Penyebab Kulkas Tidak Dingin

9 penyebab kulkas tidak dingin
9 penyebab kulkas tidak dingin

Penyebab kulkas tidak dingin bisa dikarenakan adanya kelalaian dari si pemilik bahkan ada juga yang disebabkan adanya gangguan atau kerusakan dari komponen kulkas.

Tentu kedua hal tersebut selain dapat mengakibatkan kulkas menjadi tidak dingin secara tiba-tiba, dan juga bisa menyebabkan pemborosan listrik atau kerugian lainnya.

Berikut 9 penyebab kulkas di rumah kita menjadi tidak dingin secara tiba-tiba. Kita urutkan mulai dari penyebab yang paling ringan.

  1. Pintu kulkas tertutup kurang rapat

Pastikan pintu kulkas harus tertutup dengan rapat agar udara panas yang ada di dalam ruangan tidak masuk ke dalam kulkas.

Kecerobohan kita biasanya menaruh barang-barang yang ukurannya besar dan menonjol keluar hingga menekan pintu kulkas ke arah luar, misalnya baskom plastik, wadah nasi anyaman dsb sehingga ketika kita menutup pintu kulkas, maka tidak akan bisa tertutup rapat bahkan kulkas akan terbuka dengan sendirinya akibat dari dorongan dari benda tersebut.

Penyebab lainnya yakni kerusakan pada karet elastis pada bagian pintu yang fungsinya untuk mencegah udara panas dari luar masuk ke dalam kulkas (kedap udara luar). Pastikan karet ini dalam kondisi baik.

  1. Kulkas berada di ruangan bersuhu udara panas

Suhu ruangan tempat kita menaruh kulkas juga penting untuk membantu proses pendinginan kembali gas freon agar menjadi cair di kondensor. Kondensor letaknya di kulkas bagian belakang.

Untuk itu, jangan letakkan kulkas di tempat yang panas atau berdekatan dengan peralatan rumah tangga yang menghasilkan udara panas, misalnya kompor, pemanas ruangan, oven dll.

  1. Pengatur suhu jangan dimatikan (off)

Di dalam kulkas ada putaran untuk pengatur suhu, pastikan itu tidak dalam kondisi off. Kita bisa mengaturnya menjadi minimal, mid dan maksimal. Sesuaikan dengan kebutuhan, semakin banyak makanan dan minuman di dalam kulkas, maka putar menuju arah maksimal.

  1. Suka menyimpan makanan atau minuman panas

Terkadang anak kita atau anggota keluarga ada yang tidak tahu terkait larangan menyimpan makanan dan minuman yang masih panas di dalam kulkas. Perilaku ini harus dihindari.

Pastikan, makanan dan minuman yang hendak disimpan dalam kondisi dingin. Jika masih panas, maka kita bisa dinginkan menggunakan kipas angin. Setelah dingin barulah disimpan di dalam kulkas.

Makanan dan minuman yang masih panas dapat mempengaruhi suhu ruangan di dalam kulkas sehingga suhu akan naik dalam beberapa waktu.

  1. Adanya kerusakan pada kompresor

Kompresor bisa diibaratkan sebagai jantungnya kulkas. Dialah yang berperan dalam memompa gas refrigerant (misalnya Freon) ke seluruh bagian kulkas.

Jika kulkas belum mencapai suhu yang ditentukan, maka kompresor akan menyala. Kita bisa mendengarkan dengungan bunyi kompresor yang letaknya berada di kulkas bagian belakang, paling bawah. Apabila suhu sudah sesuai, maka kompresor akan mati secara otomatis.

Adanya kerusakan pada kompresor akan mengakibatkan tidak mengalirnya fluida pendingin (refrigerant) sehingga udara panas di dalam kulkas tidak bisa diserap refrigerant dan dibawa keluar kulkas.

Baca: Bagian kulkas beserta gambarnya

  1. Ada kebocoran pipa sehingga Freon habis

Freon ini merupakan salah satu macam refrigerant, yakni zat pendingin yang menyerap energi kalor di dalam lemari es/kulkas. Dia bergerak mengikuti pipa-pipa besi yang bersifat sensitif terhadap perubahan suhu ke seluruh bagian dalam kulkas. Jika pipa ini bocor, maka Freon akan keluar dari kulkas dan habis. Tanpa Freon, maka kulkas tidak akan dingin.

  1. Bunga es terlalu banyak hingga menutupi lubang angin

Pastikan bunga es tidak terlalu banyak bahkan kalau bisa tidak ada (di kulkas versi teknologi terbaru, bunga es tidak ada). Apabila bunga es banyak, kita bisa memencet tombol penghilang bunga es yang letak tombolnya biasanya berdekatan dengan tombol pengaturan suhu.

Jika bunga es sampai menutupi lubang angin tempat udara diputar untuk didinginkan melalui evaporator, maka proses pendinginan bisa terganggu.

  1. Kipas di dalam kulkas rusak

Kipas di dalam kulkas fungsinya yaitu membantu meratakan udara dingin ke seluruh bagian dalam kulkas. Pastikan kipas berfungsi dengan baik.

  1. Evaporator rusak

Peran evaporator atau alat penguap hawa dingin ini sangat penting. Udara yang mendekati evaporator akan terserap energi kalornya hingga suhunya turun. Nah, udara yang suhunya turun inilah yang kemudian dikipasi agar menyebar ke seluruh bagian dalam kulkas.

Evaporator juga bisa rusak. Dulu ayah saya pernah tidak sengaja merusaknya. Pada bagian pipanya tidak sengaja terkena pisau saat hendak mengambil es batu yang lengket di freezer.

Alih-alih mencongkel es batu dengan pisau, justru yang ada malah meleset dan membocorkan pipa evaporator. Hal ini membuat freon habis keluar dan kulkas menjadi tidak dingin.

Demikian 9 penyebab kulkas tidak dingin yang bisa terjadi di kehidupan kita. Kamu bisa juga membaca artikel berjudul perubahan energi pada kulkas agar mengerti sistem kerja kulkas itu kayak gimana.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.