Macam-Macam Tulang

Rangka merupakan susunan dari beberapa jenis tulang yang bersatu membentuk suatu sistem tertentu. Nah, tulang ini terbuat dari suatu jaringan ikat tulang. Coba ingat lagi, pada halaman sebelumnya kita telah membahas tentang manfaat tulang. Nah untuk itu di halaman ini kita akan mempelajari macam-macam tulang pada manusia.

Apa sajakah macam-macam tulang pada manusia?

Berdasarkan jaringan penyusunnya, tulang dapat dibedakan menjadi dua macam yakni tulang rawan (kartilago) dan tulang keras (osteon). Sdangkan berdasarkan bentuknya, tulang pada manusia dapat kita bedakan menjadi empat jenis yakni tulang pipih, tulang pendek, tulang pipa dan tulang tak berbentuk atau tidak beraturan.

A. Klasifikasi tulang berdasarkan jaringan penyusunnya

1. Tulang rawan atau kartilago

Tulang rawan atau kartilago tersusun dari bakal/pembentuk sel-sel tulang rawan atau kondroblas. Nah, pada jenis tulang ini terdiri dari kondosit, serabut kolagen dan matriks. Tulang rawan terdapat pada anak-anak maupun tubuh manusia dewasa. Contoh yang paling mudah yaitu tulang pada hidung Anda.

Berdasarkan serabut penyusunnya, tulang rawan dapat kita bagi menjadi tiga jenis yaitu.

a. Tulang rawan hialin yaitu tulang rawan yang serabutnya tersebar dalam anyaman yang rapat dan halus. Tulang jenis ini terdapat pada ujung tulang-tulang rusuk yang menempel pada tulang dada.

b. Tulang rawan elastis yaitu tulang rawan yang susunan sel dan matriksnya mirip dengan tulang rawan hialin, hanya saja pada tulang rawan elastis ini serabutnya tidak sehalus dan serapat tulang hialin. Misalnya tulang rawan pada daun telinga dan laring.

c. Tulang rawan fibrosa memiliki matrik yang kasar serta tidak beraturan. Misalnya terdapat pada cakram antar tulang belakang.

2. Tulang keras atau osteon atau sejati

Tulang keras sebenarnya merupakan tulang rawan yang telah mengalami penulangan atau osifikasi. Pada tulang ini yakni pada matriknya terdapat senyawa yang mampu mengikat fosfor dan kapur sehingga membuat tulang ini menjadi keras. Nah, berdasarkan matriksnya, tulang keras dapat dibedakan menjadi dua macam yakni.

a. Tulang kompak memiliki matriks yang padat serta rapat. Misalnya terdapat pada tulang pipa.

b. Tulang spons pada matriksnya terdapat rongga-rongga. Misalnya terdapat pada tulang pendek dan tulang pipih.

Tulang kompak dan tulang spons

Tulang kompak dan tulang spons

Pada dasarnya tulang kompak dan tulang spons terdapat pada tulang yang sama. Hanya saja kita bisa mengetahuinya yaitu dengan cara melihat matriksnya.

B. Klasifikasi tulang berdasarkan bentuknya

Berdasarkan bentuknya, tulang dapat kita bedakan menjadi empat macam yakni.

1. Tulang pipih yaitu tulang yang bentuknya pipih. Misalnya tulang penyusun tengkorak, tulang belikat dan tulang rusuk.

2. Tulang pendek yaitu tulang yang ukurannya pendek. Misalnya tulang pada tulang belakang, pangkal telapak tangan dan kaki.

3. Tulang pipa yaitu tulang yang bentuknya seperti pipa (silinder beronggo di tengahnya). Misalnya tulang kering, tulang hasta, tulang pengumpil dan tulang betis.

4. Tulang tak berbentuk atau tak beraturan merupakan tulang yang bentuknya tidak beraturan. Misalnya tulang pada wajah kita.

Nah, setelah mempelajari macam-macam tulang lalu pertanyaan muncul -apa fungsi rangka bagi manusia?-.

[color-box]Campbell, N.A., et al. 2006. Biology Concepts & Connections. California: The Benjamin/Commings Publishing Company.
Fersinand P, fictor dan Moekti Ariebowo.2009. Praktis Belajar Biologi 2: Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Alam Halaman 54-56. Jakarta: Visindo Media Persada.
Rachmawati, Faidah. 2009. Biologi : untuk SMA/ MA Kelas XI Program IPA halaman 54-56. Jakarta: CV. Ricardo.
Sri Lestari, Endang.2009.Biologi 2 : Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas XI halaman 93-96. Solo: CV Putra Nugraha.[/color-box]

Tim Siswapedia

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *