Wisata Jogja Goa Selarong

       

Wisata Jogja Goa Selarong – Salah satu tempat wisata Jogja yang memiliki arti sejarah yaitu Goa Selarong. Tempat wisata ini terletak di daerah Dusun Kembang Putihan, Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Bantul.

Lingkungan yang sri dan sejuk di objek wisata jogja Goa Selarong

Gambar. Lingkungan yang sri dan sejuk di objek wisata jogja Goa Selarong (Foto: Siswa Team)

Goa Selarong merupakan tempat sementara sebagai markas gerilya Pangeran Diponegoro dan rakyat pribumi dalam perjuangan melawan penjajahan Belanda pada tahun 1825 hingga 1830. Di tempat inilah Pangeran Diponegoro menyusun strategi peperangan setelah sebelumnya tempat tinggalnya di daerah Tegalrejo (Magelang, Jawa Tengah) dihancurkan oleh Belanda. Setelah tempat tinggalnya di hancurkan, Pangeran Diponegoro melakukan pelarian ke arah barat sampai di daerah Kulon Progo kemudian bergerak ke selatan hingga menemukan Goa Selarong ini.

Kondisi objek wisata Goa Selarong

Gambar. Kondisi objek wisata Goa Selarong a) mainan anak b) penjaja makanan, c) air terjun (Foto: Siswa Team)

Di Goa Selarong terdapat dua goa utama yaitu Goa Kakung dan Goa Putri. Goa Kakung dahulu ditempati oleh pangeran Diponegoro sedangkan Goa Putri ditempati oleh istrinya yang bernama Raden Ayu Retnoningsih yang merupakan istri yang setia mendampingi dalam berjuang setelah kedua istri Pangeran Diponegoro meninggal dunia.

Goa Kakung dan Goa Putri

Gambar. a) Goa Kakung dan b) Goa Putri (Foto: Siswa Team)

Setelah Belanda menyerang Tegalrejo, dimulailah sebuah perang besar yang akan berlangsung selama 5 tahun lamanya. Perang ini dikenal dengan nama Perang Jawa. Dalam kepemimpinan Pangeran Diponegoro, rakyat pribumi mampu bersatu dengan slogan “Sadumuk bathok, sanyori bumi, dikohi tekan pati”, yang maknanya Sejari kepala, Sejangkal Tanah dibela sampai mati. Saat dalam perang gerilya, Pangeran Diponegoro sangat sulit untuk ditangkap dan dikalahkan hingga akhirnya Belanda melakukan tipu muslihat dengan mengadakan perundingan. Setelah berhasil ditangkap, kemudian Beliau di asingkan di Makassar hingga wafat (Baca Juga: Pantai Goa Cemara).

Tebing-tebing tinggi menjulang di mulut Goa Selarong

Gambar. Tebing-tebing tinggi menjulang di mulut Goa Selarong (Foto Siswa Team)

Fasilitas di Goa Selarong tergolong sangat lengkap mulai dari loket wisata, parkir yang luas, mushola, aneka penjaja makanan ringan dan souvenir. Selain itu disini terdapat pula tempat bermain anak-anak seperti ayunan dll dan dua air terjun yang hanya akan dialiri air dengan debit yang cukup banyak saat musim penghujan tiba. Letak goa kakung dan goa putri berada di atas pegunungan sehingga pengunjung harus menaiki tangga setinggi dua puluhan meter dengan kemiringan sekitar 30 derajat. Harga tiketnya sebesar Rp 3.000,-/orang dengan biaya sewa parkir sebesar Rp 2.000,-/motor (Baca juga: Pantai Timang).

Denah lokasi wisata Jogja Goa Selarong

Denah lokasi wisata Goa Selarong dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Denah lokasi Goa Selarong

Gambar. Denah lokasi Goa Selarong

Jika dari arah Kota Jogjakarta teruslah berjalan melalui Jalan Bantul sekitar 18 km menuju arah selatan dan jangan berbelok sampai masuk ke Kota Bantul. Di ujung jalan bantul akan ada perempatan Klodran dimana di pojok barat daya terdapat Masjid Agung Manunggal Bantul. Lalu beloklah ke arah barat dan ikuti jalannya sampai ada tikungan tajam 90 derajat berubah ke arah selatan. Sekitar 50 meter darisini ada perempatan pertama kemudian ambil arah ke barat melewati jembatan dan ada pertigaan pertama. Ambilah jalan ke utara terus hingga ada gapura wisata Jogja Goa Selarong.

Disini jalanannya berupa jalan aspal dengan kondisi yang sangat baik dengan papan petunjuk arahnya yang sangat lengkap. Untuk menuju ke Objek wisata Goa Selarong hendaknya menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada akses kendaraan umum. Objek wisata ini dibuka dari sekitar pukul 07.00 wib hingga pukul 17.00 sore (Baca juga: Pantai Parangtritis).

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *