Struktur Virus

Struktur Bakteriofaga

Gambar. Struktur Bakteriofaga (Sumber: Microsoft Encrata 2006)

Virus memiliki berbagai macam ukuran dan bentuk namun mereka memiliki motif struktur yang sama. Struktur virus antara lain:

a. Kapsid (protein pelindung)

Kapsid merupakan lapisan pembungkus DNA atau RNA. Kapsid ini ada yang berbentuk batang (heliks) misalnya virus mozaik, ada juga yang berbentuk polihedral misalnya pada virus adenovirus ataupun bentuk yang lebih kompleks lainnya.

Adapun kapsid yang paling kompleks ditemukan pada virus Bbakteriofaga (faga). Faga yang pertama kali dipelajari mencakup tujuh faga yang menginfeksi bakteri Escherichia coli, adapun ketujuh faga ini kita beri nama tipe 1 (T1), tipe 2 (T2), tipe 3 (T3) dan seterusnya sesuai dengan urutan ditemukannya.

b. Kapsomer

Kapsomer adalah subunit-subunit protein dengan jumlah jenis protein yang biasanya sedikit, kapsomer akan bergabung membentuk kapsid, misalnya virus mozaik di tanaman tembakau yang memiliki kapsid heliks (batang) yang kaku dan tersusun dari seribu kapsomer namun dari satu jenis protein saja.

c. Struktur tambahan lainnya

Struktur tambahan lainnya, yaitu selubung virus yang menyelubungi kapsid dan berfungsi untuk menginfeksi inangnya. Adapun selubung ini terbentuk dari fosfolipid dan protein sel inang serta protein dan glikoprotein yang berasal dari virus itu sendiri. Tidak semua virus memliki struktur tambahan ini, ada beberapa yang memilikinya, misalnya virus influenza.

Secara kebetulan faga tipe genap yang diketemukan (T2, T4 dan T6) memiliki kemiripan dalam struktur, yaitu pada kapsidnya memiliki kepala iksohedral memanjang yang menyelubungi DNA dan struktur tambahan lainnya yaitu pada kepala iksohedral tersebut melekat ekor protein dengan serabut-serabut ekor yang digunakan untuk menempel pada suatu bakteri.

Anshori, Mochammad dan Djoko Martono.2009.Biologi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)-Madrasah Aliyah (MA) Kelas X.Bandung:Penerbit Acarya Media Utama.

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan