Syarat Cek Fisik Bantuan Tanpa BPKB Motor

Bagaimana cara cek fisik bantuan di samsat ? Bagaimana syarat cek fisik bantuan tanpa BPKB motor itu? Biayanya berapa? begitulah beberapa pertanyaan bagi para perantau yang motornya mau habis pajak lima tahunan.

Setiap kendaraan bermotor pasti diwajibkan untuk membayar pajak sebagai pemasukan negara. Ada dua macam atau jenis pembayaran pajak yaitu pajak setiap satu tahun sekali dan pajak setiap lima tahunan. Nah, pada artikel kali ini kita membahas yang pajak lima tahunan khusus para perantau.

Sebenarnya pengurusan dan pembayaran pajak lima tahunan sangatlah mudah, mungkin sekitar 2 jam selesailah. Akan tetapi menjadi sedikit repot bila kita merantau di provinsi luar daerah motor berasal. Misalnya motor plat AB (Jogja) dibawa merantau ke Kota Bima (plat EA), plat motor AD (klaten) dibawa ke Bali (DK), plat surabaya (L) dibawa ke Semarang (H), plat motor kota Mataram (DR) dibawa merantau ke Jakarta (B), plat motor Jakarta (B) dibawa merantau ke Jogjakarta (AB) begitu seterusnya.

Baca juga: Macam-macam norma

Banyak sekali dari teman-teman yang merantau ke provinsi lain sedangkan plat motor merupakan plat daerah asalnya. Nah, persoalannya pada pajak lima tahunan ini harus ada cek fisik kendaraan. Sehingga muncul dalam benak apakah motor harus di bawa ke kantor samsat sesuai asal plat?. Ternyata sepeda motor tidak harus di bawa kembali ke daerah asal mula motor tersebut. Kita cukup pergi ke kantor samsat terdekat di tempatmu saat ini untuk meminta cek fisik bantuan.

Syarat Cek Fisik Bantuan Tanpa BPKB Motor

Syarat Cek Fisik Bantuan Tanpa BPKB Motor atau Cek Fisik Kendaraan Luar Daerah

  1. Mula-mula cuci dulu motormu sampai bersih, jangan sampai motormu kelihatan kotor saat cek fisik. Nanti kamu akan malu dilihat orang hehehe. Yang jelas motor yang terlihat bersih akan menimbulkan persepsi bahwa motor tersebut dirawat dengan baik alias layak guna.
  2. Berpakaianlah rapi dan sopan.
  3. Cek terlebih dahulu di rumah perlengkapan motormu seperti kaca spion, fungsi lampu, fungsi klakson, kondisi ban, warna kendaraan (harus sesuai BPKB), fungsi rem dll. Pastikan semuanya baik!.
  4. Datangilah kantor samsat terdekat, langsung bawa motormu di tempat cek fisik kendaraan (gak usah taruh di tempat parkir).
  5. Mintalah petugas dan bilang “Tolong bantu cek fisik bantuan untuk kendaraan luar daerah”.
  6. Oleh petugas akan diminta STNK asli motor lalu disuruh antri, maka kita harus menyiapkannya.
  7. Setelah tiba di nomor antrian, petugas akan mengecek nomor mesin dan kerangka motor (posisinya setiap jenis motor berbeda).
  8. Setelah pengecekan selesai, kita akan diberikan STNK motor dan kertas laporan hasil cek fisik kendaraan bermotor bantuan yang telah dilegalisir (cap stempel kepolisian) dan tanda tangan petugas terkait. Adapun kertasnya bewarna putih kekuning-kuningan.
  9. Biasanya petugas akan menjelaskan kepada kita bahwa “STNK motor dan Kertas laporan hasil cek kendaraan inilah yang harus dikirim untuk diurus di daerah asal kendaraan bermotor”.
  10. Biaya cek fisik kendaraan luar daerah ini 100% GRATIS. Jika yang mengecek kendaraan adalah petugas samsat, maka kita tidak perlu memberi uang tambahan. Akan tetapi beberapa samsat di daerah lain bisa juga pihak ketiga yang gak ada hubungannya dengan kantor samsat yang melakukan pengecekan, jika begitu kasih saja uang Rp 5.000 (gak usah banyak-banyak).

Jadi kesimpulannya yaitu syarat cek fisik kendaraan luar daerah atau syarat cek fisik bantuan tanpa BPKB motor bisa dilakukan dan biayanya gratis alias tidak dipungut biaya.

105 pemikiran pada “Syarat Cek Fisik Bantuan Tanpa BPKB Motor

  1. Kalo stnk asli saya sudah saya kirim ke tempat asalnya, dan baru tau kalo harus gosok mesin gimana ya? Apaboleh bawa stnk fotocopyan?

    1. Berdasarkan pengalaman harus STNK asli kak 😀 tapi coba nego ke petugas samsat siapa tau ada keringanan

        1. Setau kami, gak pakai KTP…. Tapi Lebih baik bapak menghubungi samsat terdekat untuk informasi lebih lanjut 😀

      1. Untuk Check Fisik Bantuan, Kendaraan Motor Plat B Mau dimutasi ke Plat AD. Bayar Atau Gratis? Terima Kasih

        1. Tergantung kalau petugas yang gosok nomor rangkanya dari polisi gratis, tapi kalau dari pihak luar bayar seikhlasnya… Paling sekitar Rp 0 – Rp 30.000

  2. Mf pak mau tanya kalo mau cek fisik d samsat daerah pajajaran bandung bisa ga. Soalnya.. d stnk kwaluyaan bdg?

      1. Maaf kak . mau tanya saya punya motor gl body cb kak dan mau mati plat dan pajak nya . saya beli online atas nama orang lain dan saya beli orang nya gak tau alamat yang punya orang pertama dan plat luar kota plat KT itu gimana ngurus nya kak ya ? Sama tanya istilah TEMBUS di samsat itu seperti apa kak ?

        1. Istilah STNK BPKB tembus itu maksudnya data sepeda motor seperti nomor rangka, warna dll sudah terdaftar resmi di samsat dan kamu bisa mengeceknya. Kalau saran saya segera dimutasi kendaraan menjadi sesuai nama pemiliknya yang sekarang. Sebab kalau tetap diperpanjang (pajak 5 tahunan) memang harus ada KTP asli si pemilik sebelumnya, jika tidak ada bisa terkena oknum calo dan bisa membengkak bayarnya.

          Setiap perpanjangan pajak 5 tahunan, berkas harus diurus di samsat tempat motor di daftarkan. Jika plat nomornya KT, maka mas Muhammad harus mengurus perpanjangan di Kalimantan Timur. Supaya motor tidak harus di bawa kesana, mas Muhammad bisa minta CEK FISIK BANTUAN di samsat terdekat.

    1. Maaf pak mau tanya klo cek fisik untuk mengurus stnk yang hilang sementara motor luar kota,, motor masih angsuran
      Gimana ya ngurus nya tolong kasih pencerahan

      1. 1) Bikin dulu surat kehilangan STNK di polsek terdekat.
        2) bikin surat keterangan bahwa kendaraan masih kredit dan minta BPKB yang telah dilegalisir oleh dealer.
        3) Bawa KTP asli sesuai nama di STNK.
        4) Pargi ke samsat minta CEK FISIK BANTUAN.

        Setelah diberikan berkas cek fisik bantuan, bawa berkas2 di atas ke samsat sesuai alamat kendaraan. Nanti akan diberikan STNK dan BPKB baru.

    1. Bayarnya Tetap harus diurus di samsat sesuai alamat di STNK. Dari luar daerah cuma bisa bantu cek fisik bantuan saja agar kendaraan tidak perlu dibawa pulang, cukup blangko warna kuning + stnk nya saja yang dibawa pulang. Kirim saja blangko via JNE atau kantor pos, suruh ngurus orang yang di kampung. Kendaraan gak perlu dibawa pulang. Kalau telat 1 hari = telat satu tahun jadi nanti bayar denda

        1. gaklah, kan masnya mau ngurus pajak, mau memperbaiki administrasi kendaraan, masak ditilang hehehe

  3. Mau tanya pak , semisal STNK nya hilang .. trs mau cek fisik bantuan dengan FC STNK tanpa BPKB dan KTP sesuai BPKB bisa dinego tdk ya ? Terimakasih

    1. Bapak buat dulu surat kehilangan di kantor polisi. Terus datang ke samsat terdekat untuk informasi lebih lanjut.

      Tapi ketika mengurus pajak 5 tahunan di daerah sesuai STNK, Harus membawa BPKB.

  4. Syarat bantuan cek fisik kendaraan dengan tidak harus memyertakan bpkb berlaku diseluruh samsat atau samsat tertentu saja? Sebab samsat daerah yang saya datangi menolak dan pihak locket tetap meminta bpkb dengan alasan tidak berani karena itu kebijakan samsat setempat, dan bpkb kami simpan didaerah asal karna memang sifatnya bukan seperti stnk yang bisa dbawa kmana2.
    Mohon penjelasannya terkait hal ini, jika memang kebijakan pusat ini tidak berlaku disemua samsat mohon infonya samsat daerah mana saja yang memiliki kebijakannya sendiri agar bisa dihindari, karena dengan adanya kebijakan sektoral ini walhasil kami terlambat membayarkan pajak plus ganti plat 5 tahunan dan terancam sanksi.
    Terimakasih.

    1. Waktu kami ngurus (berdasarkan pengalaman), oleh petugas tidak diminta menunjukkan BPKB ( Walaupun Saat itu kami bawa BPKB) karena saat itu antrian sepi + sepeda motor masih dalam keadaan 100% standar (gak ada modifikasi) sehingga cukup dilihat saja sudah pasti ketahuan sesuai standar. Saat itu yang mengecek adalah polisi yang bertugas, bukan pihak lain. Lalu diberikan STNK + Blangko warna kuning.

      Nah, ketika mengurus di loket polsek sesuai dengan STNK barulah WAJIB menyerahkan BPKB + Bayar.

  5. Permisi pak…
    Kasus sya begini , saya baru aja proses cabut berkas dari Samsat Surabaya (kendaraan asli sby), sedangkan saya merantau di Banyuwangi, mau sya balik nama sesuai KTP sya di Trenggalek,,, dan kendaraan masih di Banyuwangi,, pertanyaan sya apakah bisa balik nama tanpa bawa kendaraan sya ke samsat Trenggalek dg cek fisik bantuan ??
    Terimakasih..

    1. Bisa pak, sekarang semua dipermudah 😀

      Nanti bapak akan mendapatkan berkas 1 lembar CEK FISIK BANTUAN, warna putih agak kuning

      1. Berlaku seluruh samsat ya pak???
        Dan jika diwakili oleh saudara sya utk balik nama bisa ya pak??
        Kmren utk 1 bendel cabut berkas mutasi dr Surabaya jg ada cek fisik bantuan,, apa itu mash bisa di pakai apa hrus cek fisik bantuan lagi atau tinggal masukkan berkasnya aja pak.

        1. Iya pak, membuat cek fisik bantuan bisa dilakukan di seluruh samsat. Nanti ketika ngurusin di tempat yang sesuai alamat di STNK bisa diurus oleh orang lain

    2. Kalo beda kota gmn syarat cek fisiknya .. Persyaratannya stnk asli saja ya… Gak perlu KTP yg sesuai di stnk?

      1. Pak mau tanya, motor saya sudah waktunya ganti kaleng posisi motor ada di Tangerang sedangkan plat nomornya Tulungagung, Data BPKB pakai KTP saya Tulungagung tapi sekarang KTP saya sudah pindah alamat Tangerang.Solusinya bagaimana ya, supaya saya bisa ganti kaleng?

        1. Ibu cukup pergi ke samsat terdekat untuk minta CEK FISIK BANTUAN. Jangan lupa bawa KTP aslinya, tidak apa2 alamat di KTP sudah ganti karena yang terpenting nomor KTPnya.

          Lebih baik lagi bawa BPKB atau tanda identitas lainnya untuk jaga2.

          Nanti berkas cek fisik bantuan dari samsat ibu kirimkan beserta KTP asli dan BPKB asli ke saudara ibu yang ada di Tulungagung untuk dimintai tolong mengurus perpanjangan 5 tahunan.

          Sepeda motor tidak perlu dibawa ke Tulungagung 😀

  6. Pak mau tanya nih
    Motor saya di tangerang, saya sudah lakukan cek fisik motor dari samsat terdekat di kasih 1 lembar bukti cek fisik
    Lalu saya ke bandung untuk urus pajak 5 tahun ganti plat nomor + BBN ,
    Ternyata saya harus balik lagi ke tangerang, di samsat bandung meminta 2 lembar cek fisik asli untuk pengurusan ganti plat nomor + BBn

        1. Atau mungkin berkas cek fisiknya ada yang kurang lengkap? misalnya cap stempel legalisir atau penilaiannya kurang (ada yang gak dicentang)

        2. Ngga gan kalo masalah surat cek fisik sama stempel aman, cuma dia minta 2 lembar
          Heran saya juga gan, harus bolak balik lagi ke tangerang kenapa ngga bisa di permudah sudah tau alamat kerja saya jauh

        3. Alasan minta 2 lembar apa Kak? Aneh, baru kejadian ini cek fisik 2 kali. Biasanya cuma masalah dilihat atau tidaknya BPKB

      1. mau tanya pak saya merantau ini saya mau chek fisik 5 tahunan tanpa bpkb bisa atau tidak ya pak plat b saya meratau di sumatra barat yg saya lengkapi cuma ktp asli orng tua saya karna mobil atas nama orng tua saya apa bisa pak chek fisik tanpa bpkb karna bpkb skrg masih di lising jkrt

        1. Kalau hanya cek fisik bantuan biasanya tidak pakai BPKB (berdasarkan pengalaman). BPKB asli dipakai saat mengurus berkas untuk perpanjangan 5 tahunan. Kalau BPKB masih di leasing, mbak irma tinggal minta fotokopi BPKB + legalisir dari pihak lesingnya. Ntar juga diberikan surat resmi pihak lesing bahwa BPKB masih disimpan oleh leasing

  7. Saya mau tanya saya rencana beli mobil plat nya semarang . . Mobil di bojonegoro dengan pemilik nama berbeda di stnk . . Saya pribadi malang jadi jika saya beli mobil tersebut . Saya ingin cabut berkas dari semarang . . Dan menggunakan cek fisik bantuan di samsat kota saya apa bisa. . Tanpa ada ktp sesuai stnk ,kalo bpkb sama surat jual beli insyallah ada. . Dan saya juga tidak membeli dari pemilik yg ada di stnk apa bisa atau jadi masalah untuk cek fisik bantuan??

    1. Boleh, memang cek fisik bantuan itu untuk mempermudah kendaraan yang berada di luar daerah (tidak sesuai STNK).

      Tanpa STNK asli nanti bakalan habis banyak Kak 😀

  8. Permisi pak,saya mau nanya,bayar pajak dan ganti plat tanpa BPKB bisa gak pak?soal nya BPKB nya dulu di pinjam kawan,dan di gadaikan ke lesing trus kawan saya kabur gak tau kmna dan lesing nya menunggat.

    1. Begini yang namanya ganti plat WAJIB bawa BPKB asli, STNK asli dan KTP asli.

      Nah, solusinya bapak pergi ke lesing terus minta fotokopi BPKB + legalisir. Terus minta juga surat resmi lesing yang menyatakan bahwa BPKB bapak sedang ditahan oleh pihak lesing.

      Fotokopi BPKB yang dilegalisir + surat tersebut bisa dilampirkan ke berkas saat memperpanjang pajak 5 tahunan di samsat 😀

  9. Saya mau perpanjang. Cma BPKB d kampung.
    Numpang gesek cma ada STNK bisa ga ya.
    Mtr jg atas nama tetangga d Kampung.
    Trimkasih

    1. Lebih baik bawa BPKB aslinya, soalnya tiap samsat bisa beda. Saya 3 kali gosok nomor rangka di samsat berbeda gak perlu nunjukin BPKB.

      BPKB wajib pas cek berkasnya saja

  10. Gan mau nanya kalo cek fisik bantuan daerah jakput gak bawa ktp asli bisa gk ya? Stnk asli dan bpkb asli ada cuma ktp nya aja fc aja bisa gk ya gan?

        1. Tahapannya cek fisik dulu pak, kalau sepeda motornya jauh dari alamat yang ada di STNK, maka cek fisik bantuan di samsat terdekat. Cek fisik bantuan harus bawa STNK Asli, lebih baik bawa juga BPKB asli.

          Setelah itu baru cek berkas2nya. Gak boleh tanpa STNK…. Jadi mau gak mau harus diambil lagi

  11. Saya mau balik nama ke B sedangkan plat AB ,apa harus saya ke alamat Jogja AB tersebut untuk urus balik nama dan cek fisik ,motor posisi pajak hidup kaleng panjang

    1. Iya pak, harus ke jogja (plat AB)
      untuk cabut berkas setelah itu berkasnya dibawa ke Jakarta (plat B) untuk didaftarkan baru

  12. Pak Nanya.. kalo saya gak megang KTP yang sesuai STNK bagaimana ya? apa bisa diproses kalo misal saya print out foto KTP nya? motor saya belum balik nama, posisi say adi Jakarta dan owner lamanya yg sesuai KTP berada di Malang.

    Dan di Jakarta Samsat mana yang menerima cek fisik bantuan? Mohon pencerahannya. Saya telpon2 Samsatnya ga ada yg angkat..

    1. Cek fisik bantuan bisa dilakukan disemua samsat…. Kalau gak ada KTP Asli sesuai yang dikendaraan ntar bisa kena oknum calo mas. Bayarnya bisa lebih mahal…. Coba konsultasi ke samsat terdekat mas

  13. Kemaren saya ke samsat.. Udah bawa stnk dan ktp malah di suruh bawa lahi bpkb nya.. Pdahal bpkbnya ada di kampung

    Apakah sekarang udah beda lagi ya aturannya?

    1. BPKB asli harus dibawa saat mengurus pajak 5 tahunan. Tapi kalau cuma minta CEK FISIK BANTUAN saja biasanya (di lapangan) tidak dilihat bpkb nya, meskipun syaratnya cek fisik harus bawa BPKB asli

  14. Saya mutasi dari bekasi ke kuningan. udah buat cek fisik dibekasi tapi di kuningan ditolak.harus ada cek fisik bantuan dari bekasi. Sedangkan saya tanya samsat bekasi ini cek fisik udah komplit. Bedanya apa ya? Sama aja cap polisi dan gosok itu. Cuma gada cap fisik bantuan aja karena memang cek fisik biasa

  15. Pak saya punya motor plat tangerang dan bulan desember ganti plat dan posisi pajak mati. Sekarang motor ada di kampung kira2 bisa gak ya di urus dikampung

    1. Pajak mati nanti akan dikenai biaya tambahan (denda). Lebih baik sekarang (secepatnya) bapak membayar pajak tahunan yang telah ditinggalkan barulah nanti akhir bulan 11 (November), bapak membuat CEK FISIK BANTUAN (harus ada kata ‘BANTUAN’) di samsat dekat kampung bapak.

      Setelah itu STNK asli, BPKB asli, KTP asli dan berkas CEK FISIK BANTUAN dibawa ke Tangerang untuk mengurus pajak 5 tahunan. Motor tidak perlu dibawa ke tangerang, cukup berkasnya saja.

      1. Tapi posisinya saya udah dikampung pak kira2 pajak dari kampung bisa gak ya pak.. sama mau ganti plat motor tanpa ktp asli yang sama di stnk . Cuma modal bpkb asli sama stnk asli itu

        1. Kalau bayar pajak tahunan bisa online pak, beberapa samsat sudah ada yang bisa melakukan itu asal masih satu provinsi. Tapi kalau pajak 5 tahunan masih harus ke samsat daerah sesuai alamat yang ada di STNK. Kalau ganti plat nomor tanpa KTP asli yang sama dengan STNK bisa kena oknum calo pak, itu bisa 3 kali lipat biayanya. Saran saya (berdasar pengalaman), segera bapak buat CEK FISIK BANTUAN terdekat di samsat kampung.

          Lalu bawa STNK asli, BPKB asli, KTP (punya bapak) asli dan berkas cek fisik bantuan ke Samsat di Tangerang untuk minta solusinya. Jangan lupa, bawa uang yang lebih. Kalau bapak sudah di kampung, suruh teman di tangerang ngurus berkas tersebut.

  16. Pak mau nanyak.
    Mobil saya plat DK Bali sayanya di NTB
    Bpkb nya hilang dan udah tiga kali lolos pajak karena bpkb hilang
    Nah sekarang udah mau ganti plat atau pajak 5 tahunan
    Apa yang harus saya lakukan pak
    Apakah bisa kita urus Di wilayah NTB terkait BPKB yang hilang dengan keterangan surat kehilangan atau kita urus di bali dengan surat keterangan dari prov NTB dan apakah harus pake ktp yang tertera ?
    Dan juga ada bekas cek fisik di 5 tahun kemaren untuk membuktikan bahwa kami pernah memiliki BPKb
    Mohon di jawab pak
    Terimakasih pak

    1. Mengurus BPKB yang hilang,
      1) Pergi dulu polres/polsek buatlah surat kehilangan BPKB
      2) Siapkan KTP dan STNK asli dan fotokopiannya
      3) Surat pernyataan dari pemilik yang menyatakan bahwa BPKB telah hilang disertai materai dan tanda tangan
      4) Buat pengumuman iklan barang hilang di media massa (misalnya koran) minimal dua media yang menyatakan bahwa telah kehilangan BPKB (nanti kliping iklan tersebut di lampirkan di berkas permohonan BPKB)
      5) Minta surat keterangan dari bank-bank di tempat tinggal bapak bahwa BPKB tidak dalam agunan bank.
      6) Berita Acara Pemeriksaaan (BAP) singkat dari Badan Reserse Kriminal (Bareskrim).
      7) Siapkan foto kopi BPKB yang lama

      Setelah itu pergi ke kantor Samsat Bali sesuai alamat yang ada di STNK. Tapi untuk cek fisik kendaraan bisa di NTB dengan cara membuat CEK FISIK BANTUAN di samsat terdekat

  17. Permisi mau tanya, kalo saat cek fisik tpi kondisi motor pke aksesoris kaya gnti tutup oli atau warna velg ga hitam . Apa itu bisa apa ?

    1. Kalau modifikasinya tidak merubah bentuk dimensi misalnya ganti kaca spion, ganti tutup pentil, ganti warna stiker itu tidak apa2 tapi kalau sudah merubah dimensinya misalnya kapasitas bensin diperbesar, ukuran roda dirubah dll perlu surat resmi uji standar kendaraan di dinas perhubungan

  18. Tanya..setelah STNK jadi saya tdk di beri salinan cek fisik motor dari Samsat kabupaten.. untuk berkas ke Samsat kota apakah bisa tanpa salinan itu.unzuk bikin BPKB baru di Samsat tujuan dan apkah di kenakan biaya lagi untuk BPKB baru.

    1. BPKB baru itu dibuat 5 tahunan sekali dan akan dikenakan biaya. Kalau bapak mau bayar pajak 5 tahunan di kota sedangkan kendaraan berada di Kabupaten, maka bapak perlu CEK FISIK BANTUAN di samsat Kabupaten terus berkasnya diurus di kota

  19. Saya malah dipersulit.saya minta cek fisik bantuan.diminta bpkb asli.saya suuddah ngasih surat keterangan dr bank krn bpkb ada di bank.malah hasil cek fisik gg di sahkan..gagal deh perpanjang kendaraan saya.gak mungkin juga berkas2 harus dikirim k jember lagi.krn waktunya cmn sehari.bisa telat perpanjangnya

    1. Waduuh….Coba cari Samsat terdekat lainnya mbak. Gak apa2 telat, paling cuma bayar denda sedikit daripada kalau ada apa2 di jalan

  20. Maaf pak mau tanya, klo cek fisik benar gratis? Disini saya heran kenapa setelah melakukan cek fisik saya dimintai biaya admin ya padahal campaignnya kan gratis, saya tanya ke pak petugas katanya cek fisik bantuan ada biaya tambahan, yang ingin saya tanyakan apa mungkin tiap samsat aturannya sama seperti itu?

    1. Kalau petugasnya yang gosok nomor rangka itu orang samsat sih gratis, cuma sering kali di samsat itu yang gosok dari pihak ketiga….. Ada yang bayar seikhlasnya tapi ada juga yang mematok harga sampai 30 ribu.

      (Berdasarkan pengalaman)

    1. ya…. pinjam KTP asli pemilik sebelumnya, atau secepatnya mutasi kendaraan supaya menjadi nama pemilik yang sekarang

  21. Pak, klo plat belakang motor hilang dan lampu mati bermasalah gak saat cek kelengkapan fisik kendaraan?
    Thanx

  22. Permisi saya mau tanya… Kalo STNK hilang… Motor masih cicilan dan belum balik nama… itu prosesnya bagaimana ya… Saya sudah ke polsek untuk buat surat kehilangan dan saya sudah ke leasing… Dan saya di kasih surat pengantar dan legalisir BPKB dari leasing… Saya juga punya FC STNK… Yang kurang KTP asli pemilik pertama… Apa bisa langsung urus STNK hilang… Apa bisa hanya cek fisik saja… Terima kasih…

    1. Kalau cek fisik saja bisa (berdasarkan pengalaman), tapi kalau pas cek berkas2nya….. bisa kena oknum calo mas.
      Coba tanyakan pihak petugas samsat sesuai alamat di STNKnya

  23. Maaf pak,saya mau tanya,saya tinggal di malang,saya kan beli mobil plat M(Madura) mau saya balik nama ke plat N,apa bisa saya mainta bantuan cek fisik di kota malang?sedangkan saya Tek punya KTP pemilik pertama dan daratnya apa saja,sekian dan terima kasih sebelumnya

    1. Bisa,,,, bawa BPKB, stnk dan KTP. Nanti cabut berkasnya di madura terus bawa ke malang untuk didaftarkan baru.

  24. Kak mau nanya,, misalkan kita mau bikin BPKB dan STNK yang baru,tetapi rangka dan mesin itu berbeda. Contoh : rangka cb 100 dan mesin gl pro.

    Apakah bissa kita membuat BPKB dan STNK yang baru jika motor kita seperti itu, jika bisa syarat nya ap kak

    Terima kasih kak

    1. Ke dinas perhubungan dulu, minta berkas kelayakan atau uji standar kendaraan modifikasi. Jika lolos uji kelayakan motor modifikasi, setelah itu ke samsat untuk perubahan keterangan kendaraan di BPKB dan STNK

  25. Mua tanya pa….rencana sy mau mutasi mtor sy ke pemalang dari plat B ke plat G…apakah minta cek fisik bantuan dari samsat jakarta pusat bisa pa..karna biar motor sy ga hrus ikut pulang..

    1. bisa, bilang ke petugasnya minta CEK FISIK BANTUAN. Ingat ya pak, harus ada kata ‘bantuan’ karena cek fisik biasa dan cek fisik bantuan berkasnya beda

  26. Pagi pak.
    Untuk bantuan cek fisik bantuan pada motor tua yg SDH lama mati masih tetap bisa y?
    Takutnya ada pengecualian, harus menghadirkan motornya.
    Trs pajak yg lama mati, dibayar dikota asal atau kota tujuan y?
    Ya sbtlnya ujung2nya kl msk dinegara g mslh mau dikota manapun.
    Turnuwun infonya

    1. Pak saya mau nanya,, Tahun lalu saya beli mobil saudara dari bandung dan belum saya mutasi ke riau,, akhir bulan oktober kemarin saya kirim stnk asli nya ke bandung untuk bayar pajak tahunan melalui jasa pengiriman,, ternyata paket stnk nya hilang ntah kemana,, stelah stnk ny hilang saya mau urus stnk baru lagi dan mutasi langsung ke riau,, apakah bisa cek fisik di riau tanpa ada stnk asli nya hanya ada fotocopy ny pak dan bpkb asli?

      1. Buat dulu surat keterangan hilang dari kantor polisi. Setelah itu konsultasikan ke samsat terdekat

  27. Maaf pak mau nanya..
    Saya mutasi motor dari jakarta ke medan, sementara posisi motor saat ini di jakarta dan sudah dilakukan cek fisik di jakarta.
    Saat di medan infonya akan dilakukan cek fisik kembali di samsat medan yang dituju.
    Pertanyaanya apakah motor dari jakarta harus dikirim kembali ke medan utk cek fisiknya atau bisa hanya membawa berkas cek fisik dari jakarta saja tanpa ada motornya?
    Mohon solusinya pak, terima kasih

    1. pakai cek fisik bantuan pak, ada kata “bantuan” nya. Kalau gak ada kata “bantuan”nya nanti berkasnya tidak diterima….

  28. Pak saya mau nanya. Kemarin saya beli motor plat BM (riau) tapi posisi saya sekarang di Gresik, rencananya saya mau balik nama dan mutasi motor dari riau ke gresik, tapi tidak ada ktp pemilik yang aslinya. Apakah bisa balik nama dan mutasi tanpa membawa ktp yang aslinya.
    Untuk stnk bpkb yang asli ada.

    1. Waduh…. syarat pegurusan normal harus ada KTP pemilik aslinya Pak, coba konsultasikan ke petugas SAMSAT untuk minta solusinya 😀

      1. Jadi saya harus pinjam dulu KTP yang sesuai surat² motor itu? Berarti lebih tepatnya KTP orang riau itu?

  29. Izin bertanya bapak admin. Saya punya mobil yang sudah tua dan lama mati mesinnya, sedangkan pajak dan plat nomor sudah mati (Juli 2019 / 07.19) dan ingin segera saya membayarnya dan perpanjang plat baru. Pertanyaan saya, bisakah kita memanggil tim samsat untuk datang ke rumah untuk pengecekan fisik mobil tua saya itu? Mobil berlokasi di Cilegon Banten, sedangkan Plat, B Jakarta Selatan. Terima kasih sebelumnya pak..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *