Sejarah Internet dan Perkembangannya di Dunia

       

Bagaimana Sejarah Internet dan Perkembangannya di Dunia ?

Sistem jaringan komputer

Gambar. Sistem jaringan komputer sederhana (Sumber: www.wolfontheloose.com)

Dunia internet telah berkembang menjadi pesat dari waktu ke waktu bahkan saat ini aplikasi yang menghubungkan dunia kita dengan dunia maya sudah banyak terpasang di perangkat elektronik sehari-hari seperti PC, laptop dan handphone. Darisini kita bisa mengakses internet dimana saja dan kapan saja, menghubungkan antara pedagang dengan pembeli tanpa harus bertemu langsung, teman dengan teman di luar daerah bahkan bisa melakukan transaksi lainnya seperti transfer uang, membayar tagihan lisrtik dll. Semuanya memudahkan aktivitas kita, maka tak heran sekarang banyak muncul unit-unit usaha yang dilakukan di dalam rumah atau dikenal sebagai bisnis online. Cukup efisien bukan?. Perkembangan maju di dunia internet tidak terjadi begitu saja melainkan ada sejarah panjang terkait perkembangannya. Pribahasa mengatakan -tak kenal, maka tak sayang-, nah untuk itu di halaman ini, bersama siswapedia.com kita akan mempelajari tentang Sejarah Internet dan Perkembangannya.

Sejarah Internet dan Perkembangannya di Dunia

Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network yakni contoh jaringan komputer. Secara harfiah, kata internet berasal dari kata inter-network yang berarti rangkaian komputer yang menhubungkan beberapa rangkaian. Jadi Internet adalah sistem komputer umum yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).

Pada tahun 1960, internet tercipta dari sebuah teknologi jaringan komputer yang terdiri dari beberapa jaringan komputer. Yang dimaksud jaringan komputer adalah hubungan antara komputer satu dengan komputer lain yang dihubungkan melalui media transmisi seperti kabel dll. Sehingga antara satu komputer dengan komputer lain bisa saling berkomunikasi atau melakukan transfer data.

Pada awalnya jaringan komputer digunakan untuk kepentingan militer Amerika Serikat dalam mengembangkan senjata nuklir. Mereka khawatir jika terjadi serangan, maka akan mengakibatkan lumpuhnya komunikasi sehingga teknologi jaringan komputer perlu untuk dikembangkan. Lambat laun, teknologi jaringan komputer pun dirasa sangat penting untuk dunia pendidikan sehingga perlu juga dikembangkan untuk keperluan pendidikan. Tahap awal, dikembangkan untuk menghubungkan empat komputer yang masing-masing berada di Stanford Research Institute (SRI), University California of Los Angeles (UCLA), University Utah Charley Kline dan University California Santa Barbara (UCSB). Kegiatan ini diprakarsai oleh lembaga bernama Advanced Research Project Agency (ARPAnet).

Perkembangan internet tak berhenti sampai disini, pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program email yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program email sangat mudah digunakan sehingga mudah diterima oleh masyarakat kemudian ikon @ (baca: “at”) pun diperkenalkan pada tahun yang sama sebagai kode sandi alamat email.

Pada tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat dimana University College di London menjadi yang pertama menggunakan jaringan ini. Pada tahun yang sama, Vinton Cerf dan Bob Kahn memperkenalkan gagasan yang akan menjadi cikal bakal internet. Ia menyampaikan konsep dan gagasannya di Universitas Sussex.

Momen yang mendukung perkembangan internet pun berlanjut ketika pada tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan email dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun berikutnya, komputer yang terhubung dengan jaringan ARPANET bertambah menjadi 100 komputer.

Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, di mana orang bisa saling menelepon sambil berhubungan dengan video link.

Oleh karena komputer yang menggunakan layanan jaringan semakin hari hari semakin bertambah, maka diperluka sebuah protokol resmi yang diakui secara bersama. Kemudian pada tahun 1982 dibentuklah Transmission Control Protocol (TCP) dan
Internet Protocol (IP). Namun pada saat itu juga ternyata timbul jaringan komputer tandingan yang menghubungkan Belanda, Denmark, Swedia dan Inggris yang dinamakan sebagai Eunet. Eunet menyediakan layanan e-mail dan newsgroup USENET.

Nah, untuk menyeragamkan secara umum, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan sebutan DNS atau Domain Name System. Kesepakatan bersama ini membuahkan hasil, Pada tahun 1987 pengguna jaringan ini meluas menjadi lebih dari 10 ribu unit komputer.

Pada tahun 1988, Jarko Oikarinen yang berasal dari Finlandia telah menemukan dan memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak menjadi 10 kali lipat dalam setahun. Ini sangat fantastis, tak kurang dari 100.000 komputer di dunia telah terhubung kedalam sebuah jaringan.

Ini merupakan tahun bersejarah yakni tahun 1990 dimana Tim Berners Lee telah menemukan sebuah program editor dan browser yang bisa memudahkan pengguna untuk menjelajah antara satu komputer dengan komputer lain yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www atau World Wide Web.

Pada tahun 1992, komputer saling tersambung untuk membentuk sebuah jaringan dan sudah melampaui satu juta komputer. Di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Kemudian pahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3.000 alamat dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah dimana di tahun yang sama Yahoo! didirikan yang juga muncul kelahiran bagi Netscape Navigator 1.0. Hingga kemudian pada tahun 1995, World Wide Web telah mampu menggantikan fungsi FTP unuk sebagian besar lalu lintas data di internet.

Selebihnya pada tahun-tahun berikutnya pengembangan jaringan komputer terus meluas, yang tadinya hanya untuk kelangan tertentu sekarang sudah menjadi untuk semua kalangan. Media transmisinya pun berkembang, kita bisa menggunakan modem untuk mendapatkan koneksi (tidak lagi menggunakan kabel telepon). Tampilan situs-situs internet pun lebih enak dilihat dan berbagai macam fitur yang memudahkan kita untuk melakukan transaksi pun semakin berkembang (Baca juga artikel dari Niagahoster: Mendapatkan Uang dari Internet ).

Daftar Pustaka

Novia, Agung dan Dudung Abdulah.2010.Praktis Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Visindo Media Persada.
Supriyadi, Eko dan Muslim Heri Kiswanto.2010. Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 Untuk SMA/MA Kelas XI. Bandung: PT Sinergi Pustaka Indonesia.

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. viyo agusti berkata:

    wah terimakasih infonya, bermanfaat sekali sob. jadi tau sejarah internet.

    kunjungi juga website kampus saya di
    STMIK Atma Luhur

  2. Obat Eksim berkata:

    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *