Agar Mesin Cuci Tidak Bergeser

Tips Agar mesin cuci tidak bergeser dan bergetar saat mengeringkan cucian
Tips Agar mesin cuci tidak bergeser dan bergetar saat mengeringkan cucian

Banyak yang bertanya bagaimana caranya agar mesin cuci tidak bergeser dan bergetar saat kita melakukan pengeringan?.

Nah, sebelum menjawab pertanyaan ini, alangkah baiknya kita memahami proses pengeringan cucian pada mesin cuci terlebih dahulu agar wawasan kita menjadi lebih luas.

Memahami proses pengeringan mesin cuci secara sederhana

Mesin cuci dalam proses pengeringan pakaian basah memanfaatkan gaya sentrifugal yakni gaya yang muncul pada benda yang sedang berputar pada porosnya, dimana arah gaya ini semakin menjauh dari pusat putaran.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tabung atau wadah pengering mesin cuci dibuat berbentuk tabung dimana dindingnya terdapat banyak sekali lubang-lubang kecil. Lubang ini fungsinya sebagai tempat keluarnya air yang meresap pada pakaian. Di bawah wadah pengering ini terdapat pula pemutar dinamo listrik.

Ketika kita menyalakan atau meng-ON-kan saklar, maka dinamo listrik akan berputar sehingga wadah pengering juga akan ikut berputar yang secara otomatis akan muncul gaya sentrifugal. Semakin besar putarannya, maka gaya sentrifugal akan semakin besar pula.

Gaya sentrifugal ini menyebabkan air dan pakaian terdorong menjauhi pusat putaran lalu menempel pada dinding wadah pengering. Pakaian akan tertahan dinding wadah pengering sedangkan air akan terlempar keluar dari wadah melalui lubang-lubang kecil pada wadah pengering lalu dialirkan keluar mesin cuci melalui saluran pipa.

Dalam kehidupan sehari-hari, efek gaya sentrifugal ini bisa kita amati pada beberapa peristiwa berikut ini. Misalnya pada musim hujan, roda sepeda motor yang berputar akan mendorong air menjauh dari pusat putaran. Selain itu, kita juga dapat melakukan praktek yang sederhana.

Cobalah ambil 1 baju atau kain yang sebelumnya telah kita basahi dengan air. Lalu coba putar-putar kain basah tersebut. Maka, gaya sentrifugal akan mendorong air yang ada di dalam kain basah tersebut keluar dari kain (muncrat).

Jika kita putar berulang-ulang, maka lama kelamaan air yang ada di dalam pakaian akan habis dengan demikian kain akan menjadi kering. Seperti inilah prinsip kerja mesin pengeringan cucian pada mesin cuci.

Baca juga: Penyebab mesin cuci tidak bisa muter

Lalu apa tipsnya agar mesin cuci tidak bergeser dan bergetar?

  1. Tempatkan mesin cuci pada lantai yang datar, jangan lantai yang miring.
  2. Sisipkan keset anti slip pada kaki mesin cuci atau di bawah mesin cuci. Beli kesetnya 1 buah saja, lalu kita potong menjadi 4 buah.
  3. Sebelum dimasukkan ke mesin pengering, peras cucian yang masih basah secara manual pakai tangan terlebih dahulu. Hal ini dapat mengurangi beban kerja mesin pengering.
  4. Susunlah pakaian yang lebih berat berada di bawah, barulah pakaian yang lebih ringan berada di atasnya. Misalnya, paling bawah celana jin, selimut setelah itu di atasnya ada baju kaos, lalu di atasnya lagi kita tempatkan celana dalam, kaos dalam yang lebih ringan.
  5. Jangan mengisi tabung atau wadah pengering di atas kapasitasnya agar kerja mesin tidak berat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.