Rangka Aksial

Pada rangka manusia terdapat lebih dari 206 tulang. Untuk memudahkan dalam mempelajarinya, maka dibuat suatu klasifikasi berdasarkan letak tulang-tulang tersebut terhadap sumbu tubuh sehingga kita dapat membaginya menjadi dua kelompok yakni rangka aksial dan rangka apendikular.

Seperti pada nama judul halaman ini, kita hanya akan membahas tentang rangka aksial saja sedangkan untuk rangka apendikular akan kita bahas pada halaman selanjutnya.

Apa yang dimaksud dengan rangka aksial itu?

Rangka aksial merupakan rangka yang letaknya di bagian tengah tubuh dimana meliputi tulang tengkorak, tulang dada, tulang rusuk (iga) dan tulang belakang. Kerangka tubuh dinamakan juga sebagai skeleton. Oleh karenanya mungkin dalam buku-buku panduan lainnya, Anda akan menemukan istilah skeleton aksial dan skeleton apendikular. Kami harap Anda jangan bingung karena dua istilah tersebut sama benarnya.

a. Tulang tengkorak

Tulang tengkorak berfungsi melindungi organ tubuh bagian dalam seperti otak, mata, lidah dan telinga bagian dalam serta berfungsi untuk membentuk wajah. Di dalam tengkorak terdapat 22 tulang dimana kita bisa membaginya menjadi dua kelompok yakni:

1. Tulang pembentuk bagian kepala yang meliputi tulang baji (sfenoid) 2 tulang, tulang tapis (etmoid) 1 tulang, tulang pelipis (temporal) 2 tulang, tulang ubun-ubun (parietal) 2 tulang, tulang dahi (frontal) 1 tulang dan tulang kepala belakang (oksipital) 1 tulang.

2. Tulang penyusun wajah yang meliputi tulang rahang atas (maksila) 2 tulang, tulang rahang bawah (mandibula) 2 tulang, tulang pipi (zigomatikus) 2 tulang, tulang hidung (nasale) 2 tulang, tulang langit-langit (palatinum) 2 tulang, tulang mata (lakrimalis) 2 tulang dan tulang pangkal lidah 1 tulang.

b. Tulang dada (sterum) dan tulang rusuk (costae)

Tulang dada dan tulang rusuk berfungsi melindungi organ bagian dalam seperti paru-paru dan jantung. Tulang dada bentuknya pipih dimana terdiri dari 3 bagian yakni bagian hulu, badan dan bahu pedang. Sedangkan tulang rusuk terdiri dari 12 pasang yang meliputi 3 pasang rusuk palsu, 7 pasang rusuk sejati dan 2 pasang rusuk melayang.

d. Tulang belakang

Tulang belakang memiliki sifat lentur namun sangat kuat bahkan mampu menopang 2/3 dari berat badan manusia. Tulang belakang berperan melindungi saraf-saraf yang terdapat pada tulang belakang, menegakkan badan kita dan membantu dalam memutar kepala kita.

Ada 33 ruas pada tulang belakang dimana ruas ini membentuk suatu kesatuan tegak memanjang sebagai sumbu tubuh. Tulang belakang tersusun atas beberapa tulang yaitu:

1. Tulang Leher (Servikal) terdiri dari 7 buah tulang yang berperan menopang dan membantu geraknya kepala manusia. Ruas pertama pada tulang ini dinamakan atlas sedangkan ruas kedua pada tulang ini dinamakan sebagai tulang pemutar.

2. Tulang Punggung (Dorsalis) terdiri dari 12 tulang yang sifatnya kaku.

3. Tulang Pinggang (Lumbal) terdiri dari 5 buah tulang.

4. Tulang Sakral (Sakrum) terdiri dari tulang kelangkang (5 buah) dan tulang ekor (4 buah).

Nah, untuk lebih mudahnya memahami tentang rangka aksial ini, coba perhatikan skema di bawah ini yang dibuat oleh Endang Sri Lestari (halaman 99).

Skema pada rangka aksial

Skema pada rangka aksial

[color-box]Fersinand P, fictor dan Moekti Ariebowo.2009. Praktis Belajar Biologi 2: Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Alam Halaman 56-57. Jakarta: Visindo Media Persada.
Rachmawati, Faidah. 2009. Biologi : untuk SMA/ MA Kelas XI Program IPA halaman 56-58. Jakarta: CV. Ricardo.
Sri Lestari, Endang.2009.Biologi 2 : Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas XI halaman 96-99. Solo: CV Putra Nugraha.[/color-box]

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan