Pengertian dan Macam-Macam Contoh Pencemaran Lingkungan

Pengertian dan Macam-Macam Contoh Pencemaran Lingkungan – Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia pasti akan memanfaatkan sumber daya alam sekitar.

Namun pemanfaatan sumber daya alam yang dilakukan oleh manusia seringkali tidak memperhatikan keadaan lingkungan. Sehingga muncul berbagai macam kerusakan serta pencemaran lingkungan.

Apabila anda tinggal di sekitar kawasan industri, tentu anda akan melihat pabrik-pabrik mengeluarkan asap hitam yang mengandung racun. Sehingga lingkungan alam yang berada di sekitar kawasan tersebut tercemar. Berbagai macam pencemaran yang dihasilkan tidak hanya pencemaran udara saja, akan tetapi juga berupa pencemaran air dan tanah.

bagan Pengertian dan Macam-Macam Contoh Pencemaran Lingkungan

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan atau yang sering kali disebut polusi merupakan perubahan yang terjadi pada lingkungan yang terjadinya tidak dikehendaki sebab berpengaruh pada kegiatan, keselamatan, dan kesehatan makhluk hidup.

Perubahan yang terjadi tersebut diakibatkan oleh zat pencemar atau yang sering disebut dengan polutan. Zat yang dapat dikatakan sebagai polutan adalah apabila jumlah bahan atau zat tersebut lebih dari batas normalnya, berada pada waktu yang tidak tepat, serta pada tempat yang tidak semestinya. Sehingga keadaan ekosistem dalam lingkungan tersebut tidak lagi seimbang.

Artikel terkait: Upaya pelestarian lingkungan hidup

Padahal ekosistem yang seimbang dimiliki oleh lingkungan yang alami. Contohnya seperti, udara di desa jauh lebih segar karena masih banyak pepohonan yang tumbuh. Hal tersebut menunjukkan bahwa udara di desa belum tercemar. Tentu hal tersebut sangat berbeda dengan yang ada di kota, di mana selain penduduknya yang padat, udara yang terasa panas dan tidak nyaman menunjukkan udara telah tercemar

Macam-Macam Pencemaran Lingkungan Berdasarkan Jenis dan Contohnya nya

1. Pencemaran Udara

Biasanya pencemaran udara terjadi karena pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor serta gas buangan dari pabrik. Karbon monoksida (CO), klorofluorokarbon (CFC), senyawa nitrogen, belerang, serta partikel debu merupakan beberapa dari jenis polutan yang seringkali mencemari udara.

Contohnya seperti adanya hasil pembakaran yang tidak sempurna oleh mesin kendaraan yang menghasilkan gas CO (Karbon monoksida). Jika gas CO ini terhirup oleh manusia, maka gas tersebut akan ikut tersebar melalui darah, sehingga dapat mengganggu daya ikat darah terhadap oksigen. Akibatnya dapat menyebabkan gangguan saraf, pusing-pusing, bahkan dapat menyebabkan pingsan.

2. Pencemaran Air

Kerusakan air dari batas normal dapat dikatakan bahwa air tersebut telah tercemar. Air yang tercemar diakibatkan oleh adanya polutan serta racun yang masuk ke dalam air. Jenis dari polutan air ini dapat berupa limbah industri, minyak, bahkan limbah rumah tangga.

Limbah dari industri yang mengandung logam berat seperti timbal, kadmium, ataupun raksa akan ikut mengalir ke sungai. Apabila masuk ke dalam tubuh, maka logam tersebut berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit kanker. Limbah rumah tangga seperti sampah serta detergen dapat membuat kandungan oksigen di dalam air menurun.

Artikel terkait: Pengertian, komponen, macam-macam dan masalah lingkungan hidup

Selain limbah industri dan limbah rumah tangga, ada juga limbah pertanian seperti insektisida (DDT), herbisida, serta pupuk berbahaya lainnya yang tentunya berbahaya bagi kesehatan manusia serta organisme lainnya. semua jenis limbah tersebut dapat mengganggu keseimbangan ekosistem dan dapat mengakibatkan kematian organisme air, khususnya ikan.

3. Pencemaran Tanah

Aktivitas manusia seperti membuang sampah tidak pada tempatnya merupakan salah satu penyumbang terjadinya pencemaran tanah. Selain itu, bocornya limbah cair dari rumah sakit maupun industri, tumpahan minyak, limbah, serta zat kimia lainnya juga penyebab terjadinya pencemaran tanah.

Artikel terkait: Hubungan masyarakat dengan lingkungan hidup

Tanah yang telah tercemar oleh polutan, maka polutan tersebut dapat mengendap ke dalam tanah sebagai zat yang beracun. Polutan berdasarkan sifatnya dapat dibedakan menjadi dua yaitu yang dapat diuraikan seperti kertas dan yang tidak dapat diuraikan seperti plastik.

Daftar Pustaka:

Campble. (Jilid 1 Edisi 8). Biologi. Jakarta: Erlangga.

No name. (2016). Pengertian dan Macam-Macam Jenis Contoh Pencemaran Lingkungan. [Online]. Tersedia: https://www.berpendidikan.com/2016/02/pengertian-dan-macam-macam-jenis-contoh-pencemaran-lingkungan.html [03 Juni 2019]

Desi Lestari

Gadis Jawa yang kini hidup di tanah Sunda. Lulus SMA di tahun 2016 dan melanjutkan pendidikan S1 Biologi di Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *