Pengertian, Tujuan dan Manfaat Klasifikasi Makhluk Hidup

Contoh beberapa macam makhluk hidup yang ada disekitar kita

Gambar. Contoh beberapa macam makhluk hidup yang ada disekitar kita

A. Pengertian Klasifikasi Makhluk Hidup

Makhluk hidup di alam semesta sangatlah beragam mulai dari makhluk hidup bersel satu sampai makhluk hidup tingkat tinggi. Masing-masing tingkatan tersebut memiliki ciri-ciri yang berbeda. Nah, berdasarkan ciri-ciri tertentu inilah yang kemudian dijadikan sebagai bahan untuk mengelompokkan makhluk hidup tersebut. Pengelompokan tersbut dikenal dengan nama klasifikasi. Sehingga dapat kita ambil pengertian bahwa klasifikasi adalah pengelompokan makhluk hidup dalam takson melalui pencarian keseragaman atau persamaan dalam keanekaragaman. Nah, dengan dibuatnya klasifikasi makhluk hidup ini, kita dapat menjadi semakin mudah dalam mempelajari makhluk hidup.

B. Tujuan dan Manfaat Klasifikasi Makhluk Hidup

Coba bayangkan, jika kita mengunjungi sebuah perpustakaan yang memiliki ribuan jenis buku dengan berbagai macam judul dimana semua buku dicampur tanpa ada penggolongan/pengklasifikasian. Kemudian kita hendak mencari satu buku saja, nah tentunya ini akan membuat Anda pusing bukan? Nah, disinilah fungsi pengklasifikasian.

Dengan jumlah yang sangat banyak disertai ciri-ciri umum yang hampir saja sama, makhluk hidup sangat sulit untuk dipelajari. Untuk itu perlu digolongkan berdasarkan ciri khas masing-masing sehingga ada penyederhanaan objek studi.

Lebih lengkapnya, tujuan dari klasifikasi makhluk hidup adalah sebagai berikut.

  • menyederhanakan objek studi agar mudah dipelajari;
  • mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup untuk membedakan tiap-tiap jenis;
  • mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri-cirinya;
  • mengetahui hubungan kekerabatan dan sejarah evolusinya.

Anshori, Mochammad dan Djoko Martono.2009.Biologi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)-Madrasah Aliyah (MA) Kelas X.Bandung:Penerbit Acarya Media Utama.
Sulistyorini, Ari.2009.Biologi 1 : Untuk Sekolah menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X.Jakarta:PT. Balai Pustaka.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *