Biologi Sebagai Ilmu Pengetahuan

       

Biologi Sebagai Ilmu Pengetahuan – Biologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata Bios yang memiliki arti hidup/kehidupan dan Logos yang memiliki arti ilmu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Biologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari perihal makhluk hidup. Yang di dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai ilmu hayat.

Kedudukan Biologi Sebagai Ilmu pengetahuan

Ilmu selalu memiliki tujuan untuk mencari kebenaran, tetapi ilmu sendiri juga belum tentu membawa suatu kebenaran yang mutlak ataupun pasti. Ilmu pengetahuan sendiri digolongkan ke dalam beberapa golongan sebagai berikut:

1. Sosial, ilmu pengetahuan sosial berisi ilmu yang mempelajari tentang ekonomi, politik, hukum, dan lain sebagainya.

2. Alam, dalam ilmu pengetahuan alam mempelajari Biologi, Fisika, dan Kimia.

3. Budaya, ilmu pengetahuan budaya berisi bahasan mengenai Kesenian, Sastra, Antropologi.

Sebagai ilmu yang memiliki kedudukan sebagai Ilmu Pengetahuan Alam atau yang sering disebut sebagai IPA, yang merupakan suatu ilmu murni. Yang mempunyai tugas untuk melakukan penyelidikan dasar. Salah satunya yaitu penemuan dalam bidang biologi telah banyak digunakan dalam praktikum. Banyak juga digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia.

Biologi sebagai ilmu pengetahuan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia, contohnya sebagai ilmu pengetahuan dalam bidang peternakan, pertanian, farmasi, kedokteran, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk lebih membantu pemahaman anda, berikut akan diuraikan beberapa hasil praktik mengenai kedudukan biologi sebagai ilmu pengetahuan, yaitu:

1. Dalam Bidang Pertanian

Dalam bidang pertanian, praktik penelitian biologi menemukan berbagai jenis tanaman yang lebih unggul dan lebih menguntungkan. Tidak memerlukan perawatan yang khusus serta hasil yang diperoleh lebih baik dalam hal kualitas ataupun kuantitasnya. Selain itu juga didapatkan tanaman dengan umur yang lebih pendek untuk dapat dipanen, serta ditemukan juga tanaman yang memiliki umur lebih lama.

2. Dalam Bidang Peternakan

Di dalam bidang peternakan ini telah dilakukan berbagai percobaan mengenai perkawinan silang, kawin suntik (inseminasi buatan) yang telah disesuaikan dengan ilmu genetika, sehingga kita bisa mendapat bibit unggul dan bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. Misalnya: ayam petelur, ayam pedaging, sapi pedaging, sapi perah, lele dumbo, kambing, dan lain sebagainya.

3. Dalam Bidang Farmasi

Tentunya ilmu biologi sangat bermanfaat dalam bidang kesehatan dan farmasi, oleh karena dengan berkembangnya ilmu biologi yang semakin maju sangat membantu khususnya dalam bidang farmasi untuk menghasilkan berbagai obat-obatan yang dibutuhkan manusia. Meneliti berbagai penyakit untuk ditemukan cara pengobatannya. Dan untuk meningkatkan kualitas kesehatan manusia.

4. Dalam Bidang Kedokteran

Peranan penelitian biologi dalam bidang kedokteran sangat membantu untuk dapat segera ditemukan cara mengatasinya. Misalnya ditemukan berbagai jenis tumbuhan yang memiliki manfaat untuk melawan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme, sehingga dapat dimanfaatkan dalam melakukan pengobatan.

Salah satu contohnya yaitu ditemukannya jamur Penicillium yang dapat menghasilkan zat antibiotik penisilin serta jenis jamur lain yang juga menghasilkan zat antibiotik penisilin. Dan berbagai jenis jamur lain yang menghasilkan zat antibiotik tertentu.

Biologi sebagai ilmu pengetahuan

Cabang Ilmu Biologi Sebagai Ilmu Pengetahuan

Sebagai ilmu pengetahuan, tentunya biologi memiliki berbagai cabang ilmu, seperti:

1. Botani : ilmu yang mempelajari tumbuh-tumbuhan.
2. Zoologi : ilmu yang mempelajari tentang hewan.
3. Anatomi : mempelajari struktur tubuh makhluk hidup.
4. Histologi : mempelajari susunan dan fungsi jaringan dalam makhluk hidup.
5. Mikrobiologi : mempelajari kehidupan mikroorganisme.
6. Fisiologi : mempelajari proses reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup.
7. Ekologi : mempelajari hubungan timbal balik yang terjadi antara makhluk hidup dan lingkungannya.

Daftar Pustaka
Mardia M, Nanang Heryana. (2010). Biologi Umum. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.
Suharsono, Popo Mustofa Kamil. (2017). Biologi Umum. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Desi Lestari

Gadis Jawa yang kini hidup di tanah Sunda. Lulus SMA di tahun 2016 dan melanjutkan pendidikan S1 Biologi di Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *