Bagian-Bagian Kulkas

Bagian-bagian kulkas
Gambar posisi bagian-bagian kulkas

Ada 13 bagian-bagian kulkas dan fungsinya yang harus kita ketahui agar wawasan kita tentang kulkas bisa bertambah dan lebih luas. Ini penting karena kulkas merupakan salah satu perangkat elektronik populer yang hampir semua orang memilikinya.

Pada dasarnya, komponen pada kulkas 1 pintu dengan kulkas 2 pintu itu hampir sama. Adapun yang membedakannya hanyalah adanya komponen tambahan pada kulkas 2 pintu misalnya defrost.

Bagian-bagian kulkas beserta gambar kulkas dan fungsinya yang akan kita bahas kali ini meliputi kompresor, overload, thermostat, kondensor, filter, pipa kapiler, katup ekspansi, evaporator, kipas angin, defrost & fuse, refrigerator damper, timer dan lampu.

Kita bisa melihat posisi komponen-komponen tersebut seperti pada gambar ilustrasi di atas namun yang perlu digarisbawahi adalah desain kulkas setiap merk bisa saja berbeda.

  1. Kompresor

Kompresor merupakan salah satu komponen kulkas yang sangat penting. Di dalam kompresor terdapat piston, zat (cairan/gas) pendingin, pelumas, motor penggereak dan sebagainya. Adapun fungsinya yakni memompa gas pendingin ke seluruh bagian kulkas melalui saluran pipa-pipa. Bisa diibaratkan seperti jantung.

  1. Overload

Overload merupakan komponen yang berfungsi seperti saklar otomatis yang sensitif terhadap perubahan temperatur. Ada 2 model penempatan overload yakni bisa menempel di kompresornya dan ada pula yang penempatannya terpisah dari kompresor.

Komponen ini akan memutus aliran listrik jika mesin kompresor mengalami kenaikan temperatur diatas ambang batasnya sehingga kompresor menajdi mati. Jika temperatur sudah turun dibawah ambang batasnya, maka overload akan menyambungkan kembali arus listrik sehingga kompresor akan menyala.

Bagian kulkas dan fungsinya
  1. Thermostat (temperatur kontrol)

Thermostat merupakan sensor suhu yang dibekali dengan saklar listrik yang tersambung dengan kompresor. Cara kerjanya yakni jika suhu di dalam kulkas sudah mencapai besaran yang ditentukan, maka ia akan memutus arus listrik pada kompresor sehingga kompresor akan berhenti bekerja.

Akan tetapi jika suhu di dalam kulkas belum mencapai suhu yang ditentukan, maka arus listrik akan tersambung ke kompresor sehingga kompresor akan menyala.

  1. Kondensor

Kondensor merupakan bagian kulkas yang berfungsi membuang panas gas Freon sehingga suhunya mengalami penurunan hingga wujudnya berubah menjadi cair. Pada umunya, kondensor terbuat dari besi atau tembaga.

  1. Filter (Receiver Drier)

Cairan pendingin setelah dari kondensor kemudian akan mengalir melewati filter. Disini filter akan menyaring kotoran dan partikel-partikel yang larut dengan zat pendingin. Pada kondisi normal, filter ini akan hangat saat kulkas menyala namun jika tidak hangat berarti filter telah buntu dan perlu diganti.

  1. Pipa kapiler

Pipa kapiler ibaratnya seperti pembuluh darah. Komponen ini dibuat dari bahan tembaga yang berbentuk pipa dengan diameter sangat kecil, sekitar 0,24 inchi hingga 0,4 inchi.

Fungsi pipa kapiler yaitu menyalurkan zat pendingin ke seluruh bagian kulkas serta menjaga agar tekanan pada proses kondensasi dan evaporasi tetap sebagaimana mestinya.

  1. Katup ekspansi

Katup ekspansi berfungsi mengontrol aliran Freon (zat pendingin) yang nantinya dialirkan menuju evaporator. Selain itu juga, komponen ini dapat menurunkan suhu zat pendingin atau refrigeran hingga 20 OC dan tekanan 0,6 bar.

  1. Evaporator

Evaporator merupakan alat penguap yang terbuat dari alumunium atau tembaga. Komponen ini bersifat sensitif terhadap temperatur dan akan mendinginkan udara di sekitarnya.

  1. Kipas angin

Kipas angin berfungsi menyebarkan udara dingin ke seluruh ruangan kulkas sehingga proses pendinginan di dalam kulkas bisa lebih cepat dan merata.

  1. Defrost dan fuse

Defrost berfungsi sebagai pemecah bunga es dengan cara memanaskannya. Letaknya menempel pada pipa evaporator. Sedangkan fuse merupakan sensor sensitif suhu yang akan menghidupkan dan mematikan kerja defrost.

Cara kerjanya, jika evaporator suhunya dibiarkan terus-menerus telalu rendah maka dapat terbentuk bunga es. Nah untuk mencegah hal ini, maka fuse akan menyambungkan aliran listrik ke pemanas defrost (heater) sehingga suhu akan naik dan bunga es tidak akan ada. Namun apabila telah mencapai ambang batas, maka fuse akan mematikan aliran listrik ke defrost agar tidak mengalami overhead (kelebihan panas)

Komponen kulkas dan fungsinya
  1. Rafrigerator Damper

Refrigerator damper merupakan pintu atau katup buka-tutup yang digerakkan oleh dinamo. Katup ini akan tertutup jika suhu di kulkas bagian bawah telah sesuai yang diharapkan sehingga udara dingin tidak turun dari kulkas bagian atas. Namun akan terbuka jika suhu di bagian bawah belum mencapai titik yang diharapkan sehingga udara dingin dari kulkas bagian atas akan mengalir turun ke bawah.

  1. Timer

Timer ini merupakan bagian kulkas yang mengatur kapan mesin kompresor akan menyala dan kapan waktunya mesin akan mati/stanby.

  1. Lampu

Lampu berfungsi menerangi ruangan di dalam kulkas agar kita bisa melihat dengan jelas barang yanga ada di dalamnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.