Mengenal Perangkat Penyusun Komputer

Mengenal Perangkat Penyusun Komputer

Komputer PC tidaklah asing bagi kebanyakan orang, untuk itu perlu pemahaman terhadap perangkat penyusunnya

Gambar. Komputer PC tidaklah asing bagi kebanyakan orang, untuk itu perlu pemahaman terhadap perangkat penyusunnya (Sumber: mp3indodownload.blogspot.com)

Beberapa dari kita tidak asing lagi dengan komputer dan kita sering menggunakannya untuk keperluan pembelajaran di sekolah maupun pekerjaan di kantor. Akan tetapi, pada umumnya kita menggunakan komputer yang sudah dalam keadaan dirakit jadi tinggal pakai saja. Itu bagus namun alangkah baiknya jika kita juga mengetahui perangkat penyusun komputer tersebut. Pengetahuan ini penting karena bisa saja dikemudian hari kita dihadapkan dengan persoalan komputer yang belum siap pakai atau mungkin Anda akan membeli komputer baru sehingga perlu merakitnya terlebih dahulu agar bisa digunakan.

Secara umum perangkat penyusun komputer terdiri dari beberapa media yakni media masukan (input), media pemroses, media keluaran (output), media penyimpan dan media pelengkap.

Media masukan (input) merupakan media yang digunakan untuk memasukan data, misalnya keyboard (papan ketik), mouse (tetikus), scanner (alat pemindai), joystick, light pen, monitor touch screen, barcode reader dan mikrofon. Tidak semua media masukan harus dipunyai di dalam sebuah komputer, biasanya si pemilik hanya menggunakan sesuai kebutuhan saja namun pada umumnya semua komputer (terutama PC) perlu adanya papan ketik (keyboard) dan tetikus (mouse).

Media pemroses merupakan media yang digunakan untuk memroses data. Nah, media ini yang memroses adalah komputer itu sendiri yang berada pada Central Processing Unit (CPU). Oleh karena fungsinya sangat utama dan penting, maka media ini disebut juga sebagai otak komputer. Dalam pemrosesan, CPU melakukan tiga peran yaitu sebagai unit pengontrol (control unit), memori internal (internal memory) dan logika aritmatik (arithmatic logical unit). CPU pada umumnya lebih sering disebut sebagai prosesor yang ditempatkan kedalam sebuah wadah yang dinamakan sebagai motherboard. Perangkat seperti Motherboard, RAM, hardisk dan komponen-komponen lainnya disimpan dalam satu tempat box yang dinamakan sebagai Case dan satu unit case dimana didalamnya berada komponen-komponen kita namakan sebagai casing.

Media pengeluaran merupakan media yang fungsinya untuk menampilkan informasi yang telah diproses (output) agar kita sebagai manusia bisa melihat, mendengar atau merasakan. Dalam hal yang lebih spesifik, media pengeluaran sebuah komputer bisa saja beraneka macam namun biasanya yang sering kita gunakan misalnya monitor (mengeluarkan gambar), speaker (mengeluarkan suara) atau printer (mengeluarkan hasil cetakan) dll.

Media penyimpanan merupakan media yang digunakan untuk menyimpan data. Media ini ada dua macam yakni media penyimpanan internal misalnya hardisk dan RAM serta media penyimpanan eksternal misalnya CD, DVD, Disket, Flashdisk, hardisk eksternal dll. Nah, bagian terakhir ini kita sebut sebagai media pelengkap. Apa itu? yakni media tambahan yang biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer kita dengan komputer lain misalnya modem (untuk internetan), kabel USB dll.

Muhson,Ali.2010.Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X untuk SMA/MA.Klaten:PT.Saka Mitra Kompetensi.

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan