Faktor Munculnya Masalah Ekonomi

       

Faktor Munculnya Masalah Ekonomi

Manusia yang hidup di alam pegunungan memiliki masalah ekonomi berbeda dengan manusia perkotaan

Gambar. Manusia yang hidup di alam pegunungan memiliki masalah ekonomi berbeda dengan manusia perkotaan

Setiap manusia pasti memiliki masalah dalam kehidupan. Masalah itu muncul karena adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Semakin banyak harapan, maka semakin banyak pula yang harus dilakukan oleh manusia untuk mewujudkannya. Bila tertunda atau tidak menjadi kenyataan, maka akan muncul masalah. Dalam permasalah ekonomi, manusia juga dihadapi dengan masalah ekonomi yang cukup berat. Beban ini muncul karena manusia dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup baik dari segi pangan, sandang dan papan. Harapan-harapan baru juga senantiasa muncul karena manusia cenderung ingin mendapatkan sesuatu hal baik, keamanan yang baik, hidup tentram dan terjamin. Bila ini tidak menjadi kenyataan atau mungkin tertunda dari waktu yang direncanakan, maka akan timbul masalah ekonomi. Dengan kata lain kita bisa menyimpulkan bahwa masalah ekonomi yaitu kesenjangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas sedangkan alat pemuas kebutuhannya terbatas. Masalah ekonomi tidak serta merta selalu menjadi dampak buruk bagi manusia. Seringkali karena tekanan ekonomi, manusia menjadi lebih kreatif, lebih giat belajar dan bekerja sehingga banyak juga yang mampu membuat sesuatu terobosan baru dalam kegiatan ekonomi. Namun dilain sisi, ada juga yang menimbulkan dampak serius manakala harapan yang terlalu tinggi tak membuahkan hasil dalam waktu yang telah ditentukan. Bagi sebagian orang ini bisa mengakibatkan gangguan kejiwaan, depresi bahkan melakukan tindakan kriminal. Kebutuhan manusia yang tidak terbatas dipengaruhi oleh hal-hal seperti sifat alami manusia, tingkat pendapatan, lingkungan alam, lingkungan sosial, kemajuan teknologi informasi, agama, akulturasi budaya dan perdagangan internasional.

  1. Sifat alami manusia yang selalu merasa kurang dan tidak puas.
  2. Tingkat pendapatan akan mempengaruhi banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi.
  3. Lingkungan alam berperan penting dalam usaha manusia untuk tetap hidup menyesuaikan lingkungannya.
  4. Lingkungan sosial dapat mempengaruhi pola gaya hidup manusia.
  5. Kemajuan teknologi informasi yang menawarkan berbagai kemudahan sangat memikat hati manusia pada umumnya.
  6. Agama juga menentukan manusia dalam memenuhi kebutuhan sesuai agama yang dianut.
  7. Akulturasi budaya dapat membentuk pola dan prilaku manusia dalam memenuhhi kebutuhan hidup.
  8. Perdagangan internasional dapat menawarkan produk yang menarik dari berbagai negara sehingga dapat mempengaruhi usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Indriayu, Mintasih.2009. Ekonomi : Untuk SMA/MA Kelas X.Solo: CV Teguh Karya. Nur Mulyani, Sri dkk.2009. Ekonomi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X.Jakarta: Cakra Media.

loading...

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *