Macam-Macam Masalah Ekonomi

       
Produsen harus bisa menyelesaikan tiga pokok masalah ekonomi

Gambar. Produsen harus bisa menyelesaikan tiga pokok masalah ekonomi (Sumber: republika.co.id)

Masalah ekonomi timmbul karena terbatasnya sumber daya ekonomi yang seyogyanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Setidaknya ada tiga macam masalah ekonomi yang harus dipecahkan solusinya oleh masyarakat, yaitu:

1. Menentukan barang dan jasa yang harus diproduksi

Salah satu masalah ekonomi yang sangat pokok adalah menentukan barang dan jasa yang harus diproduksi. Produsen harus memiliki pertimbangan yang matang apakah barang yang akan diproduksi merupakan barang-barang kebutuhan pokok atau kebutuhan sekunder atau tersier? atau tiga-tiganya. Seberapa banyak barang yang akan dihasilkan dan bagaimana kwalitasnya? pertimbangan ini juga melihat potensi sumber daya ekonomi yang ada.

2. Bagaimana cara memproduksinya?

Setelah barang dan jasa yang akan diproduksi telah ditentukan, masalah pokok selanjutnya yaitu menentukan cara produksi yang paling efektif sehingga bisa menghasilkan hasil produksi dengan maksimal. Disini produsen dituntut untuk bisa memanfaatkan sumber daya ekonomi dengan baik walaupun jumlahnya sangat terbatas. Jadi tingkat efektifitas saat memproduksi harus diperhitungkan dengan matang, jangan sampai hasil produksi tidak bisa menutup pengeluaran sehingga perusahaan mengalami kerugian. Untuk meningkatkan efektifitas bisa menggunakan alat-alat produksi yang lebih modern.

3. Untuk siapa barang tersebut diproduksi

Barang dan jasa yang telah diproduksi akan dihadapi permasalahan dalam pendistribusian. Untuk apa barang dan jasa tersebut dibuat? siapa yang membutuhkan barang tersebut? untuk semua pasar atau hanya untuk kalangan tertentu?. Ini adalah masalah pokok terakhir yang akan dihadapi oleh sebuah perusahaan.

Macam-macam masalah ekonomi di atas bersifat fundamental dan saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya serta selalu akan dihadapi oleh setiap negara, baik negara sedang berkembang maupun negara yang telah maju. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua perekonomian dapat memecahkan ketiga masalah tersebut dengan cara yang sama. Mengapa? karena kemungkinan-kemungkinan produksi setiap negara untuk memecahkan masalah-masalah pokok tersebut oleh setiap negara tergantung dari sistem perekonomian yang dianut oleh negara tersebut.

Indriayu, Mintasih.2009. Ekonomi : Untuk SMA/MA Kelas X.Solo: CV Teguh Karya.
Nur Mulyani, Sri dkk.2009. Ekonomi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X.Jakarta: Cakra Media.

loading...

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *