Cara Membuat Sinopsis Lebih Mudah

       

Ada Cara Membuat Sinopsis Lebih Mudah Jika Kalian Mengikuti Langkah-Langkah Berikut Ini

Siswapedia.com- Sinopsis sering disebut sebagai ringkasan cerita novel, atau isi novel secara keseluruhan yang dikemas dalam bentuk yang lebih pendek. Sinopsis biasanya digunakan untuk review awal, dari isi cerita novel yang akan di informasikan kepada pembaca.

Salah satu karya sastra yang sering dibuatkan kedalam bentuk sinopsis yaitu novel. Cara membuat sinopsis sendiri tidak susah lho.

Modalnya itu cuma me-review isi bacaan yang ada pada novel dari awal sampai akhir lalu ditulis ulang kembali. Kendati demikian, membuat sinopsis novel sebetulnya cukup sulit, jika kita tidak mengetahu langkah-langkah awalnya seperti apa.

Nah lewat artikel inilah Siswapedia akan membeberkan bagaimana caranya membuat sinopsis novel yang baik beserta langkah-langkahnya, penasaran ? Yuks, langsung saja simak artikelnya sebagai berikut.

1. Bacalah Naskah Novel Terlebih Dahulu Dari Awal Hingga Akhir.

Gak mungkin kalian bisa membuat sinopsis novel jika tidak membaca karya novel yang akan dibuatkan sinopsis terlebih dahulu. Jadi langkah pertama yamg harus dilakukan yaitu membaca novel hingga tamat.

Bacalah dari halaman awal hingga halaman akhir, tanpa meninggalkan satu halaman sama sekali. Hal ini harus kalian lakukan agar tidak ada plot yang hilang. Dengan begitu, kita bisa menuliskan kembali isi novel dalam sebuah sinopsis yang lebih akurat.

Gambar. Ilustrasi (sumber: mbojo tana’o)

2. Temukanlah Konflik dalam Novel Tersebut.

Konflik itu merupakan bagian yang paling menarik dalam sebuah novel, konflik biasanya di temui dalam bentuk permasalahan-permasalahan yang dihadapi tokoh utama.

Permasalahan yang ada pada konflik ini jika ditempatkan untuk menulis sinopsis hasilnya akan baik. Hanya saja kalian tidak disarankan meng-eksplor terlalu dalam. Nanti pembaca malah jadi tak penasaran lagi.

3. Catatlah Gagasan Utamanya, Atau Inti Dari Novel yang Disampaikan.

Setelah kalian menemukan konflik utama dalam novel yang akan dijadikan sinopsis. Langkah berikutnya yaitu mencatat gagasan utama dalam setiap paragraf. Dengan mencatatkan gagasan utama tersebut, kita akan dapat mengetahui maksud penulis yang diungkap dalam novelnya itu gimana.

Selain itu, mencatat ide pokok dalam novel juga dapat menjadi bahan pengingat kalian jika saat menuliskannya kembali dalam bentuk sinopsis kalian lupa. Teknik mencatat gagasan ini sering jadi rujukan bagi para pembuat sinopsis.

4. Mulailah Menulis Ringkasannya.

Setelah ide pokok berhasil di catat. Langkah berikutnya yaitu dimulai dengan membuat sebuah ringkasan. Ketika membuat ringkasan usahakan kalian membuka tulisan gagasan utama, dan konflik yang sebelumnya telah dicatat. Kemudian mulai tulislah sinopsisnya dengan menggunakan penyampaian yang jelas, lugas, menarik, dan tidak menyimpang dari inti novel yang akan disampaikan.

5. Cantumkanlah Dialog Novel yang Kalian Anggap Menarik.

Pencantuman dialog dalam novel ke dalam sinopsis merupakan cara menarik untuk memancing pembaca untuk segera membeli novel yang dibuatkan sinopsis. Begitulah seperti yang diungkap dalam buku Apresiasi Prosa Fiksi, Rustam Effendi.

Adapun dialog yang diambil untuk dibuatkan sebagai bagian dari penulisan sinopsis disarankan mengambil dialog yang kontroversial. Misalnya dialog seorang cowo yang sedang menembak cewenya.

Contoh dialog lain yang kontroversial misalnya dialog yang menggambarkan peristiwa pembunuhan. Pembaca yang baca sinopsis ini pasti akan ikut merasakan ketegangan tingkat tinggi layaknya cerita yang ada pada novel.

Demikian cara membuat sinopsis novel yang baik. Langkah-langkah di atas harus kalian kerjakan secara berurutan dari mulai membaca novel yang akan dibuatkan sinopsis hingga terakhir menuliskannya.

Buatlah sinopsis semenarik mungkin ya. Dan paling penting sinopsis yang kalian buat bisa mendongkrak penjualan novel tersebut. Jadi ukuran baik-buruknya sinopsis bisa diukur dengan berapa banyak jumlah novel yang terjual berkat pembuatan sinopsis tersebut (baca juga: cara menulis resensi novel).

Lutfi Aminuddin

Lutfi Aminuddin merupakan kolumnis dibeberapa media lokal dan nasional. Tulisan Lutfi bisa dijumpai pada Harian Pemalang, Geotime, Hipmee, Pressiwa, Solopos, dan masih banyak yang lainya lagi. Lutfi telah mengeluarkan buku berjudul Negeri Bahagia Skandinavia tahun 2017 yang diterbitkan oleh penerbit Asrifa. Lutfi mengenyan Studi S1 nya di IAIN Purwokerto dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Penyiaran Islam. Ia juga mengambil S1 di IAIN Surakarta pada jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *