Bagian-Bagian Website

       

Bagian-Bagian Website – Pada awalnya, koneksi internet hanya bisa menampilkan teks saja namun sejak tahun 1990, Timothy Berners-Lee, mengajukan protokol tentang cara penampilan informasi melalui media internet. Kemudian oleh CERN (Laboratorium Fisika Partikel di Swiss) proposal tersebut mendapat respon positif alias ditindaklanjuti dengan mengembangkan World Wide Web. WWW dapat diartikan sebagai halaman-halaman pada internet yang berisi informasi-informasi mengenai dunia luas baik itu berupa teks, gambar maupun suara.

Alamat URL yang menunjukan halaman katalog sosiologi di situs siswapedia.com

Gambar. Alamat URL yang menunjukan halaman katalog sosiologi di situs siswapedia.com

WWW dipresentasikan kedalam bentuk sesuatu yang bisa diakss oleh seluruh pengguna internet yang mengacu pada Web Site (situs web). Website bisa diartikan sebagai kumpulan halaman yang berisi informasi. Pada umumnya website ditampilkan dalam bentuk Hyper Text Markup Language (HTML) yang bisa menampilkan bentuk teks, gambar, suara, video menggunakan konsep link.

Untuk memanggil halaman suatu website atau file teks, gambar, suara, video digunakanlah istilah Uniform Resource Locator (URL). URL bisa secara kasar diartikan seperti alamat rumah yang menyimpan berbagai macam barang (file/data). Misalnya www.siswapedia.com/daftar-isi. Nah, ketika URL tersebut dipanggil, maka akan muncul halaman website siswapedia.com bagian datar isi.

Sama seperti sebuah rumah, sebuah website pun memiliki halaman depan yang dinamakan sebagai homepage. Nah di halaman depan kita dapat menampilkan berbagai macam URL yang menuju ke halaman konten (artikel) atau menuju pada file gambar yang bisa dilihat oleh pengguna internet.

Browser

Informasi di internet ditulis menggunakan bahasa HTML sehingga bila kita ingin membaca sebuah blog melalui perangkat komputer atau smartphone, maka kita memerlukan sebuah program yang bisa membaca file HTML yang kita namakan sebagai browser. Dengan kata lain browser berfungsi untuk menerjemahkan kode-kode HTML menjadi sebuah halaman web. Program browser ada banyak tapi yang sering digunakan antara lain Mozilla Firefox, Chrome, Opera dan Internet Explorer.

Bagian-Bagian Website

Selain domain dan hosting, tampilan website juga sangat penting

Gambar. Selain domain dan hosting, tampilan website juga sangat penting

Sebuah website memiliki beberapa bagian penting agar dapat berfungsi dengan baik untuk menampilkan informasi. Bagian-bagian penting pada website dapat kita uraikan antara lain domain, hosting dan tampilan situs.

1. Domain

Domain adalah alamat situs baik itu yang berupa website atau blog sehingga pengguna internet dapat mengunjungi sebuah situs dengan cara mengetikan nama domain situs tersebut di browser (mozila firefox, opera, chrome dll), misalnya: www.siswapedia.com. Istilah alamat pada umumnya juga disebut sebagai URL. Kita dapat mengakses sebuah situs menggunakanan awalan “www” atau tanpa “www”, semua bisa dilakukan namun ada juga situs yang tidak bisa menggunakan “www”. Hal ini tergantung settingan si pemilik situs.

Sebuah alamat website dapat diakses melalui HTTP (HyperText Transfer Protocol). HTTP merupakan sebuah protokol ringan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (www). Versi lain dari HTTP adalah HTTPS (HTTP Secure) yang biasanya digunakan untu perusahaan besar atau bisnis online. Hal ini karena HTTPS memberi tawaran layanan yang lebih aman dengan proses komunikasi data yang diacak atau dibungkus (encrypt). WWW dijalankan dalam sebuah server yang disebut HTTPD (Hyper Text Transfer Protocol Daemon).

Ada dua macam domain yang selama ini digunakan, yakni domain umum dan domain berdasarkan nama negara.

a. Domain Umum (Generic Domains)

Sebuah domain digolongkan sebagai domain umum apabila berakhiran .com, .net, .org, .edu, .mil dan .gov. Nah, keenam akhiran domain tersebut memiliki artian yang menggambarkan fungsi sebuah website. Domain golongan ini disebut juga sebagai Top Level Domain (TLD).

  • com: berfungsi untuk situs-situs yang menawarkan jasa komersial/ perusahaan,
  • net: berfungsi untuk situs-situs yang menawarkan jasa jaringan/ telekomunikasi,
  • org: berfungsi untuk situs-situs berupa organisasi atau lembaga nirlaba,
  • edu: berfungsi untuk situs-situs untuk kepentingan kependidikan,
  • gov: berfungsi untuk situs-situs pemerintah
  • mil: berfungsi untuk situs-situs kemiliteran (angkatan bersenjata)

b. Domain Berdasarkan Nama Negara (Country-Specific Domains)

Sebuah domain digolongkan sebagai domain nama negara apabila berakhiran misalnya di Indonesia (id) jadi akan berakhiran co.id, net.id, ac.id, or.id, go.id, dan mil.id. Istilah domain dalam golongan ini adalah Second Level Domain (SLD).

  • co.id: berfungsi untuk situs-situs yang menawarkan jasa komersial/perusahaan di Indonesia,
  • net.id: berfungsi untuk situs-situs yang menawarkan jasa jaringan/telekomunikasi di Indonesia,
  • or.id: berfungsi untuk situs-situs berupa organisasi atau lembaga nirlaba di Indonesia,
  • ac.id: berfungsi untuk situs-situs untuk kepentingan kependidikan di Indonesia,
  • go.id: berfungsi untuk situs-situs pemerintahan di Indonesia,
  • mil.id: berfungsi untuk situs-situs kemiliteran (angkatan bersenjata) di Indonesia

2. Hosting

Hosting dapat diartikan sebagai tempat penyimpanan file atau data-data agar dapat diakses oleh pengguna internet. Di Indonesia banyak sekali perusahaan yang menyediakan layanan hosting dengan berbagai macam paket layanan. Setelah membeli domain, anda harus membeli paket hosting agar website Anda bisa bekerja dengan baik. Pada umumnya penyewaan hosting dihitung per bulan dengan berbagai macam kuota/space dan bandwidth. Sedangkan untuk domain, dapat disewa pertahun.

3. Tampilan Website

Selain domain dan hosting, tampilan sebuah website sangatlah penting. Tampilan ini harus dibuat simpel, menarik dan sesuai tema website kita. Istilah lain tampilan adalah theme atau template. Selain itu kita juga butuh managemen website agar dalam mengelola website diberi kemudahan. Managemen website (CMS) yang banyak digunakan oleh perusahaan besar atau website besar antara lain worpress.com, joomla.com dan AuraCMS.

loading...

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *