Mengenal Port dan Konektor Pada Komputer

Mengenal Port dan Konektor Pada Komputer

Komponen seperti Casing, monitor, keyboard dan mouse baru dapat digunakan setelah dihubungkan dengan kabel. Namun untuk teknologi saat ini, sudah bisa dihubungkan tanpa kabel (Wireless) dengan medium transmisinya berupa udara. Di halaman ini kita akan membahas port dan konektor yang terikat pada kabel, untuk wireless kita akan membahasnya di halaman lain.

Pada kabel terdapat dua bagian yakni bagian pangkal dan bagian ujung kabel, dimana ditiap-tiapnya dipasangi sesuatu yang dinamakan sebagai konektor (connector). Nah konektor ini kemudian kita hubungkan kebagian yang namanya port yang terdapat pada Casing, monitor, scanner dan printer. Yang perlu kita perhatikan adalah bentuk port dan konektor karena bentuknya ada beraneka ragam jadi kita harus mencarinya yang cocok (sama).

Nah, agar lebih mudah memahaminya berikut beberapa jenis port berikut:

1. Universal Serial Bus (USB) Port

Aneka konektor USB

Gambar. Aneka konektor USB (Dokumen penulis)

Port USB digunakan untuk menerima tancapan dari konektor USB. Kabel yang menggunakan port dan konektor jenis ini sering dinamakan sebagai kabel USB. Kita biasa menggunakannya untuk menghubungkan antara komputer dengan kamera digital, scanner, handphone, flash disk, mouse bahkan keyboard. Port USB ada berbagai macam diantaranya port USB type A, port USB type B, port USB mini-A dan port USB mini-B. Jika kita membeli kabel USB ini, alangkah baiknya memperhatikan bentuk port dan konektornya biar tidak salah dalam membelinya.

2. Ethernet Port

Port jenis Ethernet digunakan untuk membangun sebuah jaringan. Adapun jaringan yang akan dibentuk dapat berupa jaringan lokal maupun internet. Untuk lebih jelasnya kita bisa melihat pada gambar di bawah ini.

Port dan konektor Ethernet

Gambar. Port dan konektor Ethernet (Sumber*)

3. Parallel Port

Port jenis ini digunakan untuk menghubungkan antara printer (biasanya jenis model LPT/1 dengan casing. Kita bisa melihatnya pada gambar di bawah ini.

Port dan konektor Paralel

Gambar. a) Port paralel dan b) konektor Paralel

4. Video Graphics Array (VGA) Port

Port VGA digunakan untuk menghubungkan casing dengan monitor. Port jenis ini biasanya dilengkapi dengan baut agar tempelannya lebih kencang.

Port dan konektor VGA

Gambar. Port dan konektor VGA (Sumber:*)

5. PS/2 Port

Port PS/2 digunakan untuk menghubungkan keyboard dan mouse ke casing. Oleh karena letak port PS/2 berdanpingan, mala diberi warna pembeda. Port untuk keyboard berwarna ungu sedangkan port untuk mouse berwarna hijau muda. Seiring kemajuan teknologi, penggunaan port jenis ini sudah mulai diganti dengan penggunaan port USB atau dengan teknologi wireless.

Konektor dan port keyboard serta mouse

Gambar. Konektor dan port keyboard serta mouse (Sumber:*)

6. International Electronical Commission (IEC) Port

Port IEC digunakan untuk mengalirkan listrik menuju casing dan monitor. Ciri fisik yang terlihat pada port jenis ini yakni memiliki tiga batang logam.

Port dan konektor IEC

Gambar. Port dan konektor IEC (Sumber:*)

7. Tip-Ring-Sleeve Port (TRS)

Port TRS digunakan untuk menghubungkan media input maupun output seperti mikrophone maupun speaker.

Port dan konektor TRS

Gambar. Port dan konektor TRS (Sumber:*)

Muhson,Ali.2010.Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X untuk SMA/MA.Klaten:PT.Saka Mitra Kompetensi.
*Foto: Jumiyo, hal 4-5,Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X untuk SMA/MA.

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan