Fungsi dan Bagian-Bagian Tulang Manusia

Fungsi dan Bagian-Bagian Tulang Manusia – Semua tubuh manusia pasti memiliki tulang, sebab apabila tidak tubuh akan seperti ubur-ubur. Di dalam tubuh terdapat banyak sekali tulang-tulang yang menyusun.

Ketika masih bayi, tubuh manusia terdiri atas kurang lebih 300 tulang. Akan tetapi setelah dewasa tubuh hanya mempunyai 206 tulang.

Sebagian tulang penyusun tubuh bayi terdiri dari tulang rawan atau kartilago, yang mana ketika telah tumbuh dewasa, secara perlahan tulang rawan tersebut digantikan dengan tulang keras.

Dan terdapat juga beberapa tulang kecil yang saling menyatu menjadi satu tulang yang besar.

Baca juga: Macam-macam tulang

Fungsi dan Bagian-Bagian Tulang

Fungsi serta Bagian-Bagian dari Tulang

1. Tulang Tengkorak

Tulang tengkorak terdiri atas 28 tulang yang bisa dibagi lagi menjadi dua bagian utama, yaitu tulang wajah dan kranium. Fungsi dari tulang tengkorak ini yaitu untuk melindungi otak serta organ-organ indra seperti mata serta telinga bagian dalam.

Selain itu fungsi selanjutnya yaitu untuk memberi bentuk wajah. Tulang yang menyusun kranium membentuk hubungan antar tulang yang begitu rapat pada sendi yang disebut dengan sutura.

2. Tulang Wajah

Tulang wajah terdiri dari 14 tulang, termasuk tulang telinga bagian dalam yaitu malleus, stapes, incus. Tulang-tulang wajah tersebut membentuk bagian rongga mata serta rongga hidung, dan memberi tempat perlekatan yang kuat untuk gigi serta otot.

3. Ruas-Ruas Tulang Belakang

Ruas-ruas tulang belakang atau vertebrae tersusun atas 33 tulang tidak beraturan yang terpisah-pisah. 33 tulang tersebut merupakan 7 tulang leher atau serviks, 12 tulang punggung atau toraks, 5 tulang pinggang atau lumbar, 5 tulang kelangkang atau sakrum, serta 3 tulang ekor atau koksi. Bagian antar ruas tulang belakang tersebut dihubungkan oleh cakram atau keping kartilago.

Fungsi dari vertebrae atau ruas-ruas tulang belakang yaitu untuk melindungi sumsum tulang belakang serta berfungsi untuk penegak kepala.

Baca juga: Rangka aksial

4. Tulang Dada dan Tulang Rusuk

Tulang rusuk ini menempel dengan tulang dada atau sternum serta ruas-ruas tulang belakang. Tulang dada, tulang rusuk, serta tulang belakang secara bersamaan membentuk semacam kurungan guna melindungi jantung serta paru-paru.

Pada sebagian besar orang mempunyai 12 pasang tulang rusuk yang tersusun atas 7 pasang tulang rusuk sejati, 3 pasang tulang rusuk palsu, serta 2 pasang tulang rusuk melayang.

Tulang rusuk sejati melekat di tulang dada melalui kartilago. Untuk tulang rusuk palsu tidak melekat secara langsung pada tulang dada, akan tetapi berpasangan dengan tulang rusuk sejati paling bawah.

Dan tulang rusuk melayang tidak melekat pada tulang dada ataupun pada tulang rusuk lainnya. akan tetapi hanya melekat pada tulang belakang, tulang dada ini terdiri atas hulu tulang, badan tulang, serta tahu pedang.

5. Tulang Tungkai

Bagian tungkai terdiri atas tungkai atas atau lengan dan tungkai bawah atau kaki. Tulang lengan dibagi lagi menjadi tulang lengan atas atau humerus yang berhubungan dengan dua tulang pada lengan bawah. Yaitu tulang hasta atau ulna dan tulang pengumpil atau radius.

Bagian utama kaki ini terdiri dari 3 bagian yaitu tulang paha atau femur, tulang kering atau tibia, serta tulang betis atau fibula. Tibia memiliki fungsi untuk menyokong berat tubuh, serta fibula mengatur pergerakan pergelangan kaki.

Baca juga: Fungsi rangka manusia

6. Tulang Gelang Bahu serta Gelang Panggul

Gelang bahu terletak di pangkal humerus yang terdiri dari tulang selangka (klavikula) serta dua tulang belikat (skapula). Tulang panggul (pelvis) terdiri dari 5 tulang yaitu pubis, ilium, sakrum, iskium, serta koksi.

Tulang pelvis ini berfungsi untuk melindungi organ-organ dalam yang lunak seperti uterus pada perempuan atau usus.

Bila ada pertanyaan terkait Fungsi dan Bagian-Bagian Tulang Manusia bisa ditulis di bawah ini.

Daftar Pustaka:

Campbell, Neil A. (2010). Biologi. Jakarta: Erlangga.

Pujianto, Sri. (2014). Menjelajah Dunia Biologi. Surakarta: Tiga Serangkai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *