Contoh Soal Menjumlahkan Dua Vektor

       

Contoh Soal Menjumlahkan Dua Vektor

Halaman ini merupakan contoh soal dari pembahasan sebelumnya yang berjudul menjumlahkan dua vektor yang mengapit sudut karena pada halaman sebelumnya belum kita beri contoh.

Contoh soal dan pembahasan

Sebuah mobil bergerak dari kota A mengarah ke timur menuju kota B sejauh 30 km kemudian bergerak lagi dengan menyimpang ke kiri (ke arah utara) sebesar 60° sejauh 40 km di kota C. Berapa km perpindahan mobil tersebut dari kota A menuju kota C? (garis warna merah merupakan lintasan yang ditempuh mobil tersebut)

Jawaban
Untuk mempermudah, maka pertama-tama kita buat terlebih dahulu gambar ilustrasinya menjadi seperti pada gambar di bawah ini. Arah ke timur kita buat menjadi arah sumbu-x positif sedangkan arah ke utara kita buat menjadi arah sumbu-y positif.

Yang ditanya pada contoh soal di atas yaitu berapa |R| ?

Maka menggunakan persamaan menjadi

Sehingga dari hasil perhitungan dapat kita simpulkan bahwa perpindahan total mobil tersebut dari kota A menuju kota B sejauh 60,827 km.

Contoh soal di atas merupakan contoh jika vektornya membentuk sudut. Nah, bagaimana jika tidak membentuk sudut?? Coba perhatikan contoh berikut ini.

Pada hari senin, Adi berangkat ke sekolah menggunakan sepeda motor yang bergerak dari rumah menuju sekolah sejauh 20 km. Sesampainya di sekolah, ternyata Adi baru ingat bahwa ia telah lupa membawa buku praktikumnya. Akhirnya Adi harus minta ijin pulang kembali namun sayangnya motornya mogok di jalan sejauh 8 km dari sekolah. Ia pun terpaksa harus berhenti di sebuah bengkel. Berapa jauh perpindahan Adi dari rumah ke bengkel?.

Jawab

Oleh karena tidak membentuk sudut, maka perhitungannya menjadi seperti pada perhitungan besaran skalar. Sehingga menjadi |R|= |20 km – 8 km| = 12 km. Silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul memahami cara penjumlahan vektor.

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *