Syarat Cek Fisik Bantuan Tanpa BPKB Motor

Bagaimana cara cek fisik bantuan di samsat ? Bagaimana syarat cek fisik bantuan tanpa BPKB motor itu? Biayanya berapa? begitulah beberapa pertanyaan bagi para perantau yang motornya mau habis pajak lima tahunan.

Setiap kendaraan bermotor pasti diwajibkan untuk membayar pajak sebagai pemasukan negara. Ada dua macam atau jenis pembayaran pajak yaitu pajak setiap satu tahun sekali dan pajak setiap lima tahunan. Nah, pada artikel kali ini kita membahas yang pajak lima tahunan khusus para perantau.

Sebenarnya pengurusan dan pembayaran pajak lima tahunan sangatlah mudah, mungkin sekitar 2 jam selesailah. Akan tetapi menjadi sedikit repot bila kita merantau di provinsi luar daerah motor berasal. Misalnya motor plat AB (Jogja) dibawa merantau ke Kota Bima (plat EA), plat motor AD (klaten) dibawa ke Bali (DK), plat surabaya (L) dibawa ke Semarang (H), plat motor kota Mataram (DR) dibawa merantau ke Jakarta (B), plat motor Jakarta (B) dibawa merantau ke Jogjakarta (AB) begitu seterusnya.

Baca juga: Macam-macam norma

Banyak sekali dari teman-teman yang merantau ke provinsi lain sedangkan plat motor merupakan plat daerah asalnya. Nah, persoalannya pada pajak lima tahunan ini harus ada cek fisik kendaraan. Sehingga muncul dalam benak apakah motor harus di bawa ke kantor samsat sesuai asal plat?. Ternyata sepeda motor tidak harus di bawa kembali ke daerah asal mula motor tersebut. Kita cukup pergi ke kantor samsat terdekat di tempatmu saat ini untuk meminta cek fisik bantuan.

Syarat Cek Fisik Bantuan Tanpa BPKB Motor

Syarat Cek Fisik Bantuan Tanpa BPKB Motor atau Cek Fisik Kendaraan Luar Daerah

  1. Mula-mula cuci dulu motormu sampai bersih, jangan sampai motormu kelihatan kotor saat cek fisik. Nanti kamu akan malu dilihat orang hehehe. Yang jelas motor yang terlihat bersih akan menimbulkan persepsi bahwa motor tersebut dirawat dengan baik alias layak guna.
  2. Berpakaianlah rapi dan sopan.
  3. Cek terlebih dahulu di rumah perlengkapan motormu seperti kaca spion, fungsi lampu, fungsi klakson, kondisi ban, warna kendaraan (harus sesuai BPKB), fungsi rem dll. Pastikan semuanya baik!.
  4. Datangilah kantor samsat terdekat, langsung bawa motormu di tempat cek fisik kendaraan (gak usah taruh di tempat parkir).
  5. Mintalah petugas dan bilang “Tolong bantu cek fisik bantuan untuk kendaraan luar daerah”.
  6. Oleh petugas akan diminta STNK asli motor lalu disuruh antri, maka kita harus menyiapkannya.
  7. Setelah tiba di nomor antrian, petugas akan mengecek nomor mesin dan kerangka motor (posisinya setiap jenis motor berbeda).
  8. Setelah pengecekan selesai, kita akan diberikan STNK motor dan kertas laporan hasil cek fisik kendaraan bermotor bantuan yang telah dilegalisir (cap stempel kepolisian) dan tanda tangan petugas terkait. Adapun kertasnya bewarna putih kekuning-kuningan.
  9. Biasanya petugas akan menjelaskan kepada kita bahwa “STNK motor dan Kertas laporan hasil cek kendaraan inilah yang harus dikirim untuk diurus di daerah asal kendaraan bermotor”.
  10. Biaya cek fisik kendaraan luar daerah ini 100% GRATIS. Jika yang mengecek kendaraan adalah petugas samsat, maka kita tidak perlu memberi uang tambahan. Akan tetapi beberapa samsat di daerah lain bisa juga pihak ketiga yang gak ada hubungannya dengan kantor samsat yang melakukan pengecekan, jika begitu kasih saja uang Rp 5.000 (gak usah banyak-banyak).

Jadi kesimpulannya yaitu syarat cek fisik kendaraan luar daerah atau syarat cek fisik bantuan tanpa BPKB motor bisa dilakukan dan biayanya gratis alias tidak dipungut biaya.

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

30 Respon

  1. Kia berkata:

    Kalo stnk asli saya sudah saya kirim ke tempat asalnya, dan baru tau kalo harus gosok mesin gimana ya? Apaboleh bawa stnk fotocopyan?

    • Tim Siswapedia berkata:

      Berdasarkan pengalaman harus STNK asli kak 😀 tapi coba nego ke petugas samsat siapa tau ada keringanan

      • Ryan berkata:

        Slmt siang pak mau tanya klo cek fisik kendaraan luar daerah KTPny ap hrs sesuai dengan nama di STNK

        • Tim Siswapedia berkata:

          Setau kami, gak pakai KTP…. Tapi Lebih baik bapak menghubungi samsat terdekat untuk informasi lebih lanjut 😀

  2. Eri berkata:

    Mf pak mau tanya kalo mau cek fisik d samsat daerah pajajaran bandung bisa ga. Soalnya.. d stnk kwaluyaan bdg?

    • Tim Siswapedia berkata:

      Bisa, namanya cek fisik bantuan jadi gak harus bawa motor ke kwaluyaan

    • Sandy berkata:

      Maaf pak mau tanya klo cek fisik untuk mengurus stnk yang hilang sementara motor luar kota,, motor masih angsuran
      Gimana ya ngurus nya tolong kasih pencerahan

      • Tim Siswapedia berkata:

        1) Bikin dulu surat kehilangan STNK di polsek terdekat.
        2) bikin surat keterangan bahwa kendaraan masih kredit dan minta BPKB yang telah dilegalisir oleh dealer.
        3) Bawa KTP asli sesuai nama di STNK.
        4) Pargi ke samsat minta CEK FISIK BANTUAN.

        Setelah diberikan berkas cek fisik bantuan, bawa berkas2 di atas ke samsat sesuai alamat kendaraan. Nanti akan diberikan STNK dan BPKB baru.

  3. tiyo berkata:

    kalo cek fisik bantuan ke subang tp gk bawa bpkb bisa gak?

  4. katon berkata:

    tanpa ktp bisa ga ya??

  5. atep berkata:

    pak bayar pajak 5tahunan yg sdah mati 1tahun bisa diluar daerahbgk?

    • Tim Siswapedia berkata:

      Bayarnya Tetap harus diurus di samsat sesuai alamat di STNK. Dari luar daerah cuma bisa bantu cek fisik bantuan saja agar kendaraan tidak perlu dibawa pulang, cukup blangko warna kuning + stnk nya saja yang dibawa pulang. Kirim saja blangko via JNE atau kantor pos, suruh ngurus orang yang di kampung. Kendaraan gak perlu dibawa pulang. Kalau telat 1 hari = telat satu tahun jadi nanti bayar denda

  6. Edi Kurniawan berkata:

    Mau tanya pak , semisal STNK nya hilang .. trs mau cek fisik bantuan dengan FC STNK tanpa BPKB dan KTP sesuai BPKB bisa dinego tdk ya ? Terimakasih

    • Tim Siswapedia berkata:

      Bapak buat dulu surat kehilangan di kantor polisi. Terus datang ke samsat terdekat untuk informasi lebih lanjut.

      Tapi ketika mengurus pajak 5 tahunan di daerah sesuai STNK, Harus membawa BPKB.

  7. Barok berkata:

    Syarat bantuan cek fisik kendaraan dengan tidak harus memyertakan bpkb berlaku diseluruh samsat atau samsat tertentu saja? Sebab samsat daerah yang saya datangi menolak dan pihak locket tetap meminta bpkb dengan alasan tidak berani karena itu kebijakan samsat setempat, dan bpkb kami simpan didaerah asal karna memang sifatnya bukan seperti stnk yang bisa dbawa kmana2.
    Mohon penjelasannya terkait hal ini, jika memang kebijakan pusat ini tidak berlaku disemua samsat mohon infonya samsat daerah mana saja yang memiliki kebijakannya sendiri agar bisa dihindari, karena dengan adanya kebijakan sektoral ini walhasil kami terlambat membayarkan pajak plus ganti plat 5 tahunan dan terancam sanksi.
    Terimakasih.

    • Tim Siswapedia berkata:

      Waktu kami ngurus (berdasarkan pengalaman), oleh petugas tidak diminta menunjukkan BPKB ( Walaupun Saat itu kami bawa BPKB) karena saat itu antrian sepi + sepeda motor masih dalam keadaan 100% standar (gak ada modifikasi) sehingga cukup dilihat saja sudah pasti ketahuan sesuai standar. Saat itu yang mengecek adalah polisi yang bertugas, bukan pihak lain. Lalu diberikan STNK + Blangko warna kuning.

      Nah, ketika mengurus di loket polsek sesuai dengan STNK barulah WAJIB menyerahkan BPKB + Bayar.

  8. Indra berkata:

    Permisi pak…
    Kasus sya begini , saya baru aja proses cabut berkas dari Samsat Surabaya (kendaraan asli sby), sedangkan saya merantau di Banyuwangi, mau sya balik nama sesuai KTP sya di Trenggalek,,, dan kendaraan masih di Banyuwangi,, pertanyaan sya apakah bisa balik nama tanpa bawa kendaraan sya ke samsat Trenggalek dg cek fisik bantuan ??
    Terimakasih..

    • Tim Siswapedia berkata:

      Bisa pak, sekarang semua dipermudah 😀

      Nanti bapak akan mendapatkan berkas 1 lembar CEK FISIK BANTUAN, warna putih agak kuning

      • Indr berkata:

        Berlaku seluruh samsat ya pak???
        Dan jika diwakili oleh saudara sya utk balik nama bisa ya pak??
        Kmren utk 1 bendel cabut berkas mutasi dr Surabaya jg ada cek fisik bantuan,, apa itu mash bisa di pakai apa hrus cek fisik bantuan lagi atau tinggal masukkan berkasnya aja pak.

        • Tim Siswapedia berkata:

          Iya pak, membuat cek fisik bantuan bisa dilakukan di seluruh samsat. Nanti ketika ngurusin di tempat yang sesuai alamat di STNK bisa diurus oleh orang lain

  9. Ind berkata:

    Pak jika cek fisiknya tdk ada stempel dr samsat apa bisa ya??
    Cuma berupa kertas gesek aja

  10. Olif berkata:

    Pak mau tanya nih
    Motor saya di tangerang, saya sudah lakukan cek fisik motor dari samsat terdekat di kasih 1 lembar bukti cek fisik
    Lalu saya ke bandung untuk urus pajak 5 tahun ganti plat nomor + BBN ,
    Ternyata saya harus balik lagi ke tangerang, di samsat bandung meminta 2 lembar cek fisik asli untuk pengurusan ganti plat nomor + BBn

    • Tim Siswapedia berkata:

      Lho, sepengalaman saya cuma dikasih 1 lembar Pak. Itu sudah cukup

      • Olif berkata:

        Nah itu dia gan, bingung saya mana ada surat cek fisik nya 2, berarti 2x gosok dong

        • Tim Siswapedia berkata:

          Atau mungkin berkas cek fisiknya ada yang kurang lengkap? misalnya cap stempel legalisir atau penilaiannya kurang (ada yang gak dicentang)

  11. Fahrur Rozi berkata:

    Nice info gan, terimkasih banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *