Perangkat Keras Jaringan Komputer

       

Perangkat keras jaringan komputer dapat kita bagi menjadi dua golongan yakni end-user device (peranti pengguna akhir) dan network device (piranti jaringan). Nah, end-user device (peranti pengguna akhir) merupakan piranti yang langsung berhubungan dengan pengguna (user) misalnya monitor, keyboard, scanner atau printer. end-user device (peranti pengguna akhir) mampu bekerja sendiri namun fngsinya akan lebih optional jika dihubungkan dengan jaringan. Untuk itu, kita memerlukan network device (piranti jaringan). Network device (piranti jaringan) misalnya switch, repeater, network card, hub, bridge dan router.

1. Switch

Switch berfungsi untuk mengalihkan jalur transmisi data dari satu port ke port yang lainnya. Switch akan menghubungkan port dengan port sesuai dengan tujuan data tersebut.

2. Repeater

Setiap kabel transmisi pasti memiliki hambatan, hal ini menyebabkan adanya penurunan sinyal yang ditransmisikan. Oleh karena itu diperlukan repeater sebagai penguat sinyal yang melemah sehingga data yang dikirim dapat diterima dengan baik. Biasanya repeater dipasang setiap kabel dengan panjang 100 meter.

3. Network card

Network card memiliki fungsi sebagai pengontrol komputer pada saat pengiriman data atau mengambil data dari jaringan. Biasanya Network Card yang digunakan adalah Ethernet Card atau LAN Card.

4. Hub

Hub memiliki beberapa sambungan port ke komputer. Apabila ada data yang tiba di port, maka akan diduplikasi dan disebarkan ke setiap port yang ada.

5. Bridge

Bridge memiliki fungsi untuk menghubungkan komputer seperti Switch, namun bedanya Bridge akan menghubungkan satu port ke alamat tertentu. Bridge akan mengirimkan sinyal ke seluruh port (kecuali port pengirim). Kemudian ketika sinyal balasan dari port yang sesuai alamat yang dituju telah diterima, bridge akan menyimpan
informasi tersebut kemudian mengasosiasikan alamat dan port tersebut.

6. Router

Router merupakan perangkat atau piranti jaringan yang meneruskan paket data antar jaringan. Router dapat menentukan jalan tercepat suatu paket data serta mampu mengidentifikasi alamat IP suatu komputer. Router minimal terhubung pada dua buah jaringan LAN atau WAN atau LAN dengan jaringan ISP-nya.

Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Perangkat Keras Jaringan Komputer a)switch, b) repeater, c) network card, d) hub, e) bridge f) router

Gambar. Perangkat Keras Jaringan Komputer a)switch, b) repeater, c) network card, d) hub, e) bridge f) router (Sumber: gizmodo.com, matrox.com, stepbystep.com, zhy-zatnika.blogspot.com, mushko-cs.com)

Novia, Agung dan Dudung Abdulah.2010.Praktis Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Visindo Media Persada.

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *