Cara Menggambar Ikan Koi

  • Whatsapp
Cara menggambar ikan koi
Cara menggambar ikan koi

Sebelum kita membahas tentang cara menggambar ikan koi kartun di komputer, apakah temen-temen tahu ikan koi itu yang seperti apa sih?.

Ikan koi itu merupakan jenis ikan yang hidup di perairan tawar. Biasanya ikan ini dijadikan sebagai hiasan kolam karena keindahan motifnya.

Ikan koi bisa bewarna putih, perak, kuning atau merah dengan coretan warna-warni ala ala militer gitu. Jenis ikan ini banyak di Indonesia dan menjadi salah satu favorit koleksi sebagian kalangan pecinta ikan hias.

Baca juga: Cara menggambar mobil box

Oleh karena ini halaman tutorial menggambar, maka kita tidak akan membahas tentang biografi si ikan koi ini. Kita akan membahas tutorial cara menggambarbar ikan koi di komputer menggunakan software Corel Draw.

Langkah-Langkah Cara Menggambar Ikan Koi Kartun

1. Bukalah software corel draw-mu. Lalu buat lembar kerja yang baru dengan background putih.

2. Buatlah badan ikan koi dengan cara mula-mula buat gambar berbentuk ellip dengan menggunakan ELLIPSE TOOL.

3. Kemudian klik kanan pada gambar -> Convert To Curves agar gambar dapat dibentuk sesuai keinginan kita. Lalu untuk membentuk gambar, kita gunakan SHAPE TOOL. Hingga bentuknya kita rubah seperti di bawah ini.

4. Berilah warna perak pada gambar ikan koi, caranya klik gambar lalu pilih fitur OBJECT PROPERTIES -> FILL. Nah, disitu ada beraneka warna, pilihlah yang warnanya perak atau silver.

5. Setelah itu, klik gambarnya lagi lalu tekan CTRL+D, maka akan muncul duplikatnya. Kemudian beri warna putih pada gambar duplikatnya dan hilangkan border-nya (garis hitam). Aturlah bentuk gambar duplikasinya menggunakan SHAPE TOOL menjadi seperti di bawah ini.

6. Untuk membuat mata ikan koi dapat menggunaan ELLIPSE TOOL yang nantinya warna gambar ellipnya kita beri warna hitam.

7. Untuk membuat lekukan mata, kita tinggal duplikasi gambar mata -> ARC (Draw an Arc) sehingga akan menjadi bordernya saja. Kemudian aturlah bentuknya meggunakan SHAPE TOOL. Setelah itu duplikasi gambar mata duplikat -> Mirror Horizontally , maka akan menjadi mata sebelah kiri.

Baca juga: Cara menggambar bunga matahari

8. Untuk membuat sirip, juga sama caranya dengan cara di atas. Yang perlu diingat bahwa gambar sirip harus berada di bawah layer gambar badan. Untuk membuatnya klik kanan gambar sirip -> ORDER -> BACK ONE. Klik BACK ONE terus menerus sampai layer gambar sirip berada di bawah layer gambar badan ikan koi.

9. Untuk membuat motif ikan koi dapat kita gunakan cara nomor 5 atau kamu bisa membuat dari gambar ellips yang diberi warna merah lalu bordernya dihilangkan. Agar dapat dirubah bentuknya, klik kanan gambar ellips tersebut -> CONVERT TO CURVES lalu rubahlah bentuknya menggunakan SHAPE TOOL seperti yang kamu mau.

10. Sedangka untuk membuat motif pada siripnya dapat menggunakan 2-POINT LINE yang salah sau ujungkan kamu buat transparan 100%. Cara membuat transparan sangatlah mudah, kamu klik garis yang hendak dibuat transparan kemudian pilih fitur OBJECT PROPERTIES -> TRANSPARENCY -> FOUNTAIN TRANSPARENCY.

gambar ikan koi kartun yang bewarna merah

Nah, tutorial cara menggambar ikan koi di atas sudah selesai. Kamu bisa memuat perubahan-perubahan pada gambar agar terlihat lebih keren atau memberi gambar pendukung misalnya bebatuan, rumput laut, air dan sebagainya. Misalnya seperti di bawah ini:

Baca juga: Cara membuat gambar ikan arwana

Cara menggambar ikan koi

Jika ada pertanyaan terkain cara menggambar ikan koi kartun bisa ditulis di bawah ini.

Apa artikel di atas bermanfaat?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah suara: 0

Artikel ini belum dinilai! Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *