Pola Perilaku Konsumen dalam Kegiatan Ekonomi

Ada banyak faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam kegiatan ekonomi

Gambar. Ada banyak faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam kegiatan ekonomi (Sumber: vk.com)

Pada halaman sebelumnya, kita telah mempelajari tentang Teori Nilai Guna atau Utility. Nah, pada halaman ini kita akan mempelajari tentang Pola Perilaku Konsumen dalam Kegiatan Ekonomi. Pola perilaku konsumen pada dasarnya dipengaruhi oleh penilaian konsumen tersebut terhadap suatu barang. Semakin penting dan mendesaknya suatu barang, semakin gencar upaya si konsumen untuk memperolehnya.

A. Pengertian dan Tujuan Konsumsi

1. Pengertian konsumsi

Secara ekonomi, konsumsi dapat diartikan sebagai kegiatan manusia untuk mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik secara berangsur-angsur maupun sekaligus habis atau langsung habis. Adapun pihak yang melakukan konsumsi disebut konsumen.

2. Tujuan konsumsi

Kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh manusia bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau memperoleh kepuasan setinggi-tingginya sehingga dapat tercapai tingkat kemakmuran hidup. Dengan adanya tingkatan atau lapisan masyarakat yang berbeda-beda mengakibatkan tujuan konsumsi juga bisa berbeda-beda. Pada masyarakat tradisional, kegiatan konsumsi ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari guna mempertahankan kelangsungan hidup sedangkan pada masyarakat modern, tujuan konsumsi sudah banyak berubah sehingga bukan hanya sekadar untuk mempertahankan hidup saja melainkan lebih banyak diarahkan untuk kepentingan kesenangan dan seesuatu hal prestise (harga diri).

B. Perilaku Konsumen

a) Kepuasan Konsumen terhadap Produk

Tujuan utama bagi seorang konsumen terhadap sebuah produk yaitu untuk mendapatkan rasa kepuasan secara maksimal. Rasa kepuasan merupakan indikasi telah terpenuhinya kebutuhan, keinginan dan harapan si konsumen. Untuk itu, barang atau jasa yang mampu memenuhi rasa kepuasan, maka akan memiliki nilai pakai dan nilai tukar yang tinggi.

Vincent Gasperz berpendapat bahwa ada beberapa faktor yang mampu mempengaruhi penilaian dan dugaan seorang konsumen terhadap suatu barang yakni kebutuhan serta keinginan, pengalaman di masa lalu, pengalaman dari teman dan komunikasi iklan.

b) Karakteristik produk yang diinginkan konsumen

Ada tiga karakteristik barang dan jasa yang selalu diinginkan oleh konsumen yaitu murah, cepat dan lebih baik. “Murah” sangat erat kaitannya dengan harga yang tentunya mempengaruhi kemampuan konsumen dalam membeli. “Cepat” berkaitan dengan waktu dimana barang tersebut bisa lebih mudah untuk didapatkan. Sedangkan “lebih baik”, berkaitan erat dengan kualitas barang dan jasa tersebut.

c) Pengeluaran untuk konsumsi

Besar konsumsi seorang konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: selera, tingkat pendapatan si konsumen, kebiasaan atau sikap hidup, lingkungan tempat tinggal dan alat distribusi.

C. Keseimbangan Konsumen

Seperti yang telah kita pahami sebelumnya bahwa seorang konsumen saat mengkonsumsi sebuah barang, maka akan mengharapkan hasil kepuasan yang maksimal. Nah, sebuah keadaan dimana konsumen telah mencapai kepuasan maksimal saat mengkonsumsi barang dan jasa dengan menghabiskan anggaran tertentu, ini dinamakan sebagai keseimbangan konsumen.

Ada tiga hal penting mengenai keseimbangan konsumen, yakni:

a) Jika harga barang mengalami perubahan, maka konsumen akan mengubah pola konsumsinya,
b) Pola konsumsi konsumen ditentukan oleh tingkat pendapatannya,
c) Pola konsumsi seorang konsumen dapat berubah jika selera konsumen terhadap barang-barang juga mengalami perubahan.

Konsumsi setiap manusia bisa berbeda-beda. Hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor yaitu gaya hidup, pendapatan, selera, jenis pekerjaan, lingkungan, harga, tingkat pendidikan, agama, sosial-budaya, usia dan jenis kelamin.

Daftar Isi:

Indriayu, Mintasih.2009. Ekonomi : Untuk SMA/MA Kelas X.Solo: CV Teguh Karya.
Nur Mulyani, Sri dkk.2009. Ekonomi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X.Jakarta: Cakra Media.
Supriyanto dan Ali Muhson.2009. Ekonomi untuk SMA dan MA kelas X. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Tim Siswapedia

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *