Pantai Baru Yogyakarta

Pantai Baru Yogyakarta merupakan objek wisata pantai yang terdapat di daerah Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Seperti halnya Pantai Goa Cemara, Pantai Baru ini ditumbuhi banyak pepohonan cemara udang atau cemara laut sehingga udaranya relatif sejuk.

Panorama Pantai Baru Yogyakarta

Gambar. Panorama Pantai Baru Yogyakarta (Foto: Siswa Team)

Lokasi wisata Pantai Baru Yogyakarta menawarkan berbagai macam fasilitas antara lain masjid, warung makan, tempat parkir, loket tiket, wahana kolam mini, mobil mini (dock car) dan sebagainya. Pada hari biasa, objek wisata ini relatif masih sepi namun ketika sore hari banyak dikunjungi oleh wisatawan. Namun pada hari liburan, pengunjung bisa sangat banyak.

Mobil mini yang disewakan kepada para pengunjung

Gambar. Mobil mini yang disewakan kepada para pengunjung (Foto: Siswa Team)

Beberapa nelayan setempat juga terlihat memakirkan kapal tradisionalnya di pinggir pantai ini. Semua nelayan masih menggunakan kapal kecil bercabik yang menjadi ciri khas masyarakat nusantara. Hanya saja, tenaga dorongnya sudah menggunakan diesel dan tidak lagi menggunakan kain layar.

Warung makan di lokasi Pantai Baru Yogyakarta

Gambar. Warung makan di lokasi Pantai Baru Yogyakarta (Foto: Siswa Team)

Di sekitar lokasi wisata merupakan wilayah pertanian penduduk. Disini kita akan menjumpai area persawahan hijau dan perkampungan warga yang masih sangat asri dengan banyak sekali ditumbuhi pohon kelapa. Di Pantai Baru kita juga bisa mendirikan tenda di pinggir laut atau hanya sekedar lesehan duduk-duduk di pinggir laut di bawah pohon cemara udang. Beberapa kali ditempat ini juga digunakan oleh para peneliti untuk melakukan penelitian dan perlombaan kincir angin tingkat nasional.

Pembangkin listrik tenaga angin dan matahari yang ada i Pantai Baru Yogyakarta

Gambar. Pembangkin listrik tenaga angin dan matahari yang ada i Pantai Baru Yogyakarta (Foto: Siswa Team)

Biaya tiket masuk Pantai Baru

Biaya tiket masuk sebesar Rp 3000,-/orang dengan biaya parkir sebesar Rp 10000,-/bus, Rp 5000,-/mobil dan Rp 3000,-/motor.

Peta lokasi wisata Pantai Baru

Peta lokasi wisata Pantai Baru dapat dilihat pada denah di bawah ini.

Peta lokasi wisata pantai baru

Gambar. Peta lokasi wisata pantai baru

Jalan menuju pantai baru dapat dilalui melalui dua jalur yaitu melalui jalan samas kemudian ketika ada papan petunjuk “Pantai Goa Cemara“, kita belok ke arah barat dan ikuti rambu petunjuk yang ada. Selain itu kita juga bisa melewati jalan Srandakan-Pandansimo yaitu jalan ke arah barat dari Perempatan Palbapang Bantul. Sebelum melewati jembatan srandakan yang membelah sungai progo, kita ambil jalan menuju ke selatan terus sampai Pantai Pandansimo kemudian belok ke timur sekitar 2 km. Letak pantai baru diantara dua pantai yaitu Pantai Kwaru dan Pantai Pandansimo.

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan