Contoh Teks Editorial : Tujuan, Ciri, Kaidah, Sifat, Isi dan Strukturnya

Contoh Teks Editorial : Tujuan, Ciri, Kaidah, Sifat, Isi dan Strukturnya – Pernahkah kamu menemui sebuah teks yang berisi pendapat pribadi dari seseorang terhadap suatu masalah? Jika pernah, berarti kamu telah membaca teks editorial atau teks opini.

Teks editorial merupakan teks yang berisikan sebuah pendapat atau opini tentang suatu kejadian atau peristiwa yang sedang hangat dibicarakan atau masih memiliki persoalan-persoalan yang belum menemukan titik terang.

Teks editorial, biasanya muncul diberbagai surat kabar atau majalah yang menerima masukan-masukan dari orang-orang yang memiliki pendapat.

Artikel terkait: Contoh essay

Contoh Teks Editorial : Tujuan, Ciri, Kaidah, Sifat, Isi dan Strukturnya

Tujuan, Sifat isi teks editorial

Teks editorial bertujuan untuk mengajak para pembaca agar ikut memikirkan isu yang sedang hangat diperbincangkan di tengah masyarakat serta memberikan pandangan terhadap pembaca mengenai masalah yang sedang berkembang tersebut. Keberadaan teks editorial, mampu membentuk masyarakat yang kritis.

Contoh Teks Editorial : Tujuan, Ciri, Kaidah, Sifat, Isi dan Strukturnya

Teks editorial memiliki ciri-ciri dan struktur, kaidah kebahasaan teks editorial, yaitu sebagai berikut:

Ciri-ciri Teks Editorial

Adapun ciri-ciri dari teks editorial adalah sebagai berkut:

  1. Tema tulisannya selalu hangat (sedang berkembang, diperbincangkan secara luas oleh masyarakat), serta aktual dan faktual.
  2. Bersifat sistematis dan logis
  3. Tajuk rencana merupakan pendapat/opini yang bersifat argumentatif
  4. Menarik untuk dibaca, dengan penggunaan kalimat yang singkat, padat dan jelas.

Struktur Teks Editorial

Adapun struktur teks editorial terdapat 3 bagian, yaitu sebagai berikut:

1. Pernyataan pendapat (tesis)

Pada bagian tesis, berisi sudut pandang penulis terhadap permasalahan yang diangkat, yaitu berupa pernyataan atau teori yang akan diperkuat oleh argumen.

Artikel terkait: Contoh kumpulan puisi pendek

2. Argumentasi

Pada bagian argumentasi, berisi alasan atau bukti yang digunakan untuk memperkuat pernyataan tesis, bisa berupa pernyataan umum, data hasil penelitian, pernyataan para ahli atau fakta-fakta yang dapat dipercaya.

3. Penegasan ulang pendapat (Reiteration)

Pada bagian Reiteration, berisi penguatan/penegasan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bagian argumentasi. Dengan adanya penegasan, para pembaca akan lebih yakin terhadap pandangan yang telah dikemukakan pada teks editorial tersebut.

Pada bagian ini, biasanya berisikan sebuah argumen yang disertai saran dari penulis.

Artikel lainnya: Cara membuat sinopsis lebih mudah

Kaidah Kebahasaan Teks Editorial

Adapun kaidah kebahasaan pada teks editorial adalah sebagai berikut:

1. Adverbia

Ditujukkan agar pembaca meyakini teks yang dibahas, dengan menegaskan menggunakan kata keterangan, kata yang biasa digunakan yaitu: biasanya, selalu, sering. Kadang-kadang, sebagian besar waktu, jarang, dan lain sebagainya.

2. Konjungsi

Konjungsi adalah penghubung pada teks, contohnya: bahkan

3. Verba material

merupakan verba yang menunjukkan peristiwa atau perbuatan fisik.

4. Verba relasional

merupakan verba yang menunjukkan hubungan intensitas (pengertian A adalah B) dan milik (mengandung pengertian A mempunyai B).

5. Verba mental

Merupakan verba yang menerangkan persepsi, afeksi dan kognisi

Contoh Teks Editorial Tentang Kesehatan

Judul:

Pelayanan Rumah Sakit dan Mutu Kesehatan Harus ditingkatkan

Pada tahun lalu, terdapat sekitar 269 pengaduan tentang minimnya pelayanan kesehatan diberbagai rumah sakit di Indonesia, jumlah tersebut yang dilaporkan dan diterima Kemenkes.

Jumlah pengaduan minimnya pelayanan kesehatan yang belum dilaporkan tentunya lebih banyak lagi. salah satu hal yang menjadikan pelayanan dokter kurang memuaskan adalah penanganannya terhadap pasien. Dokter banyak yang belum bisa mengetahui penyakit sebenarnya yang sedang diderita pasien, sehingga terkadang obat yang diberikan tidak tepat.

Artikel terkait: Pengertian puisi, periodesasi puisi, jenis-jenis puisi dan tips membuat puisi

Seharusnya, pemerintah terutama bidang kesehatan selalu meningkatkan mutu para dokter di seluruh Indonesia secara berkala, agar pelayanan kesehatan masyarakat dapat berjalan dengan baik.

Demikian pembahasan mengenai Contoh Teks Editorial : Tujuan, Ciri, Kaidah, Sifat, Isi dan Strukturnya semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *