Dimensi Besaran Pokok dan Dimensi Besaran Turunan

Pada halaman ini kita akan mempelajari tentang dimensi besaran pokok dan dimensi besaran turunan menggunakan bahasa yang sederhana sehingga kami sangat berharap ini mudah untuk dipahami. Mungkin sebagian dari kita masih bingung, apa sih dimensi itu?. Nah, kata dimensi memang sangat sering digunakan tapi dalam hal ini dimensi didefinisikan sebagai suatu cara menyatakan besaran menggunakan lambang-lambang.

Apa fungsi penggunaan dimensi besaran?

Dengan mengetahui dimensi besaran pokok dan dimensi besaran turunan dapat membantu kita dalam mengetahui apakah dalam suatu persamaan merupakan hal yang sejenis atau tidak sehingga diketahui pula benar atau tidaknya suatu persamaan. Masih bingung?, misalnya begini. Bisa tidak kita menjumlahkan 1 mangga + 1 jeruk ? tentu saja tidak, karena mangga dan jeruk tidaklah sejenis. Kita hanya bisa menjumlahkan bila sejenis misalnya 1 mangga + 1 mangga = 2 mangga dan sebagainya. Iya kan?.

Mungkin contoh di atas masih sangatlah sederhana, coba banyangkan bagaimana jika hal ini terjadi dalam sebuah persamaan matematis yang sangat panjang yang melibatkan aneka besaran pokok dan besaran turunan?, pasti akan sangat menyulitkan. Nah, disinilah fungsi penggunaan dimensi besaran itu (Baca juga: Besaran Pokok dan Dimensi Besaran Turunan).

A. Dimensi Besaran Pokok

Dimensi besaran pokok dapat dinyatakan dengan lambang berupa huruf besar dan biasanya diberi kurung persegi seperti pada tabel di bawah ini.

NoBesaran pokokLambang Dimensi
1
Panjang
[L]
2
Massa
[M]
3
Waktu
[T]
4
Kuat Arus Listrik
[I]
5
Suhu
[θ]
6
Intensitas Cahaya
[J]
7
Jumlah zat
[N]

Ada tabel di atas kita ketahui bahwa ada tujuh besaran pokok yang memiliki dimensi. Tapi ada juga dua besaran pokok tambahan yang tidak memiliki dimensi yaitu sudut datar dan sudut ruang, masing-masing keduanya memiliki satuan radian dan steradian, tetapi keduanya tidak berdimensi.

B. Dimensi Besaran Turunan

Dimensi besaran turunan diperoleh dengan jalan menurunkan atau menjabarkan dari dimensi besaran pokok. Tabel di bawah ini menunjukan beberapa contoh dimensi besaran turunan.

No
Besaran Turunan
Lambang Dimensi
1
Percepatan
[L][T]-1
2
Kecepatan
[L][T]-2
3
Gaya
[M][L][T]-2
4
Luas
[L]-2
5
Volume
[L]-3
6
Massa jenis
[M][L]-3
7
Tekanan
[M][L]-1[T]-2
8
Usaha
[M][L]2[T]-2

Dari tabel di atas misalnya kecepatan. Kecepatan memiliki satuan meter per-sekon dimana meter memiliki lambang dimensi [L] dan per-sekon memiliki lambang dimensi [T]-1. Sehingga kecepatan memiliki lambang dimensi [L][T]-1.

Setelah pada halaman sebelumnya kita membahas tentang besaran dan di halaman ini membahas tentang dimensi besaran pokok dan dimensi besaran turunan, maka di halaman selanjutnya kita akan membahas tentang Sistem Pengukuran Beserta Alat Ukur.

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan