Wisata Jogja Grojokan Lepo

Wisata Jogja Grojokan Lepo – Salah satu tempat wisata Jogja yang menampilkan keindahan alam yaitu Grojokan Lepo atau air terjun Lepo yang letaknya di Dusun Pokoh I, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisata Jogja Air Terjun Lepo

Gambar. Wisata Jogja Air Terjun Lepo (Foto: Siswa Team)

Grojokan Lepo juga dikenal dengan nama lain yaitu Air Terjun Ledok Pokoh yang tak lain adalah kepanjangan dari kata Lepo itu sendiri. Lepo (Ledok Pokoh) berasal dari kata “ledok” yang merupakan istilah dalam bahasa jawa yang berarti cekungan sehingga bila diartikan akan bermakna “cekungan yang letaknya di Dusun Pokoh” (Baca juga: Air Terjun Kedung Pedut).

Tempat berenang di Objek Wisata Grojokan Lepo

Gambar. Tempat berenang di Objek Wisata Grojokan Lepo (Foto: Siswa Team)

Objek wisata Grojokan Lepo ini terletak di sebuah lembah yang diapit oleh dua buah pegunungan seribu yang asri dan hijau karena banyak ditumbuhi aneka pepohonan dan persawahan warga. Air akan mengalir dari sungai yang memiliki dasar berundak-undak seperti tangga. Air sungai ini pada mulanya berada di ketinggian sekitar 5 meter kemudian terjun ke bawah dimana di bawahnya terdapat kolam. Lalu air tersebut kemudian akan mengalir lagi dan terjun lagi dari ketinggian sekitar 10 meter dari permukaan tanah di bawahnya hingga akhirnya air akan menuju ke arah tenggara dan bersatu dengan air yang berasal dari Air Terjun Sri Gethuk, Gunung Kidul yang pada akhirnya akan bermuara di Sungai Oyo lalu ke Samudera Indonesia (Baca juga: Gunung Api Purba Nglanggeran).

Panorama hijau di sekitar Air Terjun Ledok Pokoh

Gambar. Panorama hijau di sekitar Air Terjun Ledok Pokoh (Foto: Siswa Team)

Wisata Jogja Grojokan Lepo terdapat di dekat perumahan warga sehingga managemen pengelolaannya dilakukan oleh organisasi warga setempat atau yang dinamakan sebagai Pok Darwis yang merupakan singkatan Kelompok Sadar Wisata. Adapun fasilitas yang tersedia antara lain musholla, toilet, tempat parkir, penyewaan celana peralatan berenang serta aneka penjaja makanan dan minuman ringan. Saat Siswa Team berkunjung yaitu pada tanggal 16 Mei 2015, belum ada tiket retribusi sehingga para pengunjung hanya dikenakan tarif sewa parkir sebesar Rp 2.000,-/motor (Baca juga: Air Terjun Kembang Soka).

Air sungai di Ledok Pokoh

Gambar. Air sungai di Ledok Pokoh (Foto: Siswa Team)

Denah Lokasi Wisata Jogja Grojokan Lepo

Bila kita berasal dari Kota Jogja, kita bisa menuju tempat wisata ini di mulai dari Terminal Giwangan Jogja kemudian jalan ke arah selatan melalui jalan imogiri timur sejauh sekitar 18 km. Rute yang kita lalui ini searah sama halnya bila kita ingin ke Kebun Buah Mangunan. Untuk lebih jelasnya lihat denahnya berikut ini.

Denah lokasi Wisata Jogja Grojogan Lepo

Gambar. Denah lokasi Wisata Jogja Grojogan Lepo

Bila telah sampai di pertigaan yang bila jalan ke arah timur akan sampai di pinus, ke arah tenggara menuju daerah Pokoh dan ke selatan menuju Kebun Buah Bangunan, maka ambilah jalan ke arah Daerah Pokoh. Disini kondisi jalanan beraspal sangat baik dengan kontur naik turun layaknya jalanan di pegunungan dimana di sepanjang jalan merupakan area hutan. Teruslah berjalan sekitar 5 km hingga kemudian ada papan petunjuk arah berukuran kecil bertulisan Air Terjun Lepo yang menunjuk arah selatan.

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan