Contoh Soal dan Jawaban Hereditas Manusia

Contoh Soal dan Jawaban Hereditas Pada Manusia – Apabila Anda telah belajar mengenai hereditas pada manusia, maka akan kurang lengkap rasanya apabila Anda tidak mencoba untuk mengerjakan soal-soal terkait hereditas pada manusia.

Untuk memperdalam pemahaman Anda, maka Anda dapat mengerjakan beberapa contoh soal serta jawaban berikut.

Contoh Soal Essay dan Jawaban Hereditas Manusia

(Soal Standar SNMPTN)

Contoh Soal dan Jawaban Hereditas Manusia

Soal 1

Sel somatik pada wanita normal tersusun atas kromosom?

Jawab:

Untuk dapat menentukan jenis kelamin atau melakukan perhitungan determinasi seks dengan pola XY. Dapat diketahui bahwa jumlah kromosom dari wanita normal adalah sebanyak 22 pasang kromosom tubuh dan 1 pasang kromosom seks.

Dan untuk laki-laki yang normal terdapat autosom sebanyak 44 buah dengan kromosom XY hanya 1 pasang atau kromosom tubuh atau autosom sebanyak 22 pasang dan kromosom X (kromosom seks) hanya 1 pasang. Sehingga jawabannya adalah pada seorang wanita yang normal tersusun atas 44 autosom dengan kromosom X sebanyak 1 pasang.

Soal 2

Perkawinan antara tikus putih dengan tikus hitam diperkirakan akan diperoleh keturunan yang mana terdapat perbandingan fenotip 1:1. Namun apabila tikus putih tersebut dikawinkan dengan sesama jenisnya maka akan menghasilkan 3 tikus putih dengan 1 tikus hitam. Sehingga hal demikian menunjukkan bahwa genotip dari tikus putih tersebut adalah….

Jawab:

Heterozigot dominan, karena pada tikus dapat diketahui bahwa H merupakan gen tikus Putih, dan h merupakan gen hitam. Maka apabila tikus putih disilangkan dengan tikus hitam, maka hasilnya adalah F1 nya sebanyak 3 tikus putih dan 1 tikus hitam.

Sedangkan apabila tikus putih disilangkan dengan sesamanya maka akan menghasilkan F1 sebanyak 3 tikus putih dengan 1 tikus hitam. Sehingga dapat diketahui bahwa genotip dari tikus putih tersebut yaitu Hh atau putih heterozigot.

Soal 3

Terdapay gen XYZ yang saling berpautan, menghasilkan genotip XxYyZzAa maka dapat terbentuk gamet….

Jawab:

xyz a, karena apabila terdapat gen XYZ yang saling terpaut maka gen genotipe XxYyZzAa akan membentuk gamet: A. ABC D, B. ABC d, C. abc D, D. abc d (menghasilkan 4 macam gamet).

Soal 4

Apabila di dalam sel tubuh manusia serta pada sel kelaminnya terdapat kromosom tubuh dan juga kromosom seks, maka ovum pada manusia tersebut sebanyak….

Jawab:

sebanyak 22 pasang kromosom tubuh (autosom) dan 1 kromosom X (kromosom seks), karena dalam menentukan suatu jenis kelamin atau determinasi seks maka akan terdapat autosom dan juga kromosom seks.

Sehingga perhitungan kromosom pada sel somatik seorang wanita terdapat 22 pasang autosom dengan satu pasang kromosom X, atau sebanyak 44 autosom dengan dua buah kromosom X. Sedangkan untuk perhitungan kromosom pada sel telurnya sebanyak 22 autosom dengan 1 kromosom X.

Soal 5

Kulit normal dan juga penglihatan yang normal dimiliki oleh seorang wanita, maka kemungkinan besar akan menghasilkan keturunan seorang anak laki-laki yang albino dan juga buta warna, maka gen diwarisi oleh anak tersebut yaitu….

Jawab:

Apabila seorang wanita yang memiliki kulit normal serta penglihatan yang juga normal, maka akan memiliki anak laki-laki yang albino dan buta warna. Yang mana anak laki-laki tersebut akan memiliki gen:

P1 yaitu Aa XXcb (Normal karier) dengan AaXy (Normal) maka,

F1 laki-laki aa XcbY yaitu albino, serta buta warna.

Soal 6

Apabila kuning merupakan warna yang muncul pada bulu kucing karena adanya gen K yang gennya dominan dengan bulu coklat (k). Maka perkawinan pada 2 ekor kucing akan menghasilkan keturunan dengan perbandingan kuning banding coklat masing-masing 1:1. Dengan adanya data tersebut, dapat diperoleh genotip dari kedua induk kucing yang masing-masingnya adalah….

Jawab:

Pada seekor kucing, diketahui bahwa K merupakan gen kuning dan k merupakan gen coklat. Menghasilkan keturunan pertama (P1) yaitu  Kk (Kuning) dengan kk (Coklat).

Soal 7

Apabila posisi dari bunga aksial (A) yang dominan pada posisi bunga terminal (a), batang tinggi (T) yang dominan dengan batang kerdil (t), dengan alel biji yang bulat (B) dominan pada biji yang keriput (b).

Sehingga untuk bunga yang aksial memiliki sifat homozigot yang mana sifat ini diperoleh dari hasil perkawinan yang mana mempunyai batang tinggi dengan kemungkinan heterozigot bentuk biji yang Nampak adalah…..

Jawab:

A merupakan gen aksial yang dominan, B untuk gen yang bulat, t untuk gen kerdil, T untuk gen yang tinggi dominan, a untuk gen yang terminal, b untuk gen yang keriput pada perkawinan antar heterozigot. Akan menghasilkan keturunan pertama (P1) yaitu Aa Tt Bb dengan Aa Tt Bb

Maka F1 nya adalah Aa dengan Aa Tt dengan Tt Bb dengan Bb, Sehingga

AA TT BB

Aa Tt Bb

Aa Tt bb

Aa tt bb

Yang mana pada F1 fenotip bunga aksial yang homozigot dengan tinggi yang juga homozigot, biji bulat yang heterozigot atau dengan genotip AA Tt Bb sama dengan (1/4). (1/4). (1/2) yaitu 1/32.

Soal 8

Perkawinan dengan keturunan pertama dengan salah satu induk homozigot yang resesif, akan disebut dengan…..

Jawab:

Sesuatu yang ada hubungannya dengan sindrom Down adalah:

a. Akibat terjadinya karena adanya crossing over

b. Tidak dapat memperoleh keturunan

c. Dikelompokkan dalam mutasi gen

d. Adanya kelainan yang terdapat pada autosom pada nomor 21

e. Mempunyai jumlah kromosom sebanyak 47

f. Hitungan kromosomnya yang ada dalam sel somatik pada laki-laki sebanyak 45 autosom dengan XY, sedangkan pada perempuan terdapat 45 autosom dengan kromosom seks XX.

Soal 9

Apabila seorang laki-laki dengan penglihatan normal menikah dengan seorang wanita yang buta warna heterozigot, maka keturunan anak perempuan yang menderita buta warna, kemungkinan sebanyak….

Jawab:

Ciri-ciri dari seseorang yang mengalami sindrom klinefelter yaitu disebabkan oleh adanya nondisjunction yaitu jumlah kromosomnya terdapat 47 kromosom, jenis kelamin laki-laki, perhitungan kromosomnya yaitu 44 kromosom A dengan XXY, serta tubuh yang abnormal dengan tinggi yang jangkung.

Soal 11

Kelainan atau penyakit menurun yang terdapat pada manusia di bawah ini adalah….

a. Imbisil

b. Buta warna

c. Albino

d. Hemofilia, serta

e. Talasemia

Jawab:

Penyakit menurun yang terpaut dengan kromosom tubuh atau autosom adalah imbisil, albino, dan thalasemia. Karena autosom atau kromosom tubuh merupakan kromosom yang ada di dalam sel tubuh. Untuk penyakit yang terpaut dengan kromosom seks (X) adalah buta warna dan juga hemofilia.

Soal 12

Apabila dalam suatu keluarga didapat seorang anak yang albino, dengan kedua orang tua yang normal. Maka akan diperoleh genotipe dari kedua orang tuanya yaitu….

Jawab:

Apabila terdapat gen P (normal) dengan p (albino), maka dapat diperoleh:

P1 yaitu Pp dengan Pp

Gamet yaitu P, p dengan P, p

Maka:

F1 adalah P dengan p

P = PP dengan Pp

p = Pp dengan pp

Sehingga diperoleh genotip 1 PP : 2 Pp : 1 pp

Maka diperoleh fenotip 3 normal dan 1 albino dengan rasio 75% dengan 25%.

Nah, apabila ada pertanyaan terkait Contoh Soal dan Jawaban Hereditas Manusia bisa ditulis di bawah ini.

Daftar Pustaka:

Campbel A Neil. (2010). Biologi Edisi Kedelapan Jilid 1. Erlangga: Jakarta.

Suryo. (2008). Genetika manusia. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.

Suryo. (2013). Genetika. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *