Proses Masuk dan Berkembangnya Agama serta Kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia

Candi Prambanan merupakan salah satu peninggalan sejarah budaya Hindu di Indonesia

Gambar. Candi Prambanan merupakan salah satu peninggalan sejarah budaya Hindu di Indonesia

Kebudayaan Hindu-Budha masuk dari India menuju Indonesia dikarenakan adanya hubungan perdagangan antar negara. Hasil alam Indonesia yang sangat melimpah menyebabkan negara ini sangat diminati oleh negara lain untuk menjalin kerjasama perdagangan, termasuk India. Hubungan perdagangan internasional ini telah berlangsung sejak sekitar abad ke-5 M.

Ada banyak teori yang menerangkan penyebaran agama Hindu di Indonesia, antara lain:

1. Teori brahmana dikemukakan oleh Van Leur yang menyatakan bahwa agama Hindu masuk ke Indonesia disebarkan oleh para pendeta.

2. Teori ksatria dikemukakan oleh Majumdar, Moekrji dan Nehru. Ketiga orang ini berpendapat bahwa masuknya agama Hindu ke Indonesia disebarkan oleh para prajurit yang melakukan ekpansi atau perluasan wilayah.

3. Teori waisya dikemukakan oleh Krom, ia berpendapat bahwa agama Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang.

4. Teori sudra banyak berkembang di masyarakat dan tidak diketahui secara pasti siapa yang memberikan gagasan ini. Teori ini menyatakan bahwa agama Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum sudra yang mengadu nasib ke Indonesia.

5. Teori nasional dikemukakan oleh F.D.K. Bosch, ia berpendapat bahwa bangsa Indonesia sendirilah yang sangat berperan aktif dalam penyebaran agama ini di Indonesia, yang kemudian disebarkan sampai ke negara-negara lain.

Beberapa acara adat yang dilakukan oleh kaum brahmana (pendeta) dalam menyebarkan agama Hindu antara lain Abhiseka (upacara penobatan raja), Vratyastoma (upacara pencucian diri), Kulapanjika (memberikan silsilah raja) dan Castra (cara membuat mantra).

6. Teori arus balik menyatakan bahwa bangsa Indonesia sendirilah yang berperan aktif dalam mencari agama di negeri asing yang kemudian disebarkan di dalam negeri.

Di Indonesia, agama Hindu lebih berkembang daripada agama Budha yang kemudian memberi dampak pada sistem pemerintahan kerajaan serta munculnya aneka adat dan budaya. Bukti ini diperkuat dengan ditemukannya kerajaan tertua -Kerajaan Kutai- yang menganut ajaran agama Hindu.

Daftar Pustaka:

Wardaya.2009.Cakrawala Sejarah 2 : untuk SMA / MA Kelas XI (Program Bahasa).Solo:PT. Widya Duta Grafika.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *