Penyebab Kulkas 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin

Penyebab kulkas 2 pintu bagian bawah tidak dingin
Sumber Gambar Kulkas: osaba_shop1820 (Tokopedia.com)

Penyebab kulkas 2 pintu bagian bawah tidak dingin pada umumnya disebabkan adanya kerusakan pada 5 komponen berikut yakni kipas bagian dalam, defrost, fuse, timer dan refrigerator damper. Bukan masalah mesin kompresor rusak dan freon yang habis.

Nah, dari kelima komponen di atas, yang paling sering rusak adalah defrost, fuse dan timer. Kita bisa mengganti komponen ini dengan membeli yang baru. Tentu tipenya disesuaikan dengan merk kulkas yang kita miliki. Misalnya kulkas merk Sharp dibelikan komponen merk sharp, jangan LG.

Proses pendinginan pada kulkas 2 pintu secara umum

Sebelum membahas tentang penyebab kulkas 2 pintu bagian bawah tidak dingin alangkah baiknya kita mengerti dan memahami proses pendingan pada kulkas 2 pintu secara garis besarnya.

Pada kulkas 2 pintu, proses pendinginan udara oleh evaporator berada pada pintu bagian atas, lebih tepatnya di dinding belakang bagian dalam. Yang kemudian udara dingin tersebut disebarkan oleh kipas ke seluruh ruangan atas dan ruangan bawah.

Ada defrost dan fuse yang mengatur penghangatan dalam kulkas agar temperatur tetap terkontrol, bunga es mencair dan tidak berlebihan yang dapat menyumbat lubang angin menuju ke ruangan bawah sehingga udara dingin tidak bisa turun ke kulkas bagian bawah. Tentu, ini akan menyebabkan kulkas 2 pintu bagian bawah tidak dingin.

Pada ruangan bawah, lebih tepatnya di dinding belakang bagian dalam terdapat timer dan refrigerator damper. Timer berfungsi mengatur waktu hidup dan matinya kompresor. Sedangkan refrigerator damper berfungsi seperti katup otomatis yang bisa terbuka dan tertutup.

Jika temperatur kulkas bagian bawah kurang dingin, maka katup akan membuka pada saat pintu kulkas bawah ditutup. Dan katup akan tertutup jika temperatur kulkas bagian bawah sudah tepat sesuai dengan yang kita inginkan. Nah, kedua komponen ini jika rusak, maka akan menyebabkan kulkas 2 pintu bagian bawah menjadi tidak dingin.

Cara memperbaiki kulkas 2 pintu yang bagian bawahnya tidak dingin

1. Kulkas harus dalam kondisi mati

Matikan dulu kulkasnya, cabut kabelnya yang terhubung dengan kontak pada listrik rumah kita.

Diamkan kulkas selama 24 jam dengan kondisi pintu terbuka, supaya bunga es meleleh dan tidak dingin.

Pada bagian belakang di dalam kulkas pintu atas kita lepas bautnya lalu dicongkel keluar. Jika berat berarti masih ada bunga es yang membuatnya merekat keras. Maka jangan dipaksa, kita tunggu sampai bunga es benar-benar hilang.

Setelah dinding belakang bagian dalam di pintu atas terbuka, maka ada yang namanya evaporator (berupa pipa meliuk-liuk), defrost (untuk mencairkan bunga es), fuse kulkas/ thermal fuse (semacam saklar sensitif suhu yang akan mematikan defrost pada batas tertentu tertentu agar tidak overhead) dan sebuah kipas (menyebarkan udara dingin di pintu atas dan bawah).

Kipas angin kulkas 2 pintu

2. Cek kondisi kipas angin

Mula-mula kita cek kondisi kipas angin, apakah masih baik atau sudah rusak. Caranya kita tancapkan kabel kulkas ke kontak listrik rumah. Lalu kita lihat, jika kipas bisa berputar berarti kondisinya masih baik. Setelah itu cabut kembali kabel kulkasnya dari kontak listrik rumah.

