Air Terjun Banyunibo

Air Terjun banyunibo bantul Jogjakarta

Salah satu wisata air terjun di jogja yaitu air terjun banyunibo yang terletak di daerah Kabrokan Kulon, Kelurahan Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Air terjun banyunibo biasa juga disebut sebagai Curug Banyunibo, diambil dari istilah bahasa Jawa yang jika dalam bahasa Indonesia berarti air yang terjatuh.

Gambar. Air terjun Banyunibo merupakan salah satu objek wisata Jogja yang menonjolkan aspek lingkungan hijau (Foto: Siswapedia)

Demografi Air Terjun

Air terjun ini sebenarnya bukanlah air terjun melainkan air sungai yang menuruni lereng curam dengan sudut kemiringan lereng sekitar 70 derajat dari permukaan tanah datar.

Keadaan ini berbeda dengan air terjun yang airnya menuruni lereng dengan sudut sekitar 90 derajat sehingga air akan terjun, sedangkan di Banyunibo, airnya tidak terjun melainkan menuruni atau mengaliri lereng.

Gambar. Puncak air terjun Banyunibo (Foto: Siswapedia)

Pengunjung bisa naik ke bagian atas air terjun dengan cara melewati jalan setapak yang terdapat di sisi kanan dan kiri tebing curam.

Panorama yang tersaji berupa air sungai yang seolah-olah mengalir di atas undak-undakan tangga. Hal ini dikarenakan dasar sungainya seperti undak-undakan tangga yang terbentuk secara alami (Baca juga: Air terjun grojogan sewu).

Gambar. Air sungai menuruni tebing yang permukaannya seperti undak-undakan tangga (Foto: Siswapedia)

Di objek wisata Jogja yang satu ini berada di perkampungan penduduk yang dikelilingi oleh perkebunan-perkebunan seperti tanaman pohon jambu air (Syzygium Aqueum), pohon palema kipas (Livistona Chinensis), tumbuhan salak dan tanaman lainnya.

Selain itu fasilitas umum yang telah tersedia antara lain toilet, tempat parkir dan warung yang menjajakan aneka makanan dan minuman ringan. Selebihnya fasilitas lainnya seperti masjid dapat menumpang di masjid milik kampung.

Sedangkan tiket masuk pertanda tanggal 19 Mei 2015 masih belum diberlakukan. Para pengunjung hanya akan dibebani biaya parkir sebesar Rp 2000,-/motor.

Gambar. Grojogan mini di air terjun Banyunibo (Foto: Siswapedia)

Sama seperti halnya di objek wisata pada umumnya, di Banyunibo juga terdapat sejumlah peraturan yang mengikat seluruh pengunjung, yaitu:

1. Dilarang membuang sampah sembarangan.
  2. Dilarang membawa obat-obatan terlarang dan minuman keras.
  3. Dilarang membawa senjata api dan senjata tajam.
  4. Dilarang berkata-kata kotor di kawasan objek wisata Curug Banyunibo.
  5. Dilarang berbuat hal-hal yang melanggar hukum dan norma yang berlaku di masyarakat.
  6. Batas jam kunjung Curug Banyunibo adalah pukul 17.00 WIB.

Denah lokasi Objek Wisata Jogja Air Terjun Banyunibo

Lokasi objek wisata ini berdekatan dengan Goa Selarong dan Curug Pulosari, jika dilalui dengan sepeda motor hanya menempuh waktu kurang lebih sepuluh menit. Denahnya bisa dilihat di bawah ini.

Gambar. Denah lokasi objek wisata air terjun Banyunibo

Jika Anda berasal dari arah Jogja, silahkan melewati jalan Bantul dan jalan lurus ke selatan hingga menemukan Masjid Agung Bantul.

Kemudian jalan ke arah barat hingga kemudian mendapati tikungan tajam sehingga arah kendaraan Anda berubah menuju ke arah selatan.

Nah, di perempatan pertama, ambilah jalan ke arah barat hingga melewati jembatan dan tiba di sebuah pertigaan.

Jika mengambil arah ke utara, maka akan menuju ke Goa Selarong. Nah, disini kita ambil arah ke selatan hingga melewati LP atau lembaga pemasyarakatan Pajangan.

Kemudian jalan terus ke barat dengan kondisi jalan menanjak tapi sudah beraspal halus. Jalanlah terus hingga kemudian terdapat tikungan ke barat daya dan arah barat.

Tetaplah ambil arah ke barat dengan kondisi jalanan tak beraspal, bertanah dan berbatu. Ikuti jalan desa ini hingga menemukan papan petunjuk arah menuju Air Terjun Banyunibo.

Jika ditotal, maka jarak dari Kota Yogyakarta sekitar 20 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan (Baca juga: Goa Cemara).