Ciri-Ciri Virus

Ciri-Ciri Virus – Virus merupakan suatu sistem yang paling sederhana dari semua sistem genetika yang pernah ditemukan bahkan struktur tubuhnya pun sangat berbeda dengan organisasi mahluk hidup yang lainnya.

Virus Influensa

Gambar. Virus Influensa (Sumber: Microsoft Encarta 2006)

Adapun ciri-ciri virus yang sudah diidentifikasi oleh ilmuwan antara lain.

a. Virus hanya mampu hidup pada sel hidup (parasit intraselluler obligat). Ia juga tidak akan mampu membelah diri di luar sel makhluk hidup. Misalnya berkembang biak pada sel embrio ayam yang masih hidup (Baca juga: Cara hidup virus).

b. Virus memiliki ukuran yang sangat kecil daripada tingkatan taksonomi lainnya. Adapun ukuran virus terkecil yang pernah ditemukan bediameter 20 nm dengan jumlah gen 4 sedangkan virus terbesar yang berhasil ditemukan sejauh ini berdiameter 80 nm (Virus Ebola). Virus hanya mampu kita lihat menggunakan mikroskop elektron.

c. Nama virus tergantung pada asam nukleat yang menyusun genomnya (materi atau partikel genetik) sehingga terdapat virus DNA dan juga virus RNA (Baca juga: Struktur virus).

d. Sebagian virus memiliki enzim untuk metabolisme namun sebagian yang lain tidak memilikinya. Virus yang memiliki enzim akan melakukan proses replikasi dan transkripsi dengan sel inang. Selain itu virus tidak memiliki ribosom ataupun perangkat/organel sel lainnya.

e. Setiap virus hanya bisa menginveksi sel inang tertentu. Sel inang yang bisa terinfeksi virus dinamakan sebagai kisaran inang. Beberapa virus memiliki kisaran inang yang luas sehingga bisa menjadi parasit di beberapa makhluk hidup, misalnya virus flue burung dan rabies.

f. Virus bukan sel karena hanya berisi partikel penginfeksi yang terdiri dari asam nukleat yang terbungkus di dalam lapisan pelindung. Untuk beberapa kasus, asam nukleat virus juga dijumpai berada dalam selubung membran.

Stanley Miller pernah melakukan penelitian, ia menemukan bahwa virus dapat dikristalkan sehingga menempatkan virus sebagai bukan makhluk hidup, sebab sel sederhana dari makhluk hidup pun tidak bisa beragresi menjadi kristal. Namun virus memiliki DNA dan RNA sehingga virus dapat juga digolongkan sebagai makhluk hidup.

g. Genom virus lebih beragam dari genom konvensional (DNA untai tunggal atau single heliks) yang dimiliki oleh organisme lainnya. Setiap tipe virus bisa memiliki susunan genom yang berbeda.

h. Multiplikasi terjadi pada sel-sel hospes,

i. Bentuk virus sangatlah sederhana yakni hanya terdiri atas selubung atau protein pelindung yang disebut kapsid.

Nah, setelah membahas ciri-ciri virus. Di artikel selanjutnya kita akan membahas tentang Perkembangbiakan Virus (Replikasi Virus).

[color-box]Anshori, Mochammad dan Djoko Martono.2009.Biologi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)-Madrasah Aliyah (MA) Kelas X.Bandung:Penerbit Acarya Media Utama.
Sulistyorini, Ari.2009.Biologi 1 : Untuk Sekolah menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X.Jakarta:PT. Balai Pustaka.[/color-box]

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan