Peran Virus dalam Kehidupan

Ilustrasi virus

Gambar. Ilustrasi virus (Sumber: doktorspinn.com)

Peran virus dalam kehidupan manusia ada yang membawa dampak positif (bermanfaat) serta ada juga yang membawa dampat negatif (berbahaya). Nah, agar lebih paham, kita akan membaginya dalam dua pokok pembahasan yaitu manfaat virus dan bahaya virus.

A. Manfaat virus bagi kehidupan

Ketika virus menyerang bakteri A, maka DNA virus akan menghancurkan DNA bakteri A. Penghancuran ini tidaklah 100% melainkan ada DNA dari bakteri A yang masih tersisa alias masih bertahan sehingga pencampuran DNA ini menyebabkan adanya dari sifat genetik Bakteri A yang nantinya dimiliki oleh virus tersebut (terjadi penggabungan sifat genetik antara virus dan bakteri A). Nah, apabila virus tersebut telah membelah diri sehingga jumlahnya menjadi banyak, maka akan lahir banyak virus yang memiliki sifat campuran antara virus dan bakteri A.

Apabila virus yang memiliki sifat campuran tersebut kemudian menginfeksi bakteri B, maka di dalam bakteri B akan terdapat sifat genetik dari DNA virus dan DNA bakteri A. Dengan demikian, sebagian sifat bakteri A dapat dimiliki oleh bakteri B. Nah, berdasarkan pemahaman di atas, kita bisa membuat virus yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Apa sajakah itu? oke, kita akan membahasnya satu per satu.

a. Pembuatan Antitoksin

Pembuatan antitoksin bermula dari pemikiran bahwa kita bisa menggabungkan antara DNA virus dengan sebuah gen yang bermanfaat, misalnya gen manusia yang bisa mengendalikan produksi antitoksin. Nah, nantinya virus yang DNA nya telah digabung dengan DNA manusia kemudian akan disambungkan dengan DNA bakteri sehingga proses ini nantinya dapat menghasilkan bakteri yang mengandung antitoksin manusia. Kemudian ketika bakteri melakukan pembelahan diri secara terus-menerus, nantinya akan membawa sifat campuran ini.

b. Untuk Melemahkan Bakteri

Sebuah DNA virus lisogenik apabila merusak DNA bakteri pantogen (kelompok bakteri parasit yang menimbulkan penyakit pada manusia, hewan dan tumbuhan), maka akan sangat menguntungkan bagi manusia. Mengapa? karena bakteri pantogen akan melemah sehingga tidak berbahasa bagi kesehatan manusia.

c. Untuk Memproduksi Vaksin

Vaksin merupakan bakteri pantogen yang telah dilemahkan sehingga tidak berbahaya bagi manusia. Ketika vaksin disuntikkan ke dalam tubuh manusia, maka tubuh akan memproduksi antitoksin sehingga diharapkan nantinya ketika bakteri yang sebenarnya menyerang tubuh, maka tubuh telah dalam kondisi kuat sehingga tidak terserang penyakit.

B. Bahaya virus bagi kehidupan

Selain bermanfaat, virus juga bisa memiliki dampak yang merugikan bagi manusia, hewan dan tumbuhan. Dampak negatif apa sajakah yang dapat ditimbukan oleh virus?, mari kita akan membahasnya.

a. Virus Penyebab Penyakit pada Manusia

Virus dapat menyerang manusia sehingga mampu menimbulkan berbagai penyakit, diantaranya:

1. Influenza, merupakan virus yang sering dialami oleh mayoritas manusia. Terkadang ketika flue melanda, badan akan panas, pusing, batuk, keluar lebdir dari hidung dll. Virus ini akan menyerang ketika kondisi tubuh sedang menurun namun akan hilang ketika kondisi tubuh seseorang kuat kembali.

Anatomi virus influenza

Gambar. Anatomi virus influenza (micro.magnet.fsu.edu)

2. Virus Flu Burung memiliki gejala yang sama dengan influenza, bedanya badan akan lebih panas daripada ketika diserang oleh virus influenza. Penyebab penyakit flu burung adalah virus influenza tipe A yang berdiameter 90 sampai 120 nanometer. Virus ini berkembang pada saluran pencernaan unggas yang dapat menyerang masuk melalui pembuluh darah. Ini dapat sangat berbahaya ketika serangan virus mencapai sistem saraf.

3. Virus SARS (Severe Acute Respiratori Syndrome) merupakan penyakit sindrom pernapasan akut yang dapat membuat infeksi pada pernapasan. Virus ini akan menyerang paru-paru sehingga terjadi pengurangan sel darah putih.

4. Herpes Simplex merupakan penyakit yang menyerang kulit namun bila dibiarkan dapat juga menyerang sistem saraf.

5. Mata Memerah (Belek) merupakan penyakit mata merah yang akan disertai keluarnya air mata dan kotoran.

6. Cacar dapat menyebar melalui sistem pernapasan. Gejala awal akan menimbulkan sakit kepala, sakit punggung, demam dan tersa menggigil. Pada tahap kedua, akan memunculkan bintik-bintik pada kulit.

7. Polio merupakan penyakit yang dapat menyerang bagian selaput otak sehingga menyebabkan penderitanya mengalami kelumpuhan. Gejalanya muntah, mual, sakit kepala, ngantuk, demam, tulang terasa kaku dari leher sampai tulang belakang.

8. Campak merupakan penyakit yang menyerang melalui pernapasan yang kemudian menjalar ke seluruh tubuh hingga kulit. Biansanya menyerang anak-anak.

9. Hepatitis merupakan penyakit yang menyarang hati. Penyebaran atau penularan virus dapat terjadi dari bekas perlengkapan makan si penderita, hubungan intim atau terkontaminasi virus.

10. Gondong merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus RNA yang menyerang otak, kelenjar paratiroid dan kelenjar pankreas. Penularan virus ini dapat melalui hidung dan mulut. Secara fisik, si penderita akan mengalami pembengkakan pada kalenjar di bawah telinga.

11. Kanker dan AIDS merupakan penyakit yang mematikan. Virus kanker akan menyerang dan terus membelah sedangkan virus HIV akan menyerang sel darah putih sehingga si penderita akan mengalami penurunan kondisi kekebalan tubuh.

12. Demam Berdarah (DB) merupakan virus yang berbahaya karena bisa mengakibatkan kematian bagi si penderita. Virus ini ditularkan melalui ggitan nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus demam berdarah.

b. Virus Penyebab Penyakit pada Hewan

Selain menyerang manusia, virus dapat menyerang hewan diantaranya:

1. Rabies (Anjing Gila) akan menyerang hewan berdarah panas seperti monyet, anjing, kucing dll. Virus ini dapat menular melalui air liur atau gigitan.

2. Virus Kuku dan Mulut merupakan birus yang dapat menyerang sapi dan kambing sehingga menyebabkan kelumpuhan.

3. Virus Tetelo (Sampar Ayam) dapat menyebabkan diare akut pada ayam sehingga ayam akan lemas, kehilangan keseimbangan dan mati.

c. Virus Penyebab Penyakit pada Tumbuhan

Virus dapat juga menyerang tumbuhan. Berikut diantaranya:

1. Virus Mozaik dapat menyeran tanaman seperti tembakau, tomat dan labu menjadi timbul bercak-bercak pada buah atau daunnya.

2. Burik kuning menyerang tanaman padi melalui plasmodesmata. Plasmodesmata merupakan ruang yang menghubungkan antar sel.

3. Kerdil merupakan penyakit yang dapat menghambat pertumbuhan pada sebuah tanaman. Penularan penyakit ini dapat melalui serangga.

Nah, darisini kita jadi tahu bahwa peran virus dalam kehidupan ada yang positif namun adapula yang negatif.

[color-box]Anshori, Mochammad dan Djoko Martono.2009.Biologi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)-Madrasah Aliyah (MA) Kelas X.Bandung:Penerbit Acarya Media Utama.
Kistinah, Indun dkk.2009. Biologi 1 : Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas X.Surakarta:CV. Putra Nugraha.
Sulistyorini, Ari.2009.Biologi 1 : Untuk Sekolah menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X.Jakarta:PT. Balai Pustaka. [/color-box]

Tim Siswapedia

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *