Pantai Timang Gunung Kidul

       

Pantai Timang merupakan pantai berkarang yang terletak di daerah Danggolo, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini berada di sebelah barat Pantai Jogan sekitar 8 km. Pantai ini memiliki tekstur berbatuan karang yang menghimpit pantainya. Panjang pantainya hanya sekitar 100 meter dengan kondisi pasirnya yang bewarna putih. Sebelah timur dan barat terdapat bukit karang yang cukup tinggi.

Pantai Timang Gunung Kidul

Gambar. Pantai Timang Gunung Kidul (Sumber: Siswa Team)

Sama seperti halnya Pantai Parangtritis, Pantai Baru dan sebagainya yang merupakan deretan pantai selatan, Pantai Timang juga memiliki gelombang atau ombak yang tinggi sehingga tidak diperkenankan bagi para pengunjung untuk mandi.

Di atas bukit sebelah barat, jika beruntung kita bisa melihat keindahan sunset atau matahari terbenam. Posisi bukit karang yang lebih menjorok ke selatan daripada bukit-bukit karang di sebelah baratnya menyebabkan pandangan kita mampu melihat dalam radius yang lebih jauh hingga ke batas cakrawala.

Sunset di Pantai Timang

Gambar. Sunset di Pantai Timang (Foto: Siswa Team)

Selain itu, di Pantai Timang ada sebuah pulau karang yang apabila keadaan air sedang pasang, maka akan menjadi pulau terpisah yang dinamakan sebagai Pulau Timang. Disekitar Pulau Timang banyak terdapat lobster sehingga bagi penduduk sekitar dibuatlah semacam kereta gantung atau gondola yang digunakan sebagai media penyebrangan.

Untuk bisa menggunakan kereta gantung atau gondola ini pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp 150.000 – Rp 200.000/orang. Pada awalnya penggunaan gondola ini gratis namun melihat animo pengunjung yang ingin menaikinya, maka kemudian diberlakukanlah tarif.

Pulau Timang yang banyak terdapat lobster

Gambar. Pulau Timang yang banyak terdapat lobster (Foto: Siswa Team)

Fasilitas Pantai Timang pada saat Siswa Team melakukan ekspedisi yaitu tanggal 15 Maret 2015, masih belum selengkap pantai goa cemara atau pantai siung. Hanya ada sebuah tempat parkir berukuran kecil yang dapat menampung sepeda motor dan beberapa mobil saja. Adapun perjalanan yang harus di tempuh dari jalan raya menuju pantai sekitar 3 km dengan kondisi jalan tanah dan berbatu.

Keindahan alam yang berupa tebing-tebing dapat dilihat dari Pantai Timang

Gambar. Keindahan alam yang berupa tebing-tebing dapat dilihat dari Pantai Timang (Foto: Siswa Team)

Biaya tiket masuk Pantai Timang saat itu belum ada alias gratis. Pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp 2000,-/motor saja. Di lokasi wisata ini kondisi jalannya masih sangat buruk dan tidak ada lampu penerangan. Para penduduk yang mengelola tempat wisata ini hanya melayani pengunjung dari pagi sampai maghrib saja.

Peta lokasi Pantai Timang

Peta lokasi Pantai Timang bisa dilihat pada denah di bawah ini.

Peta lokasi Pantai Timang Gunung Kidul

Gambar. Peta lokasi Pantai Timang Gunung Kidul

Jarak Pantai Timang dari Kota Yogyakarta sekitar 60 km dengan durasi perjalanan sekitar 2 jam. Alat transportasi umum menuju tempat ini tidak ada sehingga kita harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan terlebih dahulu di kota Yogyakarta.

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *