Pengertian Novel, Ciri-Ciri Novel dan Jenis-Jenis Novel

       

Pengertian Novel, Ciri-Ciri Novel, dan Jenis-Jenis Novel  – Siapa sih yang tidak tahu dengan buku Novel? Semua orang pasti tahu tentang novel. Tua muda bahkan anak-anak pasti pernah membacanya, atau minimal pernah mendengarnya.

Apalagi novel itu merupakan salah satu karya sastra yang banyak digandrungi orang. Dikala hati sedang galau gundah karena sedang banyak masalah, novel menjadi senjata ampuh untuk mengusir segala penat di pikiran itu.

Baca juga: Pengertian Drama, Jenis-Jenis Drama dan Tips Membuat Drama

Apa sih Definisi atau Pengertian Novel itu?

Novel adalah salah satu jenis karya sastra prosa yang diadaptasi dari bahasa Italia “novella”. Kata novella berarti sebuah kisah. Bagian utama dari novel memang berisi seputar kisah-kisah kehidupan. Kisah itu diadaptasi dari hal-hal yang berkaitan dengan fiksi, imajinasi, pengalaman hidup, dan sesuatu yang khayal.

Definisi tentang novel hampir sama diutarakan oleh KKBI. Dalam KKBI berbunyi, novel merupakan sebuah karangan prosa panjang yang mengandung serangkaian cerita kehidupan seseorang serta menonjolkan watak-watak tertentu dari setiap tokoh yang digambarkan.

Pengertian Novel, Ciri-Ciri Novel dan Jenis-Jenis Novel

Cerita dalam novel cenderung khayal, sehingga setting tempat pada novel sering kali menggunakan lokasi yang khayal. Jarang sekali ada novel bersetting di Pemalang, Yogyakarta, atau di Solo. Pada novel, pemakaian setting tempat berada di dunia yang sangat berbeda dengan tempat aslinya.

Inilah Ciri-Ciri Novel

Novel sebagai salah satu jenis karya sastra yang paling digemari, tentu saja mempunyai beberapa ciri-ciri. Apa saja ciri-cirinya? Berikut ini kami paparkan ciri-ciri novel.

-Novel terdiri atas minimal 35.000 kata atau jika dalam bentuk lembaran kertas mencapai 100 halaman.

-Tokoh pada novel cenderung banyak. Tokohnya lebih dari 5 orang.

-Dari segi isi cerita, kadang muncul tema sampingan selain tema utama.

Macam-macam atau Jenis-Jenis Novel Berdasarkan Genre

Novel terdiri dari beragam jenis. Bergantung pada pembagiannya masing-masing. Jenis novel dibedakan atas genre, isi, tokohnya, serta kebenaran ceritanya seperti apa. Jenis-jenis novel berdasarkan genrenya kami paparkan sebagai berikut.

Pertama, novel komedi: Isi cerita dalam novel ini berkisah seputar hal-hal yang membuat pembacanya tertawa geli, terpingkal-pingkal tak karuan. Novel ini isinya mengangkat tema-tema kehidupan konyol. Jenis genre seperti ini bisa kalian temukan pada novel berjudul Kambing Jantan, karya Raditya Dika.

Kedua, novel misteri: Novel misteri menceritakan kisah-kisah nyeremin yang membuat bulu kudumu merinding. Novel ini kerap menyuguhkan teka-teki yang sulit ditebak pembacanya. Salah satu novel misteri paling populer bisa kalian temukan pada sebuah novel berjudul Sherlock Holmes.

Ketiga, novel inspiratif: Mendapatkan petuah-petuah hidup penuh semangat tidak hanya kita dapatkan dengan membaca buku karangan Mario Teguh saja. Lewat membaca novel, kalian juga bisa mendapatkan petuah-petuah hidup penuh semangat terutama jika novel yang kalian baca bergenre novel inspiratif. Novel inspiratif isinya memberikan petuah-petuah positif penuh moral tinggi. Contoh novel bergenre inspiratif bisa kalian temukan pada novel Negeri Bahagia Skandinavia karya Lutfi Aminuddin.

Baca juga: Pengertian Hikayat, Jenis-Jenis Hikayat, Unsur-Unsur Hikayat

Keempat, novel romantis: Siapa diantara kalian yang sudah pernah membaca novel kece berjudul Ayat-Ayat Cinta? Itulah salah satu judul novel yang masuk dalam genre novel romantis. Novel bergenre romantis biasanya berisi kisah-kisah percintaan yang membuat pembacanya baper. Sehingga para pembaca akan berbunga-bunga setelah membaca novel jenis ini.

Macam-macam Novel Berdasarkan Kebenaran Cerita

Berdasarkan kebenaran ceritanya, apakah novel itu dibangun berdasarkan imaji khayal atau sesuatu yang nyata berdasarkan pengalaman pribadi. Berdasarkan pembagian ini, novel dibagi menjadi dua.

Pertama, novel fiksi: novel fiksi bercerita tentang hal yang fiktif, atau cerita yang mengada-ada. Baik fiktif dari segi settingnya, hingga nama tokohnya. Contoh novel fiktif yaitu Harry Potter.

Kedua, novel non fiksi: novel ini berkisah tentang kejadian nyata. Biasanya berkisah seputar peristiwa sejarah besar. Bisa juga berkisah mengenai kehidupannya yang menarik. Contoh novel yang diadaptasi dari unsur pembangun cerita yang berdasarkan pengalaman pengarang bisa kalian temukan pada novel Laskar Pelangi.

Nah, sekarang kalian sudah paham, kan, apa dan bagaimana novel itu? Saya harap kalian mulai berani membaca novel atau lebih hebat lagi bisa membuat novel sendiri. Bila ada pertanyaan tentang Pengertian Novel, Ciri-Ciri Novel dan Jenis-Jenis Novel bisa ditulis di kotak komentar.

loading...

Lutfi Aminuddin

Lutfi Aminuddin merupakan kolumnis dibeberapa media lokal dan nasional. Tulisan Lutfi bisa dijumpai pada Harian Pemalang, Geotime, Hipmee, Pressiwa, Solopos, dan masih banyak yang lainya lagi. Lutfi telah mengeluarkan buku berjudul Negeri Bahagia Skandinavia tahun 2017 yang diterbitkan oleh penerbit Asrifa. Lutfi mengenyan Studi S1 nya di IAIN Purwokerto dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Penyiaran Islam. Ia juga mengambil S1 di IAIN Surakarta pada jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *