Circular Flow Diagram

       

Perilaku ekonomi yang dilakukan di suatu negara dapat dilihat pada circular flow diagram di bawah ini.

1. Kegiatan Ekonomi Dua Sektor

Kegiatan ekonomi dua sektor merupakan kegiatan ekonomi yang melibatkan dua pelaku ekonomi yaitu rumah tangga dan perusahaan.

a. Corak Kegiatan Ekonomi Subsistem

Dalam kegiatan ekonomi subsistem ditandai bahwa penerima pendapatan usaha merupakan pelaku rumah tangga, mereka tidak ada tabungan dan tidak ada penanaman modal usaha. Ini masih sangat sederhana. Nah, masyarakat yang melakukan kegiatan ekonomi yang seperti ini dapat digambarkan dalam diagram seperti di bawah ini.

Bagan kegiatan ekonomi dua sektor

Gambar. Bagan kegiatan ekonomi dua sektor (Sumber: Sri Mulyani Hal. 59)

Pada kegiatan ekonomi model ini, biasanya dilakukan dengan cara barter. Andaikata dalam sebuah proses produksi, penggunaan seluruh faktor produksi digunakan secara maksimal, maka tetap saja pengeluaran rumah tangga akan sama besar dengan nilai barang atau jasa hasil produksi.

b. Corak Perekonomian Modern

Dalam perekonomian modern, setiap pendapatan dari hasil usaha akan tercatat rapi dan ditabung. Pendapatan yang telah disisihkan akan digunakan untuk investasi atau sebagai modal usaha. Misalnya untuk membeli perlengkapan produksi, perluasan lahan produksi dll.

Bagan corak perekonomian modern

Gambar. Bagan corak perekonomian modern (Sumber: Sri Mulyani Hal. 60)

2. Kegiatan Ekonomi Tiga Sektor

Dalam kegiatan ekonomi tiga sektor, pelaku ekonomi bukan hanya rumah tangga dan perusahaan saja melainkan ada pihak ketiga yaitu pemerintah yang ikut serta dalam kegiatan ekonomi.

Bagan ekonomi tiga sektor

Gambar. Bagan ekonomi tiga sektor (Sumber: Sri Mulyani Hal.61)

3. Kegiatan Ekonomi Empat Sektor

Kegiatan ekonomi empat sektor dikenal dengan kegiatan ekonomi terbuka yaitu kegiatan ekonomi yang dilakukan bukan hanya di dalam negeri saja tetapi melibatkan juga pelaku ekonomi dari luar negeri.

Bagan ekonomi empat sektor

Gambar. Bagan ekonomi empat sektor (Sumber: Sri Mulyani Hal. 61)

Daftar Pustaka
Nur Mulyani, Sri dkk.2009. Ekonomi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X.Jakarta: Cakra Media.

loading...

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai