Cara Menggambar Ikan Arwana Di Komputer

Bagaimana cara menggambar ikan arwana di Komputer ?. Ikan arwana merupakan salah satu ikan yang hidup di air tawar. Biasanya ikan ini menjadi koleksi bagi sebagian pecinta ikan untuk menghuni aquarium di rumahnya.

Ikan ini termasuk ikan predator yang bisa memangsa ikan lainnya terutama jika mereka sedang dalam kondisi sangat lapar. Saat saya masih kecil, pernah ada kejadian yang menimpa tetangga kampung saya.

Mungkin karena gak tau atau iseng, seorang pria dewasa memasukkan jari-jarinya ke kolam ikan arwana, alhasil beberapa saat kemudian seekor ikan arwana menggigit jari kelingking orang tersebut hingga putus.

Nah, sekarang kita akan belajar tentang cara menggambar ikan arwana di komputer. Sudah pernah mencoba?. Bagi temen-temen mungkin sudah ada yang sering menggambar ikan di kertas gambar dengan bantuan pensil dan pewarna. Tapi belum pernah mencoba menggambarnya di komputer.

Baca juga: Cara menggambar bunga matahari

Di sini, kita akan menggambar ikan arwana dengan bantuan software Corel Draw 2017. Kamu bisa menggunakan versi Corel Draw di bawahnya atau di atasnya karena fitur yang kita gunakan merupakan fitur umum yang ada di setiap versinya.

Langkah-langkah Menggambar Ikan Arwana di Komputer

1. Yang pertama kali kita gambar yaitu badan ikan arwana yang berupa gambar ellip kemudian kita rubah bentuknya menjadi seperti badan ikan arwana. Buatlah gambar ellip menggunakan ELLIPSE TOOL yang melonjong ke kanan dan kekiri (bukan atas bawah).

2. Kemudian klik kanan menggunakan mouse pada gambar ellip -> CONVERT TO CURVES.

3. Gunakanlah SHAPE TOOL untuk melakukan perubahan bentuk pada gambar. Rubahlah perlahan-lahan dengan bantuan klik menggunakan mouse. Jika ketika merubah sebuah titiknya juga akan merubah sisi yang lain, maka pada titiknya klik menggunakan SHAPE TOOL kemudian pilih fitur CUSP NODE. Fitur ini berada di atas lembar gambar. Dengan menggunakan CUSP NODE, ketika kamu merubah bentuk pada satu bagian, maka bagian yang lain tidak ikut berubah.

4. Langkah keempat yaitu membuat dua buas sirip tengahnya. Caranya buat gambar persegi kemudian gunakanlah SHAPE TOOL lalu klik sudut yang hendak ditumpulkan sambil menekan CTRL di keyboard.

Baca juga: Cara menggambar pohon beringin

5. Untuk memberi warna ikan arwana caranya klik gambar -> OBJECT PROPERTIES -> FILL -> UNIFORM FILL. Disini kita beri warna sesukamu, hanya sebagai penanda. Nanti warnanya kita perbaiki di bagian akhirnya.

6. Ketika kamu membuat sirip ikan arwana pasti gambarnya akan menindih badan ikan sehingga badan ikan akan tertutupi oleh sirip. Untuk itu kita harus mengatur layernya dimana layer sirip harus berada di bawah layer badan ikan. Caranya klik kanan gambar sirip -> ORDER -> BACK ONE (klik sampai layer sirip berada di bawah layer badan).

Baca juga: Cara menggambar mobil box

7. Buatlah sirip bagian belakang ikan, caranya seperti di atas.

Menggambar sirip depan ikan arwana air tawar

8. Coba perhatikan gambar sirip belakang di atas. Mula-mula gambar sirip menutupi badan ikan (warna kuning) kemudian setelah diatur kembali posisi layernya dimana layer badan ikan berada di posisi paling atas, maka badan ikanlah yang menutupi gambar sirip.

9. Buatlah gambar sirip depan bawah seperti gambar di bawah ini. Caranya masih sama seperti di atas.

Gambar sirip belakan ikan arwana

10. Setelah itu kita gambar mata ikan menggunakan ELLIPSE TOOL yang diberi warna hitam. Untuk membuat kumis ikan dan motifnya kita menggunakan 2-POINT LINE berupa garis lurus yang kemudian kita bengkokkan dengan SHAPE TOOL.

Menggambar ikan arwana air tawar

11. Untuk bagian penutupan, pemberian motif dan warna dapat dilakukan di pengaturan OBJECT PROPERTIES. Kamu bisa memberi warna ikan arwana sesukamu, bisa warna merah, biru atau kuning. Berikut hasil akhir tutorial kali ini.

Baca juga: Contoh brosur

Cara Menggambar Ikan Arwana dengan mudah

Nah, apabila ada yang mau ditanyakan terkait Cara Menggambar Ikan Arwana di komputer, bisa ditulis di kotak komentar di bawah artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *