Air Terjun Kedung Pedut

Air terjun kedung pedut

Gambar. Air terjun kedung pedut (Foto: Siswa Team)

Air terjun kedung pedut merupakan objek wisata yang berupa air terjun yang terletak di daerah Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Air terjun ini bukanlah merupakan air terjun musiman karena debit air yang mengalir tetap ada meski sedang musim kemarau.

Sama seperti air terjun pada umumnya yakni di daerah Girimulyo, air terjun kedung pedut ini terletak di bawah lereng pegunungan menoreh sehingga bila kita ingin mengunjunginya, maka kita harus menempuh jalan setapak (turun ke bawah) melewati perkampungan dan perkebunan warga. Jalan setapak yang harus dilalui berupa jalan beralas tanah yang dipasangi pagar kayu sebagai pengaman.

Jalan setapak menuju air terjun kedung pedut

Gambar. Jalan setapak menuju air terjun kedung pedut (Foto: siswa team)

Fasilitas di lokasi wisata ini cukup kuomplit, ada mushola, toilet, tempat parkir, tempat tiket masuk wisata (meskipun hanya sederhana), warung penjaja makanan yang menjual aneka makanan dan minuman ringan serta menjual buah-buahan seperti rambutan, durian dan manggis. Selain itu, disini juga terdapat kolam renang alami yang cukup dalam sehingga pengunjung dapat berendam atau hanya basah-basahan saja.

Jarak yang harus di tempuh bila kita memulai perjalanan dari tugu Yogyakarta yaitu sekitar 40 km ke arah barat dengan waktu perjalanan sekitar 90 menit. Bila telah sampai di perbukitan menoreh, di sepanjang perjalanan kita akan melihat keindahan persawahan dan perkebunan. Adapun keadaan jalannya sudah beraspal dengan kondisi cukup baik namun kondisi medannya naik-turun (ciri khas jalanan di pegunungan). Di sepanjang jalan sangat sepi dimana jarang terdapat bengkel dan pom Bensin. Untuk itu, bila ingin berkunjung di tempat ini, pastikanlah keadaan anda dan kendaraan anda dalam kondisi sangat baik.

Wisata pemandian air terjun kedung pedut

Gambar. Wisata pemandian air terjun kedung pedut (Foto: Siswa Team)

Biaya tiket masuk air terjun kedung pedut sebesar Rp 2000,-/orang dengan biaya parkirnya juga sebesar Rp 2000,-/motor. Lokasi parkirnya masih menggunakan lahan milik warga sehingga untuk menampung kendaraan roda empat dalam jumlah besar masih tidak cukup.

Peta lokasi wisata air terjun kedung pedut dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Peta lokasi wisata air terjun kembang soka dan kedung pedut

Peta lokasi wisata air terjun kembang soka dan kedung pedut

Jika kita dari arah kota Yogyakarta melalui tugu Jogja ke arah barat, kita akan berturut-turut melewati enam air terjun diantaranya air terjun setawing, grojogan sewu, sigembor dan grojogan mudal, kembang soka dan kedung pedut. Butuh waktu setengah hari bila kita benar-benar ingin mengunjungi semuanya.

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan