Pengertian Komputer dan Jenis-Jenis Komputer

Pada halaman ini kita akan mempelajari tentang pengertian komputer dan jenis-jenis komputer dimana ini merupakan pembahasan awal Bab 2 yaitu tentang Melakukan Operasi Dasar pada Komputer.

A. Pengertian Komputer

Komputer berasal dari kata compute yang artinya menghitung. Ini berarti bahwa semua proses yang terjadi di dalam komputer merupakan logika matematik. Komputer banyak sekali digunakan di dalam kehidupan kita diantaranya untuk mengolah data, mengkontrol peralatan, membuat animasi, mendesain dll. Pada perkembangan awal, komputer dibuat dalam ukuran yang sangat besar namun seiring kemajuan zaman, penciptaan komputer dibuat semakin minimalis, tipis namun kemampuannya justru semakin bertambah.

B. Jenis-jenis Komputer atau Macam-Macam komputer

Makna komputer sangatlah luas namun secara umum kita bisa menggolongkannya menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Superkomputer

Superkomputer merupakan komputer khusus yang bisa memproses dengan kecepatan tinggi. Biasanya komputer jenis ini dibuat untuk menganalisis sesuatu yang melibatkan perhitungan sangat rumit dan komplek seperti untuk menganalisa kegiatan antariksa, cuaca, peluncuran roket dll. Dari segi ukuran, komputer ini memiliki ukuran yang sangat besar yang disertai prosesor dalam jumlah ribuan. Contohnya D-Wave Two milik NASA.

2. Mainframe atau Komputer Besar

Mainframe merupakan komputer yang berukuran besar yang mampu melakukan pemrosesan dengan kecepatan antara 50 sampai 20.000 MFLOPS. Komputer ini juga termasuk komputer khusus yang biasanya digunakan untuk menganalisa perhitungan yang sangat komplek. Contohnya IBM S/390.

Superkomputer milik NASA yang digunakan untuk menganalisis kegiatan antariksa

Gambar. Superkomputer milik NASA yang digunakan untuk menganalisis kegiatan antariksa (Sumber: cNet)

3. Minicomputer atau komputer kecil

Minikomputer merupakan komputer yang mampu melakukan pemrosesan dengan kecepatan antara 3-1.000 MLOPS. Komputer jenis ini biasanya digunakan oleh perusahaan menengah untuk menyediakan jaringan atau sebagai server di perusahaan mereka. Contohnya IBM AS/400, IBM S/38, MINI VAX dll.

4. Workstation atau terminal kerja

Workstation merupakan komputer yang mampu melakukan pemrosesan dengan kecepatan antara 50-500MLOPS. Komputer ini diciptakan untuk menyelesaikan aplikasi perhitungan yang rumit. Komputer ini menggunakan sistem operasi UNIX atau NT.

5. Mikrokomputer

Mikrokomputer lebih dikenal dengan sebutan personal unit (PC). Komputer jenis ini banyak dijual di pasaran, Anda bisa membelinya sesuai kebutuhan dengan sangat mudah. Bisanya kecepatannya sekitar 1-50MLPOS dengan menggunakan operasi sistem seperti DOS, Windows dll. Mikrokomputer sendiri terdapat beberapa jenis yakni Desktop PC, Tower PC, Netbook, Palmtop, PDA dan Laptop.

a) Desktop PC merupakan PC berukuran besar dengan casing-nya yang diletakkan secara tertidur. Komputer ini banyak digunakan di kantor-kantor atau perumahan.

b) Tower PC merupakan PC berukuran besar dengan casing-nya diletakan secara berdiri. Biasanya warnet menggunakan jenis PC ini.

c) Notebook merupakan PC yang bentuknya seperti laptop namun ukurannya lebih kecil.

d) Palmtop atau Handled PC (PC gengam) merupakan PC berukuran lebih besar namun masih dalam ukuran yang bisa digenggam oleh orang dewasa.

e) PDA (Personal Digital Assistant) merupakan PC yang menggunakan pena sebagai pengganti keyboard.

d) Laptop merupakan PC yang biasanya digunakan oleh mahasiswa atau orang kantoran karena didesain tipis, ringan dan mudah dibawa.

6. Mikrokontroler

Mikrokontroler merupakan komputer yang ukurannya sangat kecil yang digunakan untuk menyimpan program, misalnya program untuk menghidupkan lampu otomatis, kalkulator sederhana atau alarm otomatis dll.

Nah, secara umum kita jadi sudah tahu kan? tentang pengertian komputer dan jenis-jenis komputer. Yah, komputer pada dasarnya terdiri dari hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Bila Anda saat ini sedang membuka situs siswapedia.com, maka didepan Anda akan ada layar/monitor, keyboard dll inilah yang dinamakan sebagai hardware. Sedangkan browser seperti mozila, opera, chrome, microsoft office dll inilah yang dinamakan sebagai software. Kedudukan perangkat keras dan lunak adalah sama penting di dalam komputer.

Setelah mempelajari pengertian komputer dan jenis-jenis komputer selanjutnya kita akan membahas tentang Perangkat Penyusun Komputer.

[color-box]Supriyadi, Eko dan Muslim Heri Kiswanto.2010. Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta:CV Sinar Mandiri.[/color-box]

Tim Siswapedia

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *