Membuat Gambar Santri

       

Turoial kali ini masih tetap seputar gambar kartun. Nah, gambar kartun yang akan kita buat adalah gambar kartun santri yang akan kita buat menjadi dua halaman tutorial. Pada halaman pertama (halaman ini) kita akan menggambar wajahnya terlebih dahulu sedangkan badannya akan kita gambar di halaman selanjutnya.

Di sini kita menggunakan softwaare Corel Draw 2017. Temen-temen bisa menggunakan versi lainnya.

Langkah-langkah membuat kartun santri

1. Bukalah program corel draw-mu di laptop atau PC. Lalu, buatlah lembar halaman yang baru.

2. Buatlah wajah menggunakan ellips tool. Buat agak lonjong, lalu warnai dengan warna cokelat muda. Sudah? setelah itu kita buat kupluk atau peci atau kupyah. Oleh karena temanya gambar santri ya harus pakai peci terus agak dibikin miring. Caranya pakai rectangle tool yang diberi warna hitam.

3. Setelah itu rubahlah bentuk wajahnya. Caranya, klik kanan pada wajah -> convert to curves. Setelah itu rubah menggunakan Shape. Buatlah lekukan pada wajah seperti pada gambar di bawah. Setelah itu buatlah daun telinganya menggunakan Smudge. Aturlah terlebih dahulu diameter smudge sebesar 10 mm. Setelah sudah jadi, sesuaikan ukuran wajah dengan pecinya.

4. Buatlah gambar rambutnya dengan menggunakan ellips tools yang diberi warna hitam. Letakkan gambar rambut di bawah layer dari peci dengan cara klik kanan gambar peci -> order -> to front of page. Setelah itu, rubah bentuk rambutnya menggunakan shape tool. Namun terlebih dahulu klik kanan pada gambar rambut -> convert to curve. Setelah itu buat gelombang pada rambut menggunakan smear tool.

Langkah 1 – 4 gambarnya di bawah ini.

5. Buatlah alis menggunakan rectangle tools dan berilah warna hitam. Setelah itu, buatlah mata menggunakan ellips tools beri warna hitam dan putih. Untuk membuat mulut dan hidung bisa menggunakan freehand tool. Setelah mata, hidung, alis dan mulut sudah jadi, maka langkah selanjutnya yaitu merubah bentuk wajah menggunakan shape tool. Buatlah wajahnya menjadi lebih proporsional dan rapi menggunakan shape tool dan smear tool.

6. Untuk membuat agar rambutnya menjadi dua warna seperti gambar di atas caranya klik rambutnya -> duplikat. Nah, gambar rambut duplikatnya ini kita beri warna lebih hitam serta ukurannya kita perkecil sedikit. Gunakanlah smear tool untuk merapikannya.

Nah, cara membuat gambar kartun santri bagian pertama telah selesai. Untuk selanjutnya, kita akan membuat badannya.

loading...

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *