Contoh content marketing di instagram

contoh content marketing yang cocok diterapkan di instagram

Saya akan menjelaskan tentang bagaimana macam-macam karakter para pengguna yang ternyata menyesuaikan dengan jenis layanan media sosial serta contoh content marketing di Instagram yang tepat dan sesuai sebagai inti dari pembahasan pada artikel ini.

Sebelum lebih jauh kita membahas, saya akan menekankan bahwa karakter pengguna di sebuah medsos dan fitur layanan yang ditawarkan oleh pihak pengelola aplikasi sangat menentukan jenis dan strategi dalam membuat conten marketing.

Hubungan karakter pengguna dengan fitur layanan

Apabila kita cermati, setiap media sosial memiliki karakter pengguna yang berbeda-beda. Hal ini tak lepas dipengaruhi oleh jenis layanan yang ditawarkan oleh media sosial kepada penggunanya.

Orang akan cenderung memilih media sosial yang sesuai atas dasar kecocokan dengan karakter kepribadiannya. Jika sudah menemukan media sosial yang tepat dan sesuai, maka orang akan cenderung menghabiskan banyak waktu untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Misalnya youtube yang lebih menekankan layanan video, maka orang yang lebih suka menonton video dalam waktu yang lama akan menggunakan aplikasi ini. Begitu juga dengan twitter yang lebih menekankan komentar pendek, maka orang yang suka berkomentar punya kecenderungan menggunakan aplikasi ini. Lalu bagaimana dengan instagram?

Media sosial instagram lebih menonjolkan layanan berupa foto dan gambar. Untuk itu desain website dan aplikasinya dibuat sebaik mungkin agar penggunanya merasa mudah dan nyaman saat melihat konten-konten berbentuk foto dan gambar.

Akan tetapi seiring waktu, setidaknya ketika artikel ini kami tulis, pihak pengelola Instagram melakukan penambahan fitur yang mendukung konten-konten video pendek dan live streaming. Lalu pertanyaannya, contoh content marketing di Instagram yang seperti apa yang tepat?

Contoh content marketing di instagram

Berikut contoh content marketing yang cocok diterapkan di media sosial instagram

  • Konten branding produk dan usaha

Instagram dapat kita gunakan sebagai tempat untuk mengenalkan produk dan usaha kita. Misalnya jika kita memiliki toko yang menjual perlengkapan sepak bola, maka kita bisa mencari orang-orang yang suka sepak bola, caranya kita cek akun-akun yang membahas tentang sepak bola.

Atau misalnya jika kita memiliki toko perlengkapan pemancingan, maka kita bisa mencari market orang-orang yang suka mancing. Caranya cari di akun pemancingan, lalu kita lihat dibagian followers-nya.

Nah, dilain sisi kita bisa juga membuat akun instagram khusus untuk jualan kita yang bisa kita masukkan informasi terkait, lokasi, harga, promo/diskon dan halaman kontak.

  • Foto banner yang menarik dan informatif

Secara fitur dan tampilannya, instagram sangat cocok untuk menampilkan konten bergambar dan foto. Nah, kita bisa membuat gambar banner dan foto yang menarik sehingga memancing rasa penasaran followers kita.

Selain itu, instagram juga memberikan fitur deskripsi di setiap gambar/foto yang kita upload. Apabila sebuah gambar perlu adanya penjelasan, maka fitur deskripsi dapat kita isi tentang informasi produk dan usaha kita.

  • Membuat video pendek berdurasi 90 detik

Instagram memiliki fitur Reels yang memungkinkan kita bisa membuat video singkat. Misalnya jika kita punya produk masakan, nah kita bisa membuat video dari beberapa cuplikan disetiap adegan penting saat memasak kemudian beberapa adegan ini kita gabung dan diberi tambahan alunan musik yang sesuai. Ini bisa menjadi sangat menarik.

  • Menampilkan testimoni pelanggan

Di akun jualan, kita bisa juga upload konten-konten seputar testimoni dari pelanggan kita. Hal ini bertujuan untuk semakin meyakinkan kepada calon konsumen bahwa produk atau usaha kita benar-benar nyata (bukan penipuan) dan punya kwalitas.

  • Membuat konten yang menunjukan rasa kepedulian

Akun jualan tidak harus melulu update status tentang jualan karena ini akan sangat membosankan bagi sebagian orang. Kita harus pintar menyapa para followers dan membuat mereka merasa nyaman dengan keberadaan usaha kita.

Salah satu cara untuk menambah keakraban kita dengan followers yakni dengan membuat konten ucapan selamat untuk hari-hari besar, ucapan berbela sungkawa apabila ada bencana, ikut dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan sebagainya.

  • Konten berhadiah dan promo diskon

Pada umumnya, calon pembeli akan tertarik apabila ada hadiah dan promo (diskon). Kita bisa membuat konten banner ukuran (1080 x 1080) pixel yang menarik untuk menyampaikan konten ini.

Selain itu kita juga bisa menambahkan syarat yang menguntungkan (sebagai promosi) bagi produk dan usaha kita, misalnya agar bisa mendapatkan hadiah, maka setiap followers yang ikut wajib men-tag atau menandai 5 akun temannya. Hal ini membuat usaha kita semakin dikenal orang.

  • Membuat acara live streaming

Apabila kita memiliki followers yang telah banyak, maka kita bisa melakukan live streaming untuk mengenalkan produk kita. Acara live streaming bisa kita buat dalam bentuk podcast (tanya jawab). Misalnya jika kita memiliki produk kesehatan, maka kita bisa menghadirkan pembicara yang berprofesi sebagai dokter, pakar herbal/jamu dan sebagainya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *