Tips Belajar Di Rumah Selama Pandemi

  • Whatsapp
Tips Belajar Di Rumah Selama Pandemi
Tips Belajar Di Rumah Selama Pandemi

Tips Belajar Di Rumah Selama Pandemi – Adanya pandemi virus corona saat ini menyebabkan adanya pembatasan kegiatan. Bukan hanya untuk kegiatan bekerja saja namun juga kegiatan belajar mengajar.

Bagi para siswa, pembatasan kegiatan memaksa mereka untuk belajar sendiri di rumah dan dipandu oleh guru melalui siaran online. Istilanya belajar online.

Belajar online merupakan sesuatu yang masih baru di Indonesia, maka perlu adanya persiapan dan waktu adaptasi sehingga diharapkan tingkat penyerapan ilmu dari guru ke siswa lebih efektif. Berikut tips belajar di rumah selama pandemi virus.

Tips belajar di rumah selama pandemi

1. Siapkan ruangan khusus untuk belajar online

Belajar online sebenarnya tidak membutuhkan ruangan besar, cukup dengan tempat dengan lebar yang sekiranya terlihat di kamera video. Akan tetapi yang perlu ditekankan disini adalah kenyamanannya.

Pilihlah lokasi yang sirkulasi udaranya sejuk supaya  badan menjadi lebih fresh. Jangan memilih lokasi dekat dengan jalan raya yang banyak lalu lintas kendarannya. Suara kendaraan dapat mengganggu aktivitas belajar online.

Kita bisa belajar di bawah pohon belakang atau samping rumah atau di kebun. Bahkan kamar pribadi bisa dibuat sebagai tempat belajar online selama pandemi jika memang nyaman.

2. Diperlukan kerjasama dari semua pihak

Belajar online memerlukan kerjasama dari semua pihak. Guru bisa saja mengirimkan materi belajar melalui pos kepada orang tua murid atau dikirim melalui whatsapp yang kemudian siswa bisa mendownload.

Materi belajar bisa dikirimkan dalam bentuk pdf yang nantinya siswa dapat mencetaknya. Sedangkan guru dapat membuat video pembelajaran yang nantinya bisa download dan diputar berulang-ulang oleh para siswa.

Hal seperti ini tentu akan lebih mudah dan mengirit biaya beli kuota yang tentu akan sangat memberatkan keuangan keluarga apabila semua materi ditampilkan dalam bentuk video live streaming.

3. Siapkan peralatan yang dibutuhkan dan pastikan adanya koneksi internet

Belajar online membutuhkan koneksi internet namun bila tidak ada, bisa diakali dengan mengirimkan dalam bentuk hardware ke rumah siswa melalui pos. Peralatan yang dibutuhkan bisa berupak smartphone, tablet, PC atau laptop.

Tidak perlu memaksakan harus online apabila keadaan tidak memungkinkan karena tidak semua wilayah di Indonesia ada jaringan listrik dan internet.

4. Sediakan minuman dan makanan ringan

Belajar online akan membutuhkan konsentrasi karena siswa harus menatap layar secara berjam-jam. Dilain sisi, siswa tidak bisa meninggalkan layar begitu saja, maka diperlukan minuman dan makanan ringan untuk mengurangi ketegangan. Dengan begitu suasana akan lebih berasa rileks atau santai.

5. Buatlah jadwal belajar online

Buatlah jadwal belajar agar fisik dan mental siswanya lebih siap karena belajar online akan membuat keletihan yang luar biasa (terutama keletihan pada mata). Durasi belajar online jauh lebih singkat daripada durasi belajar offline jadi jangan disamakan.

6. Buatlah suasana belajar yang menyenangkan

Seorang guru harus bisa membuat situasi belajar serileks mungkin, jangan terlalu kaku. Suasana belajar yang menyenangkan dapat membuat perasaan yang positif sehingga mempengaruhi efektifitas penyerapan materi pelajaran.

7. Perhatikan kesehatan siswa terutama tingkat stres dan mentalnya

Tidak perlu sekolah menargetkan penuntasan kurikulum kepada siswa karena setiap daerah belum tentu memiliki jaringan internet yang mendukung kegiatan belajar online dan siswa pun belum tentu memiliki perlatan belajar yang mumpuni.

Pemaksaan bisa membuat siswa tertekan terutama para siswa yang berasal dari ekonomi menengah kebawah karena belajar online membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

8. Jangan malu bertanya

Siswa jangan malu bertanya kepada orang yang dirasa memiliki pengetahuan untuk membantunya dalam memahami palajaran. Misalnya punya tetangga yang sarjana matematika, kita bisa bertanya tentang pelajaran matematika lewat media sosial.

Siswa juga harus pandai mencari informasi di internet yang bermanfaat untuk mendukung kegiatan belajar.

9. Buatlah rangkuman atau ringkasan setelah belajar online

Rangkuman belajar online dapat membantu siswa memetakan sejauh mana pemahamanmu terhadap materi berlajar yang disampaikan oleh guru. Hal ini sekaligus membantu siswa dalam menghafal. Darisinilah nanti bisa menjadi bahan evaluasi.

Nah, demikianlan tips belajar di rumah selama pandemi yang bisa dilakukan agar pembelajaran menjadi lebih efektif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *