Pantai Siung Gunung Kidul

       

Pantai Siung merupakan pantai berkarang yang terletak di daerah Duwet, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini menghadap ke selatan yaitu ke Samudra Indonesia dimana diapit oleh dua buah tebing karang yang tingginya sekitar 30-an meter. Oleh karena menghadap samudra Indonesia, maka pantai ini memiliki ombak dan angin yang besar namun tidak sebesar ombak di Pantai Parangtritis.

Pantai Siung Yogyakarta

Gambar. Pantai Siung Yogyakarta (Foto: Siswa Team)

Tebing karang yang terdapat di Pantai Siung dapat digunakan sebagai sarana olah raga panjat tebing. Di tebing ini ada 250 jalur pemanjatan yang dapat dilalui oleh para pemanjat. Dari 250 jalur pemanjatan tersebut, masing-masing memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Maka tak khayal bila atlet panjat tebing dari dalam dan luar negeri sering mengunjungi pantai ini.

Pantai Siung dilihat dari atas tebing

Gambar. Pantai Siung dilihat dari atas tebing (Foto: Siswa Team)

Selain memanjat, untuk dapat sampai di puncak tebing karang ada semacam “jalur khusus lainnya” juga. Nah, jalur khusus ini dapat digunakan oleh para pengunjung yang ingin naik ke puncak tebing tanpa harus memanjat. Kita akan menuju puncak dengan melalui jalan setapak yang sudah dibuatkan oleh pengelola tempat wisata. Dari atas tebing ini, kita menjadi bisa mengamati keindahan pantai siung dan daerah sekitar dalam radius cakupan yang lebih luas.

Karang di Pantai Siung

Gambar. Karang di Pantai Siung (Foto: Siswa Team)

Dulu keadaan Pantai Siung masih sangat sepi dan kotor. Namun sejak tahun 2000, pemerintah Provinsi Yogyakarta melakukan gebrakan dengan menjadikan pantai ini sebagai tempat lokasi panjat tebing. Bahkan pada tahun 2005 pernah digunakan sebagai tempat penyelenggaraan Asean Climbing Gathering yang dihadiri oleh enam negara dengan 200-san atlet.

Yang menjadi daya tarik dari Pantai Siung adalah keindahan batu karangnya dan pasir putihnya. Bahkan penamaan Pantai Siung sendiri diambil dari sebuah batu karang yang mirip gigi kera atau siung wanara sehingga dalam perkembangannya Pantai ini kemudian dinamakan sebagai Pantai Siung.

Dulu dalam sejarahnya, wilayah Pantai Siung pernah mengalami masa kejayaan dimana menjadi pusat perdagangan di wilayah Gunung Kidul. Tak jauh dari lokasi pantai ini yaitu daerah Winangun, terdapat pula sebuah pasar yang konon merupakan tempat tinggalnya Nyai Kami dan Nyai Podi yang merupakan istri abdi dalem kesultanan Yogyakarta dan Surakarta.

Sisi lain Panorama Pantai Siung di siang hari

Gambar. Sisi lain Panorama Pantai Siung di siang hari (Foto: Siswa Team)

Pada perkembangannya, kemudian pasar ini dipindah ke kota Yogyakarta dan berganti nama menjadi Jowinangun yang berasal dari kata Jobo Winangun atau luar wilayah Winangun. Pemindahan ini mengakibatkan wilayah siung menjadi sepi dan sejumlah warga kehilangan mata pencahariaannya. Padahal sebelumnya, warga setempat menjadikan garam dan beberapa jenis ikan menjadi barang dagangannya namun sepinya pengunjung yang diakibatkan pemindahan pasar mengakibatkan perekonomian warga menjadi mati.

Geliat pantai Siung mulai muncul kembali saat sejumlah mahasiswa pecinta alam dari Jepang yaitu tahun 1989 melakukan aksi panjat tebing di Pantai Siung. Darisinilah kemudian pemanfaatan panjat tebing sebagai ikon Pantai Siung mulai diperkenalkan. Pada tahun 90-an juga pernah diadakan perlombaan panjat tebing tingkat internasional yang bertajuk Asian Climbing Gathering dengan dihadiri sejumlah negara.

Pasir putih di pinggir Pantai

Gambar. Pasir putih di pinggir Pantai (Foto: Siswa Team)

Fasilitas umum di Pantai Siung cukup lengkap diantaranya loket, masjid, toilet, warung makan, penginapan, tim SAR dsb. Disini kita juga bisa bermalam dengan mendirikan tenda dan api unggun atau membuat sejumlah acara lainnya. Akan tetapi semua ini harus dengan syarat tidak boleh merusak alam dan mengganggu habitat penyu.

Biaya tiket masuk Pantai Siung

Biaya tiket masuk Pantai Siung sebesar Rp 5000,-/orang dengan biaya parkir kendaraan Rp 2000,-/motor dan Rp 5000,-/mobil. Harga bisa saja berubah tergantung kebijakan pengelola.

Denah lokasi wisata

Denah lokasi wisata Pantai Siung dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Peta lokasi Pantai Siung Gunung Kidul

Peta lokasi Pantai Siung Gunung Kidul

Dari kota Yogyakarta, jarak yang ditempuh menuju Pantai Siung sekitar 70 km ke arah timur menuju Wonosari dengan durasi perjalanan sekitar 1,5 jam. Kondisi jalan beraspal dengan kondisi kontur khas jalur daerah pegunungan. Disini angkutan umum masih sangat jarang sehingga diperkenankan bagi pengunjung menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk menuju ke lokasi wisata Pantai Siung, kita dapat melalui jalan Jogja-Wonosari kemudian berbelok ke selatan ke arah Pantai Baron. Belum sampai ke arah Baron ada pertigaan yang menuju ke timur ke arah Mentel-Bintaos-Tepus, ambilah arah ini dan ikuti jalan beraspal dan berkelok-kelok sampai menemukan pertigaan winangun kemudian belok ke selatan menuju Pantai Siung.

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *