Pengertian, Ruang Lingkup dan Fungsi Fisiologi Tumbuhan

       

Pada halaman ini kita akan membahas tentang pengertian, ruang lingkup dan fungsi fisiologi tumbuhan yang pembahasannya akan kita bagi menjadi tiga pokok pembahasan yaitu pengertian fisiologi tumbuhan, ruang lingkup tumbuhan dan fungsi fisiologi tumbuhan.

Ilmu fisiologi tumbuhan membantu manusia untuk mengetahui tentang tumbuhan

Gambar. Ilmu fisiologi tumbuhan membantu manusia untuk mengetahui tentang tumbuhan sehingga pemanfaatan tumbuhan untuk kepentingan manusia menjadi lebih optimal (Foto: Siswa Team)

A. Pengertian Fisiologi Tumbuhan

Meskipun arti fisiologi dalam ilmu biologi sering digunakan, tapi mungkin ada diantara kita yang masih belum mengerti tentang arti kata “fisiologi” itu sendiri, terlebih bila dikaitkan dengan kata “tumbuhan”. Kata fisiologi berasal dari dua huruf yakni “physis” yang artinya alam dan “logos” yang berarti ilmu pengetahuan. Jadi pengertian fisiologi tumbuhan dapat kita definisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang keterangan-keterangan perihal kehidupan tumbuhan yang meliputi proses kehidupannya, fungsinya dan aktivitasnya.

Dalam mempelajari fisiologi tumbuhan, ada semacam batasan-batasan dalam ruang dan waktu tertentu yang harus diambil. Batasan yang diambil hanyalah seputar dari apa yang bisa ditangkap oleh indera kita sebagai manusia. Apa fungsi pemberian batasan ini?, pemberian batasan ini dapat berfungsi atau membuat seorang peneliti bisa menjadi lebih fokus saat melakukan penelitian di lapangan sehingga diharapkan lebih mudah dalam menemukan hukum-hukum yang berguna untuk menyusun sebuah teori. Dari teori-teori yang tersusun inilah diharapkan nantinya dapat bermanfaat untuk kehidupan manusia.

B. Ruang Lingkup Fisiologi Tumbuhan

Fisiologi tumbuhan merupakan cabang dari ilmu biologi yang mempelajari tentang proses metabolisme pada tubuh tumbuhan dimana proses dari metabolisme ini dipengaruhi oleh faktor lingkungan mikro di sekitar tumbuhan tersebut. Adapun ruang lingkup yang dipelajari antara lain tentang sel, proses transpirasi, karakteristik molekul air, unsur esensial tumbuhan, fotosintesis, respirasi serta metabolisme tumbuhan. Akan tetapi secara umum, fisiologi tumbuhan dapat digolongkan menjadi beberapa ruang lingkup yaitu fisiologi tanaman, fisiologi lepas panen, ekofisiologi dan fisiologi benih.

Bagi seoarang ahli fisiologi tumbuhan selalu dituntut untuk bisa mengusai pengetahuan dasar lainnya yang tentunya berkaitan dengan ilmu fisiologi tumbuhan misalnya ilmu kimia, biokimia, sitologi, anatomi, morfologi dan sistematik.

C. Fungsi Fisiologi Tumbuhan

Fungsi fisiologi tumbuhan disini berarti manfaat yang diperoleh manusia dalam mempelajari fisiologi tumbuhan. Lalu apa manfaatnya? tentu secara umum manfaatnya sangat besar karena tumbuhan itu sendiri merupakan salah satu bahan pemenuh bagi kebutuhan manusia sehingga kita perlu ilmu yang seluas-luasnya tentang tumbuhan. Tidak mungkin kita bisa membuat racikan obat bila tidak mengetahui tentang bahan yang terkandung dalam obat itu sendiri. Iya kan?, nah apalagi banyak bahan-bahan kimia yang kita gunakan untuk industri yang diambil dari tumbuhan. Oleh karena itu, ilmu disiologi tumbuhan ini sangatlah penting.

Dalam perkembangannya, fisiologi tumbuhan dipisahkan menjadi beberapa bagian yang lebih spesifik yaitu fisiologi tanaman, ekofisiologi, fisiologi lepas panen dan fisiologi benih. Mengapa harus dipisah? supaya ruang lingkupnya semakin kecil sehingga lebih mengena bila diterapkan di lapangan.

1. Fisiologi tanaman mempelajari tentang metabolisme pada tanaman-tanaman yang dibudidayakan,

2. Ekofisiologi mempelajari tentang faktor-faktor lingkungan misalnya unsur-unsur cuaca dan iklim yang dapat mempengaruhi metabolisme tumbuhan,

3. Fisiologi lepas panen mempelajari tentang fisiologi bagian tumbuhan setelah bagian dari tumbuhan tersebut di panen,

4. Fisiologi benih mempelajari tentang benih yang mencakup tahapan pembenihan atau proses yang mengikutinya.

[color-box]Lakitan, Benyamin.2012.Dasar-Dasar Fisiologi Tumbuhan.Depok:PT. Rajagrafindo Persada.
Prof. Dr. D. Dwidjoseputro.1994.Pengantar Fisiologi Tumbuhan.Jakarta:PT. Gramedia Pusaka Utama.[/color-box]

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *