Ruang Lingkup Biologi

Contoh organ lambung

Gambar. Contoh organ lambung (Sumber: Jendela IPTEK, 2000)

Ruang Lingkup Biologi

Manusia hidup dengan cara berinteraksi dengan alam. Cara berinteraksinya menggunakan panca indera yang memberikan gambaran visual, audio dan rasa sehingga munculah pengalaman dan keingintahuan mengenai dirinya sendiri dan kehidupan yang ada di sekelilingnya.

Rasa pengalaman dan keinginan yang terus menerus memungkinkan munculnya sebuah ilmu pengetahuan yaitu ilmu pengetahuan alam. Dalam ilmu pengetahuan ini, alam di tempatkan sebagai objek penelitian dimana di dalamnya akan dilakukan penyelidikan terkait berbagai aspek misalnya psikologis, fisik, ekonomis dll. Nah, dalam ilmu pengetahuan biologi sendiri, objek yang dipelajari akan berkaitan dengan makhluk hidup, baik pada tingkat molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, ekosistem sampai pada tingkatan bioma.

1. Objek tingkat molekul

Dalam tubuh makhluk hidup ada empat unsur yang mendominasinya yaitu sekitar 99,35% dari jumlah atom, di antaranya adalah hidrogen, karbon, nitrogen dan oksigen. Jika antara dua atom bergabung menjadi satu, maka dinamakan sebagai molekul, misalnya bergabungnya 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen akan menghasilkan air. Selain itu juga terdapat molekul organik besar sering dinamakan makromolekul yang terdiri atas protein, karbohidrat, lipid dan asam nukleat.

2. Objek tingkat sel

Sel merupakan satuan struktur organisme hidup atau bisa dikatakan sebagai satuan fungsi dalam organisme hidup. Berbagai
macam organel penyusun sel antara lain nukleus, mitokondria, retikulum endoplasma, ribosom dan membran sel.

3. Objek tingkat jaringan

Bila sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama bergabung, maka dinamakan sebagai jaringan. Contoh jaringan pada hewan antara lain jaringan otot, jaringan epitel, jaringan darah dll.

4. Objek tingkat organ

Sekelompok jaringan yang memiliki fungsi tertentu dinamakan sebagai organ. Contoh organ di tubuh manusia antara lain mata, hati, jantung dll.

5. Objek tingkat sistem organ

Jika beberapa organ bergabung membentuk sebuah kerja tertentu, maka dinamakan sebagai sistem organ. Misalnya sistem pencernaan, sistem pernafasan dll.

6. Objek tingkat individu

Manusia merupakan contoh sebuah objek individu dimana di dalam tubuh manusia terdapat sebuah proses hidup yang dilakukan oleh berbagai macam sistem organ. Sistem organ bekerja sendiri-sendiri sesuai tugasnya sehingga manusia bisa menjadi hidup.

7. Objek tingkat populasi

Sekelompok individu sejenis yang tinggal di suatu tempat pada waktu tertentu disebut populasi. Misalnya hutan pinus yang tumbuh di suatu tempat, kupu-kupu di taman bunga.

8. Objek tingkat ekosistem

Bila berbagai macam benda hidup dan mati melakukan sebuah interaksi saling ketergantungan dalam suatu tempat, maka dinamakan sebagai ekosistem. Dalm kajian ekosistem, hal-hal yang dipelajari antara lain rantai makanan, jaring-jaring makanan dll.

9. Objek tingkat bioma

Bioma memiliki wilayah yang sangat luas daripada ekosistem. Wilayah bioma juga dipengaruhi oleh iklim. Adapun objek kajian biologi pada tingkat bioma meliputi berbagai macam bioma yang ada di dunia dan dipengaruhi oleh iklim, misalnya curah hujan, kelembapan, suhu dan angin.

Kistinah, Indun dkk.2009. Biologi 1 : Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas X.Surakarta:CV. Putra Nugraha.
Sulistyorini, Ari.2009.Biologi 1 : Untuk Sekolah menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X.Jakarta:PT. Balai Pustaka.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *