Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci

cara cek kapasitor mesin cuci
cara cek kapasitor mesin cuci

Ketika mesin cuci tidak bisa muter dimana keadaan putaran dinamonya lemah, maka kita harus cek kapasitor mesin cuci terlebih dahulu ketimbang kondisi dinamonya. Apakah kondisinya sudah rusak atau masih baik.

Kapasitor pada mesin cuci memiliki peran sebagai pemberi tambahan daya listrik ke dinamo agar dapat berputar terutama pada saat dinamo berputar untuk pertama kalinya. Mengapa? Karena dinamo membutuhkan daya listrik yang lebih besar pada saat berputar yang pertama kali.

Nah, jika kapasitor mesin cuci telah rusak, maka secara otomatis motor dinamo tidak bisa berputar dengan kencang bahkan ada yang tidak bisa berputar sama sekali. Untuk memastikan hal ini, kita harus mengecek kondisinya.

Jumlah kapasitor dalam mesin cuci

Pada mesin cuci 1 tabung terdapat 1 buah kapasitor sedangkan pada mesin cuci 2 tabung terdapat kapasitor. Masing-masing kapasitor saling berpasangan dengan motor dinamo. Kita bisa melihat jumlah ini ketika telah membuka casing bagian belakang mesin cuci.

Secara visual, kita bisa cara cek kapasitor mesin cuci dapat dilakukan dengan melihat beberapa tanda-tanda yakni terjadi pembengkakan pada kapasitor, ada bekas gosong sebagai tanda bahwa kapasitor telah kebakar atau meleleh.

Akan tetapi, sering juga kerusakan pada kapasitor terjadi di dalam kapasitor itu sendiri dimana tidak menampilkan tanda-tanda kerusakan visual seperti di atas. Lalu, bagaimana cara tes kapasitor mesin cuci ?.

Cara tes kapasitor menggunakan multimeter

Nah, kita bisa tes kondisi kapasitor dengan menggunakan bantuan alat yang bernama multimeter.

  1. Pasangkan 2 probe multimeter (dengan settingan ohm meter x1K) ke 2 kabel kapasitor.
  2. Apabila jarum pada ohm meter bergerak ke kanan kemudian balik lagi ke kiri, maka kapasitor dalam kondisi baik. Akan tetapi bila jarumnya bergerak ke kanan lalu diam (tidak balik lagi ke kiri), maka kapasitor dalam kondisi sudah rusak.

Kapasitor yang telah rusak dapat kita ganti dengan yang baru tanpa harus merubah posisi rangkaian kabelnya. Harga kapasitor mesin cuci yang baru dijual sekitar Rp 25.000 – Rp 40.000, ini merupakan harga ketika artikel ini ditulis.

Dalam pembelian kapasitor yang perlu diperhatikan adalah besaran kapasitas kapasitor. Pastikan kapasitasnya sama dengan yang hendak kita ganti. Misalnya kapasitas kapasitor mesin cuci kita sebesar 10 microfarad (μF), maka juga harus diganti dengan kapasitas 10 microfarad (μF).

Baca juga: Supaya mesin cuci tidak bergeser posisinya

Setelah kita cek ternyata kapasitornya masih bagus atau sudah rusak namun telah diganti, maka langkah selanjutnya yaitu mengecek apakah putaran tabung mesin cuci sudah bisa berputar cepat?.

Jika putaran tabung mesin cuci sudah kembali normal dan bisa berputar dengan cepat, maka dapat disimpulkan bahwa kerusakannya terdapat pada kapasitornya. Namun apabila ternyata masih tetap tidak bisa berputar cepat atau bahkan berhenti, maka langkah selanjutnya yaitu mengecek keadaan dinamonya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.