3. Cek kondisi defrost dan fuse apakah masih baik atau sudah rusak

Seringkali jika kita tidak ingin ribet, lebih baik kita beli langsung yang baru. Biasanya defrost dan fuse sudah dijual dalam satu paket. Cukup potong kabelnya dan ganti dengan komponen yang baru dengan cara disambung kembali pakai isolasi hitam. Pasangan kabel boleh bolak-balik, tidak masalah.

Defrost dan fuse pada kulkas

Tapi kalau mau mengecek kondisinya bagaimana caranya?.

Kita bisa mengecek kondisi fuse dengan cara potong kedua kabel fuse lalu tempelkan atau pasangkan ke kaki multimeter. 1 kaki multimeter dipasangkan dengan 1 kabel fuse lalu 1 kaki lainnya dari multimeter dipasangkan dengan 1 kaki lainnya dari fuse. Apabila jarum pada multimeter tidak bergerak, maka dapat dipastikan bahwa fuse rusak dan harus diganti. Begitupula dengan defrost.

Nah, disini pastikan ketiga komponen di atas sudah baik, tidak mengalami kerusakan lalu kita tutup kembali dan kuatkan dengan memasang baut-bautnya.

4. Ganti timer dengan yang baru

Buka bagian dinding belakang bagian dalam di pintu kedua menggunakan obeng dan cungkel sedikit.

Pada timer lama kita lepaskan kabelnya dengan menarik songketnya. Setelah itu timer yang baru kita pasangkan. Pastikan songketnya terhubung dengan pas dan kencang (tidak renggang).

timer dan refrigerator damper kulkas

5. Cek kondisi refrigerator damper

Refrigerator damper berfungsi menyalurkan dingin dari atas ke bawah, ada semacam katup (pintu) yang bisa membuka jika temperatur belum cukup dan akan menutup jika temperatur tercukupi.

Alat ini akan hidup ketika switch (saklar) terpencet saat pintu kulkas bagian bawah ditutup. Kita bisa tes kondisi refrigerator dengan cara menekan switch (saklar) pada dinging kulkas bagian dalam dekat pintu bawah, maka normalnya pada katupnya harus terbuka.

Apabila katupnya tidak terbuka, maka ada kerusakan di dalamnya. Ini yang menyebabkan kulkas pada bagian bawah tidak dingin. Ketika hendak mengetes, sambungkan kabel listrik kulkas ke kontak listrik rumah terlebih dahulu. Jangan lupa, jika sudah, maka cabutlah kembali kabel listriknya.

Di dalam refrigerator damper ada generator dan roda-roda bergigi. Pada generatornya ada dinamo, jika dinamonya berkarat dapat menyebabkan macet alias tidak bisa berputar, maka kita bisa bersihkan dulu dengan contact cleaner, yang merupakan produk kimia pengilang karat. Cairan pembersih ini mudah menguap dan biasa digunakan untuk membersihkan karat pada peralatan elektronik. Semprot contact cleaner pada bagian dinamonya sambil disikat pakai sikat gigi.

Setelah itu kita cek kumparan di dalam dinamonya, apakah kumparannya terputus atau masih tersambung‚Äč?. Disitu akan ada 4 kaki, artinya ada 2 pasang. Dengan menggunakan alat yang bernama Multi Meter (Atur ke Ohm Meter), kita pasangkan kakinya 1 dengan 3 dan 2 dengan 4. Jika kedua pasangan memiliki nilai hambatan berarti dapat disimpulkan bahwa kumparan di dalam dinamo masih tersambung alias bagus.

Nah, demikian 5 komponen kulkas yang dapat sebagai penyebab kulkas 2 pintu bagian bawah tidak dingin. Dengan memahami permasalahannya beserta solusinya, diharapkan kita bisa memperbaikinya sendiri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.