisan dengan mengambil bagian yang penting-penting saja.

Artikel terkait: Pengertian kalimat efektif, syarat, ciri dan contohnya

Ekspresi verbal, atau kata hubung yang tidak perlu bisa saja dibuang. Untuk mengetahui apa itu kalimat tak langsung lebih mendalam, cobalah perhatikan contoh kalimat tak langsung di bawah ini.

Contoh

Agilia Nur Muftiah diketahui akan segera berlibur ke Amerika Serikat seminggu lagi. Kepergiannya ke Amerika Serikat sekaligus untuk mengikuti kegiatan voulentering Palang Merah Internasional. Di Amerika Serikat, Agilia Nur Muftiah akan berlibur selama 6 bulan. Mulai dari bulan Januari, hingga bulan Desember.

Ciri-Ciri Kalimat Tak Langsung

Seperti halnya dengan kalimat langsung, kalimat tidak langsung juga memiliki ciri-ciri serta kaidah penulisannya sendiri yang membuat kalimat tidak langsung berbeda dengan kalimat lain. Ciri-ciri dan kaidah penulisannya dijelaskan sebagai berikut:

Pertama,ciri yang pertama. Kalimat langsung biasanya mempunyai kata ganti orang ketiga. Kata ganti orang ketiga ini bisa berupa kata diaan, akuan, mereka, hingga penggunaan kata kami.

Kedua, ciri kedua. Ciri yang paling terlihat kentara dari kalimat tak langsung yaitu tidak adanya tanda baca petik. Kalian tidak akan menemukan kalimat langsung yang ada tanda petiknya sama sekali.

Ketiga, ciri yang ketiga. Ada beberapa konjungsi khusus yang biasa kita ketemui pada kalimat tak langsung. Beberapa konjungsi yang umumnya kita temui pada kalimat tak langsung mulai dari kata sebab, agar, tentang, bahwa, dan masih banyak kata konjungsi lainnya.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai kalimat langsung dan kalimat tak langsung hehehe.

Artikel terkait: Contoh dan cara membuat surat lamaran pekerjaan

Supaya kalian lebih dapat memahami apa itu kalimat langsung dan tak langsung. Cobalah kalian buat kalimat langsung dan tak langsung sesuai dengan daya pemahamanmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *