Sejarah Singkat Ilmu Geologi dan Pengertian Geologi

Bagaimana sejarah singkat ilmu geologi dan pengertian geologi itu?

Ada dua hal yang ditanyakan yaitu tentang sejarah singkat ilmu geologi dan pengertian geologi sehingga halaman ini kita buat menjadi dua pokok pembahasan.

Tanpa anda semua sadari, pengetahuan mengenai geologi sebenarnya sudah ada sejak zaman prasejarah. Misalnya, manusia purba yang mengetahui jenis batuan untuk bahan baku senjata, batuan yang digunakan untuk alat berburu, dan lain-lain.

Sejarah Singkat Ilmu Geologi

Bangsa Yunani sejak 2300 tahun yang lalu sudah menulis mengenai fosil, batu permata, gempa bumi, gunung api, dan lain-lain. Pada masanya, seorang filsuf Yunani bernama Aristoteles menjelaskan bagaimana terbentuknya batuan yang ada dibumi. Ia beranggapan bahwa batuan terjadi akibat meledaknya udara yang padat di bumi akibat proses pemanasan suatu pusat panas tertentu.

Kemudian, doktrin catastrophis di sepanjang abad ke-17 dan ke-18 menjelaskan bahwa bentuk permukaan bumi dan segala kehidupan yang ada diatasnya terbentuk dan musnah dalam sesaat akibat adanya bencana (catastrophe) yang besar.

Hingga akhirnya pada akhir abad ke-18, James Hutton selaku bapak geologi modern yang juga seorang ahli fisika Skotlania menerbitkan sebuah buku berjudul Theory of The Earth. Dalam buku itu ia memperkenalkan sebuah istilah uniformitarianisme. Hingga sekarang, istilah tersebut digunakan sebagai konsep dasar ilmu geologi.

Uniformitarianisme menyatakan bahwa semua hukum-hukum fisika, kimia, dan biologi yang berlangsung pada saat ini, juga berlangsung pada masa lampau. Atau, bisa dikatakan juga bahwa semua fenomena geologi seperti morfologi, bentukan bumi, dan fenomena lainnya yang terjadi sekarang ini merupakan hasil proses yang telah terjadi sejak masa lampau.

Konsep dasar uniformitarianisme ini juga dikenal dengan istilah ‘The Present is The Key To The Past’. Semenjak muncul konsep ini lah, orang-orang mulai menyadari bahwa bumi selalu bergerak dan berubah dalam jangka waktu tertentu, sehigga dapat disimpulkan bahwa geologi ini merupakan ilmu yang erat kaitannya dengan waktu.

Batu-batuan hasil letusan gunung api purba

Gambar. Batu-batuan hasil letusan gunung api purba (Foto: siswapedia)

Lalu, Apa yang Dimaksud dengan Geologi?

Sebagai informasi, kata Geologi pertama kali dipergunakan pada tahun 1473 oleh Richard de Bury sebagai kebalikan dari istilah teologi dan merujuk pada ilmu kebumian (Sapiie dkk, 2006).

Sedangkan menurut Oxford Earth Science Dictionary, kata Geologi ini pertama kali digunakan oleh St. Bede pada abad ke-8 yang merupakan seorang biksu. Ia menggunakan istilah geologi untuk membedakan segala hal yang berkaitan dengan bumi dan segala hal yang berkaitan dengan tuhan pada masanya (teologi).

Untuk memperdalam apa itu yang dimaksud dengan geologi, berikut beberapa definisi dari literatur,

Menurut buku Earth Dynamics System Karya W. Kenneth Hamblin dan Eric H. Christiansen,

“Geology is the science of Earth. It Concerns all of Earth: its origin, its history, its materials, its processes, and the dynamics of how it changes.”

Sedangkan, dalam Oxford Earth Science Dictionary,

“Geology is the scientific study of the composition, structure, and history of earth.”

Lalu, menurut buku Geologi Fisik karya Benyamin Sapiie, dkk,

“Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi dan merupakan suatu kelompok ilmu yang mempelajari bumi secara menyeluruh, mencakup asal mula terbentuknya, komposisi, struktur, sejarahnya (termasuk perkembangan kehidupan) dan proses-proses alam yang telah dan sedang berlangsung hingga menjadikan bumi seperti sekarang ini.”

Sebagai WNI yang fasih berbahasa Indonesia, tentunya harus menelaah pengertian geologi berdasarkan KBBI,

“Geologi adalah ilmu tentang komposisi, struktur, dan sejarah bumi”

Nah, dari empat pengertian yang telah dijabarkan diatas menurut beberapa sumber, semuanya menyebutkan bahwa geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi, sebenarnya geologi sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu ‘Geo’ yang artinya bumi dan ‘Logos’ yang artinya ilmu.

Bagaimana? ada pertanyaan tentang sejarah singkat Ilmu Geologi dan pengertian Geologi di atas?. Bagi yang tertarik tentang geologi bisa kuliah di Geologi UGM atau Geologi UPN Veteran.

Daftar Pustaka:
Sapiie, Benyamin dkk. 2006. Geologi Fisik. Bandung: Institut Teknologi Bandung
Hamblin, W.K dan Eric H. Christiansen. 1992. Earth’s Dynamic System 6th Edition. New York: Macmillan Publ. Co
Allaby, M. 1999. Dictionary of Earth Sciences 3rd Edition. London: Oxford University Press

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Lahir di Tasikmalaya dan sebagai mahasiswi aktif S1 Teknik Geologi UPN 'Veteran' Yogyakarta. Khususnya di bidang geologi, saya adalah seseorang yang sangat menyukai mineral dan geokimia anorganik. Diluar bidang akademik, saya selalu menyempatkan diri untuk menyalurkan hobi menulis menjadi seorang blogger.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *