Tahapan Klasifikasi Makhluk Hidup

Untuk mengklasifikasikan makhluk hidup, kita harus melalui serangkaian tahapan. Adapun tahapan klasifikasi makhluk hidup antara lain pengamatan sifat makhluk hidup, pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan pada ciri yang diamati dan pemberian nama makhluk hidup. Agar lebih jelasnya, bersama siswapedia kita akan membahasnya satu persatu.

a. Pengamatan sifat makhluk hidup

Pada tahapan awal klasifikasi, kita akan melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup. Pada tahap ini, kita melakukan identifikasi makhluk hidup yang satu dengan makhluk hidup yang lainnya. Bagian-bagian yang diamati antara lain tingkah laku, morfologi, anatomi dan fisiologi.

b. Pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan pada ciri yang diamati

Setelah kita melakukan indentifikasi, maka pada tahap ini kita melakukan pengelompokan berdasarkan kesamaan dan perbedaan yang dimiliki oleh makhluk hidup yang sedang kita amati. Pengelompokan tersebut dilakukan setelah menimbang-menimbang ciri dan sifatnya sehingga kita bisa memilah mana yang sama dan mana yang berbeda.

Empat jenis makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda

Gambar. Empat jenis makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda

c. Pemberian nama makhluk hidup

Setelah dilakukan penggolongan barulah kita memberikan nama. Pemberian nama pada makhluk hidup yang sudah digolongkan sangatlah penting. Ada berbagai sistem penamaan makhluk hidup antara lain pemberian nama dengan sistem tata nama ganda (binomial nomenclature).

Anshori, Mochammad dan Djoko Martono.2009.Biologi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)-Madrasah Aliyah (MA) Kelas X.Bandung:Penerbit Acarya Media Utama.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *