Tumbuhan Yang Menyimpan Cadangan Makanan

Tumbuhan Menyimpan Yang Cadangan Makanan – Sama seperti halnya manusia, tumbuhan juga memerlukan makanan untuk dapat tumbuh dan berkembang. Dengan maksimal.

Sumber makanan tumbuhan, sebagian besar didapatkan dari hasil proses fotosintesisyang membutuhkan cahaya matahari untuk dapat mengubah karbondioksida serta air menjadi glukosa atau karbohidrat serta oksigen.

Glukosa yang didaptakan dari hasil fotosintesis digunakan tumbuhan untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Selain itu juga digunakan untuk berkembang biak serta memperbanyak diri dan disimpan sebagai cadangan makanan sebagai persiapan ketika tumbuhan sulit memperoleh pasokan makanan pada saat musim tertentu yang disimpan pada bagian yang berbeda dari setiap tumbuhan.

Artikel terkait: Pengertian, ruang lingkup dan fungsi fisiologi tumbuhan

Tempat Menyimpan Cadangan Makanan Pada Tumbuhan

A. Macam-Macam Tumbuhan yang Menyimpan Cadangan Makanan di Dalam Umbi

1. Wortel

Salah satu tanaman jenis umbi-umbian dengan warna jingga kekuningan dan tekstur kulit yang mirip dengan kayu adalah wortel. Wortel mempunyai batang yang pendek serta akar tunggang. Yang mana akar wortel ini nantinya akan berubah menjadi umbi dengan bentuk bulat memanjang. Sehingga tidak heran apabila bagian umbi dari tanaman ini yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.

wortel merupakan tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di dalam umbi

Perlu anda ketahui bahwa wortel adalah salah satu tumbuhan yang dikenal dengan kandungan alpha serta beta karoten yang tinggi sehingga tumbuhan ini mempunyai kandungan vitamin A tinggi yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, serta mengandung lutein yang berguna untuk kesehatan mata.

2. Kentang

Selain wortel, kentang juga menyimpan cadangan makanan pada bagian umbinya. Tumbuhan yang berasal dari suku solanaceae ini mempunyai bagian batang yang membesar untuk menyimpan cadangan makanannya.

Selama ini, kentang telah dikenal sebagai salah satu sumber makanan dengan kandungan karbohidrat yang lumayan tinggi, untuk itu tidak heran apabila kentang dapat dijadikan makanan pokok oleh beberapa negara di Eropa. Kandungan vitamin B, A, dan C dari kentang masing-masing dapat mendatangkan banyak manfaat untuk manusia.

3. Singkong

Selanjutnya tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada bagian umbinya adalah singkong. Tumbuhan ini mampu tumbuh pada tanah yang gembur sampai pada tanah yang biasa saja.

Saat anda melihat tumbuhan singkong, maka anda akan mendapati bagian batang singkong yang berada di dalam tanah mengalami pembengkakan, sebab digunakan untuk menyimpan cadangan makanan.

Baca juga: Tumbuhan biji tertutup dan tumbuhan biji terbuka

Semenjak zaman dahulu, singkong menjadi alternatif pangan selain beras dan kentang karena memiliki nilai karbohidrat yang tinggi. Selain itu singkong juga mempunyai harga yang murah serta sangat mudah di budidayakan. Tidak hanya itu, ternyata singkong dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk membuat makanan serta kue tradisional seperti getuk dan tiwul.

4. Bawang bombai

Bawang yang meliputi bawang merah, bawang bombai dan bawang putih merupakan tanaman yang menyimpan cadangan makanannya di umbi. Di pangkal daunnya, bawang juga bisa berfungsi sebagai umbi lapis, ini sering sekali digunakan oleh manusia sebagai bahan bumbu.

Tanaman bawang sangat membutuhkan tempat hidup yang kering hingga suhu 32 derajat celsius, banyak mendapatkan sinar matahari dan suplai air yang cukup.

bawang bombai merupakan tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di dalam umbi

B. Tumbuhan yang Menyimpan Cadangan Makanan pada Biji

1. Kacang Panjang

Kacang panjang merupakan salah satu tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada bagian biji, hal ini ditandai dengan semakin besarnya biji tumbuhan ini. Buah dari kacang panjang biasanya mempunyai panjang 15 cm sampai 25 cm yang apabila dibuka akan terlihat biji kacang panjang dengan warna putih sedikit kecokelatan.

2. Kacang Tanah

Selanjutnya ada kacang tanah yang juga menyimpan cadangan makanannya dalam biji. Tumbuhan kacang adalah salah satu tumbuhan polong-polongan yang banyak di budidayakan di indonesia dengan karakteristik memiliki buah yang keras, berwarna cokelat, serta mempunyai tekstur yang berserat pada permukaannya.

Artikel terkait: Fungsi kutikula pada tumbuhan

3. Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan salah satu jenis tumbuhan yang juga menyimpan cadangan makanan pada bagian bijinya. Tumbuhan ini mempunyai batang yang bercabang serta tegak, yang kemudian pada bagian batang ini muncul bunga yang nantinya akan tumbuh biji kacang hijau dari setiap bunga yang muncul.

Daftar Pustaka:

Merdia M, Nanang Heryana. (2010). Biologi Umum. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Ruben. (2016). Tumbuhan yang Menyimpan Cadangan Makanan. [Online]. Tersedia: www.dosenbiologi.com [03 Juni 2019].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *